Masuk Daftar
My Getplus

Ketika Eks KNIL Menyerang Markas APRIS

Sekelompok eks KNIL melakukan penembakan brutal ke markas APRIS di Makassar. Pertempuran pun berlangsung selama berhari-hari.

Oleh: M. Fazil Pamungkas | 03 Apr 2021
Tentara APRIS tahun 1950. (Nationaalarchief.nl).

Kejadian tak terduga terjadi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu sore (31/03/2021). Seseorang menerobos masuk dan mengancam petugas polisi dengan senjata api. Dia berkeliaran di sekitar pos jaga, sambil mengacungkan senjatanya. Dari rekaman video amatir di lokasi kejadian, terlihat pelaku beberapa kali mengeluarkan tembakan. Tidak lama Si Pelaku tiba-tiba roboh. Dia berhasil dilumpuhkan oleh petugas di sana.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi mendapati informasi bahwa pelaku merupakan seorang perempuan berusia 25 tahun berinisial ZA. Dia tinggal di Ciracas, Jakarta Timur, bersama kedua orang tuanya. Pelaku sendiri adalah eks mahasiswa di salah satu kampus swasta, yang drop out pada semester lima. Dilansir laman BBC, saat melakukan serangan, ZA membawa map kuning yang di dalamnya berisi “amplop bertuliskan kata-kata tertentu”.

“Dan yang bersangkutan memiliki Instagram yang baru dibuat atau diposting 21 jam yang lalu. Di mana di dalamnya ada bendera ISIS dan ada tulisan terkait bagaimana perjuangan jihad,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Advertising
Advertising

Baca juga: Cerita di Balik Gedung Mabes Polri

Kapolri menerangkan ZA bertindak seorang diri. Dia masuk ke kompleks Mabes Polri dengan berjalan kaki melalui pintu belakang. Sampai di pos utama di gerbang utama Mabes Polri, ZA bertanya letak kantor pos. Petugas yang berjaga lalu menunjukkan arahnya. Tidak lama setelah beranjak dari pos, ZA kembali lagi. Saat itulah penyerangan terjadi. Menurut Kapolri ZA melakukan enam kali penembakan. Dua kali ke anggota polisi di dalam pos, dua kali di luar, dan tembakan lainnya diarahkan kepada anggota yang ada di belakangnya.

Dalam sejarah, peristiwa penyerangan terhadap markas aparat bersenjata juga pernah terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 1950. Kala itu, markas Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) dihujani tembakan senjata berat oleh eks anggota KNIL. Meski dilakukan secara berkelompok -tidak seperti kasus ZA di Mabes Polri- kasus penyerangan di markas APRIS juga tergolong nekat karena perbedaan persenjataan di kedua kubu. Ditambah adanya kesamaan rasa simpatik berlebihan kepada kelompok tertentu. Jika ZA kepada kelompok radikal ISIS, eks anggota KNIL memiliki kecintaan berlebih kepada Kerajaan Belanda.

Penyerangan terhadap markas APRIS terjadi pada 5 Agustus 1950. Saat penyerangan terjadi, para pembesar militer Indonesia dan Belanda di Makassar sedang melakukan pertemuan. Mereka membahas soal insiden-insiden yang melibatkan bekas tentara Belanda sejak permulaan 1950 yang menimbulkan keresahan, serta menyulut kemarahan rakyat Makassar. Dijelaskan dalam buku Republik Indonesia: Provinsi Sulawesi, terbitan Kementerian Penerangan RI, selama bulan Mei hingga Juli anggota KNIL terus-menerus memberikan kesulitan bagi rakyat dengan berbagai tindakan kejamnya.

Baca juga: Agar Sulawesi Tetap Indonesia

“Bendera-bendera kebangsaan disekitar kampemen-kampemen mereka turunkan, dan akhir-akhir ini  (mereka) membunuh dengan kejam seorang perwira Indonesia yang berada di dekat kampemen mereka untuk mengunjungi keluarganya. Pihak pimpinan tentara Indonesia di Makassar selalu mengambil sikap yang bijaksana terhadap tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab itu,” tulis Kementerian Penerangan.

