Masuk Daftar
My Getplus

Dewi Sri dan Hariti dalam Masyarakat Jawa Kuno

Masyarakat Jawa Kuno memuja Dewi Sri dan Hariti untuk meminta kesuburan. Bagaimana asal-usulnya?

Oleh: Risa Herdahita Putri | 10 Mar 2021
Sosok Dewi Hariti di dinding Candi Mendut, Magelang. (Wikipedia).

Perempuan atau ibu dalam berbagai peradaban kuno dianggap sumber kehidupan. Penjelmaannya sebagai dewi kesuburan dan reproduksi. Di Indonesia, dewi ibu atau dewi kesuburan identik dengan Dewi Sri.

Arkeolog Titi Surti Nastiti dalam “Dewi Sri dalam Kepercayaan Masyarakat Indonesia” yang terbit dalam jurnal Tumotowa Vol. 3 No. 1 (2020), menjelaskan kata “Sri” diambil dari bahasa Sanskerta, śrī. Artinya kesuburan, kekayaan, keberuntungan, kesehatan, keindahan, dan personifikasi. Śrī juga biasa dipakai sebagai awalan menyebut nama orang terhormat atau suci, misalnya Śrī Krisna. Pun dalam bahasa Indonesia, misalnya Sri Baginda.

Dewi Sri dihormati masyarakat Jawa, Sunda, dan Bali. Legendanya di setiap daerah hampir sama, yakni tentang tumbuhan yang berasal dari tubuh seorang perempuan. 

Advertising
Advertising

Cerita Dewi Sri tertua ditemukan dalam teks Tantu Panggelaran yang ditulis pada abad ke-16. Teks ini berkisah tentang keadaan Pulau Jawa ketika baru diciptakan. Dewa-dewa turun untuk menyempurnakannya. Termasuk Batara Wisnu dengan Batari Sri yang menjelma jadi raja di Mdang Gana bernama Sang Kandyawan dan permaisurinya. Pasangan ini dikaruniai lima orang putra.

Suatu hari, kelima putranya membunuh burung kesayangan permaisuri. Ajaibnya, dari dalam tembolok burung itu keluar empat macam biji-bijian berwarna kuning, hitam, putih, dan merah. Biji berwarna kuning menjadi kunyit, sedangkan biji berwarna hitam, putih, dan merah tumbuh menjadi padi.

Baca juga: Menggali Pengetahuan Lokal dari Tanaman

Kendati begitu, pemujaan terhadap Dewi Sri sudah berlangsung sebelum pengaruh Hindu-Buddha datang ke Nusantara, yaitu sejak masuknya budi daya padi di Asia pada masa prasejarah. “Padi merupakan salah satu tanaman budi daya terpenting yang diperkirakan berasal dari India atau Indocina sekitar 1.500 SM,” tulis Titi.

Kepercayaan itu bertahan menghadapi perubahan sosial dan agama. Bukti pemujaan Dewi Sri pada masa Hindu-Buddha bisa dilihat di Kompleks Candi Barong terdapat dua arca Dewi Sri. Kedua arca itu terbuat dari batu.

Arca Dewi Sri pertama duduk dalam posisi paryangkasana di atas padmasana (singgasana teratai). Tangannya empat. Tangan kanan depan seperti tengah memberi anugerah. Tangan kiri depan diletakkan di atas pangkuan dengan telapak tangan terbuka. Tangan kanan belakang memegang kamandalu (kendi). Tangan kiri belakang memegang setangkai padi.

Arca Dewi Sri kedua dalam posisi duduk bersila di atas padmasana. Namun, bagian atasnya tak utuh lagi. Tangannya dua. Tangan kanan memegang kamandalu. Tangan kiri memegang sebatang padi. Memakai kiritamakuta (mahkota), anting, kalung, kelat bahu, gelang siku, dan channawira (tali yang diselempangkan menyilang di antara buah dada).

Baca juga: Sri Tanjung: Kisah Eksorsisme di Ujung Timur Jawa

Menurut Titi, arca Dewi Sri di Candi Barong berbeda penggambarannya dengan Dewi Sri di India. Dalam kepercayaan Hindu, Dewi Sri merupakan sakti atau pasangan Dewa Wisnu. Namun, pengarcaannya di Indonesia lebih mirip dengan Wasudhara, yang dalam agama Hindu disebut Bhudewi (dewi kesuburan) atau sebagai sakti Dewa Kuwera (dewa kekayaan).

Penggambarannya mengawinkan konsep Dewi Sri dalam agama Hindu dengan dewi kesuburan atau dewi padi yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat Nusantara sejak masa prasejarah.

Arca Dewi Sri dari perunggu. Salah satu tangannya membawa setangkai batang padi. (Wikipedia).

Dewi Hariti, Dewi Kesuburan

Sosok perempuan lain yang memiliki peran serupa dengan Dewi Sri adalah Dewi Hariti. Dalam mitos Buddha, Hariti semula seorang yaksi atau raksasa yang suka membunuh dan memakan anak-anak. Setelah diberi wejangan dharma oleh Buddha, yaksi itu sadar dan ditahbiskan sebagai Hariti atau dewi kesuburan dan pelindung anak.

Dewi Fadhilah Soemanagara, arkeolog Universitas Indonesia, dalam tugas akhir sarjananya berjudul “Penggambaran Hariti di Jawa dan Bali (Abad ke-7-15 M)”, menjelaskan, peran Dewi Hariti dalam masyarakat Jawa Kuno selain sebagai dewi kesuburan dan pelindung anak, sangat mungkin disamakan dengan Dewi Sri. Sebagian besar masyarakat bekerja di lahan pertanian. Peran Hariti pun dibutuhkan untuk melancarkan usahanya.

