Masuk Daftar
My Getplus

Bung Tomo Teledor

Lewat siaran radio Bung Tomo malah memberi tahu posisi pasukan sendiri kepada musuh.

Oleh: Hendi Jo | 12 Jul 2017
Bung Tomo tengah siaran di Radio Pemberontakan.

Surabaya, November 1945. Duel artileri terjadi antara pejuang Indonesia dan militer Inggris. Di pihak Indonesia, karena kurangnya pengalaman, tak jarang peluru meriam nyasar ke kubu Badan Keamanan Rakyat (BKR) di muka viaduk.

Melihat situasi seperti itu, Bung Tomo ambil inisiatif. Lewat radio, dia memberitahu kepada grup senjata berat untuk menghentikan tembakan.

Celakanya, sambil berseru, Bung Tomo menyebut posisi grup senjata berat tersebut. Akibatnya sungguh fatal: serangan udara Inggris menghujani grup itu dengan tembakan.

Advertising
Advertising

Menurut Nugroho Notosusanto dalam Pertempuran Surabaya, seseorang bernama Isa Idris kemudian bergerak ke tempat Bung Tomo melakukan pidato siaran langsung dan mengingatkan keteledorannya itu.

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Mata Hari di Jawa Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Ibu dan Kakek Jenifer Jill Tur di Kawasan Menteng Daripada Soeharto, Ramadhan Pilih Anak Roket Rusia-Amerika Menembus Bintang-Bintang Guyonan ala Bung Karno dan Menteri Achmadi Pieter Sambo Om Ferdy Sambo