Masuk Daftar
My Getplus

Link Live Streaming Diskusi Historia.id: Riwayat Sudjojono dan Karyanya

Oleh: Historia | 21 Jul 2020
Lukisan "Kawan-kawan Revolusi" karya Sudjojono. Lingkaran putih menunjukkan wajah Bung Dullah.

S. Sudjojono adalah salah satu mastero lukis Indonesia. Dalam karya-karyanya, Sudjojono tak hanya menghadirkan lukisan, tetapi juga sikap dan pemikiran. 

Dalam "Kawan-kawan Revolusi", misalnya, Sudjojono menampilkan pejuang dan simpatisan pejuang. Salah satu tokoh pejuang yang ditampilkan dalam lukisan itu adalah Bung Dullah.

“Bung Dullah ini gugur ketika menyerang iring-iringan tank tentara Belanda. Waktu mencabut picu geranat gombyok dari pinggangnya, serbuk kimia dan mesiu di dalamnya keburu bereaksi. Tapi, sebelum granat meledak di pinggangnya sendiri, Bung Dullah langsung menubrukkan diri ke tank Belanda sehingga tank itu hancur,” ujar Tedjabayu Sudjojono, anak pertama Sudjojono, kepada Historia.id beberapa waktu lalu.

Advertising
Advertising

Baca juga: Kisah Bung Dullah dalam Lukisan Sudjojono

Sudjojono dan karya-karyanya menjadi tema dialog sejarah Historia.id bersama Tedjabayu Sudjojono dan Aminudin TH Siregar, dosen FSRD ITB. Diskusi akan diselenggarakan pada Selasa, 21Juli 2020, pukul 13.00 WIB. Diskusi tersebut dapat disaksikan secara live streaming melalui Youtube atau Facebook.

Link live streaming Youtube:
https://www.youtube.com/watch?v=GIvAPefdm9I

Link live streaming Facebook:
https://www.facebook.com/historiadotid/posts/4070217296352706

TAG

lukisan sejarah indonesia sudjojono live streaming dialog sejarah pelukis indonesia

ARTIKEL TERKAIT

Jejak Para Pelukis Perempuan Menggoreskan Kisah Tragis Adinda dalam Lukisan Mengeksplorasi Max Havelaar lewat Karya-karya Seni Rupa Affandi Marah pada Polisi Sudjojono Dipecat PKI Koleksi Pita Maha Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi Manisnya Kekayaan Oopjen dari Pahitnya Perbudakan Raden Saleh Melawan dengan Lukisan Ratu Elizabeth II dan Lukisan Sunda Kelapa Melihat Lebih Dekat "Lukisan" Kehidupan Margaret Keane