Pertemuan para pemimpin militer itu dilakukan untuk meredakan suasana yang selalu memanas di antara kedua kubu. Sekira pukul 4 sore, tercapai kesepakatan antara militer Indonesia dan Belanda. Salah satunya pihak Indonesia bersedia menenangkan rakyat Makassar untuk mengakhiri boikot terhadap orang-orang Belanda. Sementara militer Belanda berjanji mengakhiri teror anggota eks KNIL dan menyerahkan persenjataan yang mereka gunakan unuk mengancam rakyat.

Baca juga: Aksi Brutal KNIL di Enrekang

Namun menjelang pukul 6 sore, sekelompok orang datang ke markas APRIS. Mereka adalah anggota bekas KNIL yang belakangan menebar teror kepada rakyat, serta bekas pasukan pemberontakan Andi Azis. Jumlahnya cukup banyak, dengan persenjataan yang lengkap. Dalam buku terbitan Subdisjarah Diswatpersau, Sejarah TNI Angkatan Udara: 1950-1959, para penyerang juga membawa kendaraan-kendaraan berat, panser, scout carhamberbrencarrier, dan tank. Serangan mereka dimulai dengan menembakkan mortir ke bangunan utama markas dan asrama-asrama militer. Kemudian mereka mengerahkan pasukan infanteri untuk menembus pertahanan markas. 

“Bekas-bekas KNIL yang menyerang pada tanggal 5/8/1950 malam menjalankan banyak pembunuhan-pembunuhan yang kejam terhadap rakyat dan anggota tentara Indonesia, merampok toko-toko dan rumah-rumah, dan membakari pula banyak rumah-rumah di Makassar,” imbuh Kementerian Penerangan.

Persitiwa penyerangan itu membuat militer Indonesia geram. Pada 6 Agustus 1950, pertempuran antara militer Indonesia dan eks tentara KNIL pecah. Saling balas serangan menggunakan senjata berat terjadi di hampir seluruh wilayah Makassar. Pihak Republik juga segera menerjunkan bantuan besar ke Makassar untuk meredam serangan para pemberontak tersebut.

Baca juga: Kehidupan di Tangsi KNIL yang Kumuh

Pada 7 Agustus 1950, Mayor Jenderal Scheffelaar dan Kolonel A.E. Kawilarang tiba di lapangan terbang Mandai. Keduanya datang ke Sulawesi Selatan untuk menghentikan pertempuran yang sedang berlangsung di Makassar. Keesokan harinya, dengan disaksikan peninjau-peninjau militer, serta komisaris Kerajaan Belanda, Kawilarang dan Scheffelaar sepakat menghentikan pertempuran.

“Disetujui bahwa anggota KL (KNIL) yang tidak tunduk pada perintah Scheffelaar akan kehilangan kedudukannya sebagai KL dan bahwa anggota-anggota KL segera akan meninggalkan Makassar setelah alat-alat tentara diserahkan kepada tentara Indonesia,” tulis Kementerian Penerangan.

Tepat setelah hasil perundingan diumumkan, pada 8 Agustus 1950, pertempuran berhenti. Sebagian anggota eks KNIL yang membangkan diusir dari Makassar, sementara lainnya memilih bertahan untuk tinggal di markas militer Belanda. Sejak itu kondisi di Makassar mulai membaik dan kehidupan rakyat kembali normal.

TAG

knil apris makassar

ARTIKEL TERKAIT

Ibu dan Kakek Jenifer Jill Siapa Penembak Sisingamangaraja XII? Thomas Nussy versus Anak Cik Di Tiro Hukuman Penculik Anak Gadis Dulu Para Sersan Berserikat Pengawal Raja Charles Dilumpuhkan Orang Bali Pengawal Raja Charles Masuk KNIL Setelah Gerard van Daatselaar Ditawan Kombatan Minahasa dalam Serangan Umum Persahabatan Sersan KNIL Boenjamin dan dr. Soemarno