“Tidak hanya untuk kesuburan perempuan dan kesejahteraan keluarga tetapi juga kesuburan tanah pertanian dan hasil panen,” tulis Dewi.

Baca juga: Perluasan Lahan Pertanian pada Zaman Kuno

Sementara itu, Edi Triharyantoro, arkeolog Balai Arkeologi Yogyakarta, dalam “Pemujaan Hariti di Trowulan” yang terbit dalam Berkala Arkeologi, menyebutkan bahwa pemujaan terhadap Hariti sebagai dewi kesuburan bisa ditemui di beberapa belahan dunia. Selain di India, Hariti juga dikenal di Tibet, Cina, dan Jepang. “Pemujaan terhadapnya bersifat universal,” catat Edi.

Dewi mencatat, mitologi Hariti dimulai di India sejak sekira abad ke-2. Pengaruhnya sampai ke Asia Timur. Jepang mendapat pengaruh dari Cina. Baru kemudian sampai di Indonesia, yakni Jawa Kuno, Bali Kuno, dan Sunda.

Pemujaan terhadap Hariti dituangkan dalam bentuk arca maupun relief candi. Penggambarannya bisa dijumpai di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Relief Hariti bisa ditemukan di dinding lorong pintu masuk sebelah utara Candi Banyunibo, Yogyakarta dan di lorong pintu masuk ke bilik di Candi Mendut, Magelang. Kedua candi itu diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9.

Baca juga: Bertani Zaman Kuno

Di Candi Banyunibo, Hariti digambarkan dalam posisi duduk virasana (bersila) dan sikap tangan varamudra (memberi anugerah). Di dekat kakinya, lima anak duduk berjejer, seorang di kanan dan empat di sebelah kiri. Anak-anak itu berjongkok dan merapat satu sama lain, kecuali seorang anak di sebelah kanan yang duduk miring bersandar pada Hariti. Dua anak lain sedang memanjat pohon.

Berbeda dari relief Hariti di Candi Banyunibo yang terpotong bagian kepalanya, di Candi Mendut kondisinya masih utuh. Hariti duduk bersimpuh di atas padmasana. Ia memangku seorang anak. Di sebelah kanannya, tumbuh pohon kalpataru dengan seorang anak memanjatinya. Delapan anak bermain di bawah pohon itu.

Di sebelah kiri Hariti juga tumbuh pohon kalpataru. Seorang anak memanjat dahannya. Empat anak bermain di bawah pohon itu.

Menurut Dewi, Hariti adalah cerminan dari masa lalu di Jawa bagaimana sosok perempuan sebagai dirinya sendiri dan ia sebagai seorang ibu yang dapat merangkap banyak peran. “Hariti sebagai dewi minor kesuburan dan pelindung anak merangkap sebagai dewi ibu,” catatnya. 

Baca juga: Kolonialisme Hancurkan Kedudukan Perempuan

Dalam perkembangannya, menurut Agus Aris Munandar, arkeolog Universitas Indonesia, dalam “Kisah-kisah dan Kepercayaan Rakyat di Seputar Kepurbakalaan” yang terbit dalam Paradigma: Jurnal Kajian Budaya Vol. 2, No. 1 (2011), orang Jawa yang tinggal di sekitar Candi Mendut percaya apabila ada pasangan menikah yang belum juga dikaruniai anak, maka pasangan itu harus meditasi dan datang mengadu kepada Atawaka (si suami) dan Hariti (si istri) di Candi Mendut. Tujuannya untuk memohon berkat agar segera mendapat keturunan.

Asal-Usul Pemujaan Kesuburan

Secara umum, pemujaan kesuburan telah dikenal sejak zaman Batu Tua Akhir di daerah Eropa Timur dan tengah. Pada waktu itu dihubungkan dengan pemujaan terhadap dewi ibu. 

Munculnya pemujaan terhadap kesuburan berawal dari perasaan takjub dan ketidakpahaman manusia terhadap proses-proses yang terjadi di alam semesta. Misalnya, tentang kelahiran, baik kelahiran manusia maupun binatang.

Baca juga: Raja-Raja Perempuan di Bali

Tokoh ibu lalu dianggap sebagai sumber penyebabnya. Itu berbekal dari pengamatan keseharian mereka bahwa perempuan atau ibulah yang melahirkan.

“Jalan pemikiran mereka masih sederhana, maka pencarian terhadap sebab-sebab itu juga bersifat sederhana,” tulis Edi. 

Ketika manusia mulai bercocok tanam, pemujaan terhadap dewi ibu atau dewi kesuburan ini menjadi semakin penting. Dewi ibu dianggap sebagai personifikasi dari tanah, tempat tumbuhnya tanaman yang dibutuhkan manusia.

TAG

dewi hindu buddha

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Sosok Dewi Cinta Mesopotamia Kemarahan Istri-istri Bung Karno Di Balik Arca Prajnaparamita, Nandi dan Bhairawa Puncak Seni Arca dari Candi Singhasari Menapak Tilas Ken Angrok Ratu Kalinyamat Menjadi Pahlawan Nasional Zhagung dan Tikus versi Pram versus Karmawibhangga Empat Arca Warisan Singhasari Akhirnya Tiba di Tanah Air Candi Singhasari dalam Catatan Thomas Stamford Raffles Perjalanan Arca Candi Singhasari Kembali ke Indonesia