Masuk Daftar
My Getplus

Ternyata Patung di Mabes Polri Bukan Berwajah Gajah Mada

Pematung sudah menyelesaikan badan Gajah Mada, masalahnya mereka tidak tahu pasti bagaimana bentuk wajahnya.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 27 Des 2015
Patung Gajah Mada, lambang Kepolisian Republik Indonesia.

DI Markas Besar Polri berdiri monumen Gajah Mada. Ternyata, patung itu hanya badan yang Gajah Mada, sedangkan wajahnya adalah Moehammad Jasin yang diangkat sebagai Pahlawan Nasional tahun 2015.

Ceritanya bermula ketika Kepala Kepolisian Negara R.S. Soekanto menugaskan Komisaris Besar R. Umargatab, kepala Pengawasan Aliran Masyarakat (PAM), untuk mencari pematung untuk membuat monumen patung Gajah Mada. Monumen ini akan ditempatkan di halaman depan Mabes Polri. Patung ini harus selesai dan diresmikan pada hari ulang tahun (HUT) Polri, 1 Juli 1962.

Pematung Catur Prasetya dibantu 30 orang pekerja berhasil menyelesaikan badan patung sebulan sebelum HUT Bhayangkara. Namun, kepalanya belum rampung karena, baik Umargatab maupun pematung tidak tahu pasti wajah Gajah Mada. Sedangkan upacara peresmian tinggal sepekan lagi.

Advertising
Advertising

“Sebagai penanggung jawab, dan supaya tidak ditegur oleh Kepala Kepolisian Negara R.S. Soekanto, tanpa menjelaskan tujuannya, Pak Umar meminta foto saya. Saya kira, foto saya itu akan digunakan untuk dokumentasi PAM. Ternyata tidak begitu,” kata Moehammad Jasin dalam Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang. Saat itu, Jasin menjabat panglima korps Mobiele Brigade Indonesia (Mobrig, kini Brimob). Jasin dijuluki Bapak Brimob Indonesia.

Baca juga: Moehammad Jasin, Komandan Polisi Istimewa

Moehammad Jasin (1920-2012). (Repro Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang).

Baca juga: Umargatab, Bapaknya Indro Warkop Jenderal Intel

Umargatab menyerahkan foto Jasin kepada pematung dengan permintaan jangan sekali-kali membocorkannya kepada Soekanto. Maka, jadilah patung Gajah Mada setinggi 17 meter dengan tatakan patung 8 meter berdiri di halaman Mabes Polri, yang wajahnya konon mirip wajah panglima korps Mobrig. “Wajah Pak Jasin mirip dengan wajah Gajah Mada,” kata Umargatab.

“Setelah segalanya selesai,” ujar Jasin, “Pak Umargatab meminta maaf kepada saya karena terpaksa ‘mencuri’ wajah saya untuk menyelesaikan patung tersebut. Beliau juga minta dengan sangat agar saya merahasiakan hal ini. Setelah patung selesai, saya hanya bisa berharap rahasia ini tidak terbuka.”

Baca juga: Lambang Polri Sebelum Gajah Mada

Pada saat peresmian pada 1 Juli 1962, Jasin dan Umargatab saling curi pandang, khawatir Soekanto gusar setelah melihat hasilnya. Syukurlah, Soekanto tidak masalah dengan patungnya bahkan selesai upacara dia menyampaikan selamat dan terimakasih kepada Umargatab dan pematung.

“Rahasia ini kami pegang seteguh-teguhnya dan baru dibuka setelah Pak Soekanto pensiun,” kata Jasin. “Ternyata beliau tidak marah, bahkan tertawa terbahak-bahak.”

Bila memoar Jasin menyebut inisiatif pembangunan patung Gajah Mada adalah R.S. Soekanto. Sedangkan sumber lain, Ensiklopedi Jakarta, menyebut pemerakarsanya adalah Kepala Kepolisian Negara, R. Soekarno Djojonegoro, pengganti Soekanto. Dan peresmiannya oleh Presiden Sukarno pada 1 Juli 1962.

Baca juga: Versi Lain Wajah Gajah Mada

Wajah Gajah Mada memang diselimuti kontroversi. Banyak kisah beredar menyebutkan wajah mahapatih kerajaan Majapahit itu mirip dengan wajah sejarawan Mohammad Yamin, sang penulis kisah Gajah Mada. Kisah wajah Gajah Mada ini bermula dari penemuan pecahan gerabah berwajah seorang pria yang diperkirakan terkemuka di zamannya.

Para arkeolog berdebat tentang siapa pemilik wajah tersebut. Yamin datang dengan penafsiran kalau wajah itu adalah milik Gajah Mada. Belakangan arkeolog Universitas Indonesia, Agus Aris Munandar dalam Gajah Mada: Biografi Politik, berpendapat arca Brajanata dan arca Bima sebagai dua perkembangan dari penggambaran Gajah Mada.*

TAG

moehammad jasin polisi gajah mada patung

ARTIKEL TERKAIT

Pieter Sambo Om Ferdy Sambo Yusman Sang Maestro Patung dari Pasaman Kisah Polisi Kombatan di Balik Panggung Sejarah Sukarno, Patung, dan Patung Sukarno Koleksi Pita Maha Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi Kapolri Pertama Itu Bernama Soekanto Soedarsono "Kudeta 3 Juli": Dari Komisaris ke Komisaris Lagi Kapolri Diselamatkan Mobil Mogok Slamet Sarojo, Polisi Jadi Pengusaha Bapaknya Indro Warkop Jenderal Intel