Masuk Daftar
My Getplus

Raja Paling Lama Berkuasa

Siapakah raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah?

Oleh: Rahadian Rundjan | 24 Mar 2017
Raja Sobhuza II dari Swaziland, Afrika bagian selatan, memerintah dari tahun 1921 sampai 1982.

Raja Sobhuza II dari Swaziland, Afrika bagian selatan. Dia memerintah selama 61 tahun. Sobhuza II lahir pada 22 Juli 1899 dan empat bulan setelahnya diangkat menjadi raja setelah ayahnya, Ngwane V, meninggal dunia secara mendadak.

Karena belum cukup umur, pemerintahan diserahkan kepada nenek dan pamannya sebelum akhirnya pada 1921, setelah dianggap cukup dewasa, Sobhuza II mengambil-alih tampuk kekuasaan.

Pada masa kekuasaannya, Swaziland mendapatkan kemerdekaan dari Inggris pada 6 September 1968. Sobhuza II dikenal mempertahankan tata cara adat kesukuan dalam sistem pemerintahan. Salah satunya keistimewaan raja untuk memiliki banyak istri. Selama hidupnya Sobhuza II memiliki 70 istri, yang di hari kematiannya pada 17 Agustus 1982 tercatat telah memberikan lebih dari 1000 orang cucu.

Advertising
Advertising

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Nafsu Berahi Merongrong Kamerad Stalin (Bagian I) Aksi Spionase di Balik Kematian Leon Trotsky Eks Pesindo Sukses Satu Episode Tim Garuda di Olimpiade Ibnu Sutowo dan Anak Buahnya Kibuli Wartawan Kisah Bupati Sepuh AS Kembalikan Benda Bersejarah Peninggalan Majapahit ke Indonesia Mata Hari di Jawa Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung