Masuk Daftar
My Getplus

Asal Olahraga Polo

Dari mana asal olahraga polo?

Oleh: Martin Sitompul | 10 Apr 2017
Permainan Polo di Persia. Foto: en.wikipedia.org.

Persia. Olahraga berkuda ini dimainkan sejak abad ke-6 SM. Awalnya ia semacam olahraga perang-perangan di antara prajurit kavaleri yang bertanding secara beregu.

Menurut Carole Hillenbrand dalam Perang Salib: Sudut Pandang Islam, olahraga bernama asli qabak ini dimainkan di padang rumput; melesatkan anak panah semabri menunggang kuda ke arah labu di puncak tiang yang tinggi.

Polo kemudian menyebar ke seluruh Jazirah Arab. Pada era Dinasti Abasiyah (750-1258), ia menjadi olahraga favorit keluarga kesultanan. Dari Jazirah Arab, polo berkembang ke mana-mana: Tiongkok, Tibet, hingga India. Olahraga ini mendunia ketika bangsa Inggris yang berada di negeri koloni India membawanya ke Eropa.

Advertising
Advertising

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Ibu dan Kakek Jenifer Jill Tur di Kawasan Menteng Daripada Soeharto, Ramadhan Pilih Anak Roket Rusia-Amerika Menembus Bintang-Bintang Guyonan ala Bung Karno dan Menteri Achmadi Pieter Sambo Om Ferdy Sambo Percobaan Pembunuhan Leon Trotsky, Musuh Bebuyutan Stalin