Masuk Daftar
My Getplus

Banten dalam Karya Sastra Eropa Klasik

Banten masyhur di Eropa, dianggap sebagai pusat kekayaan di Hindia Timur. Sejumlah karya sastra Eropa klasik mengisahkannya.

Oleh: M.F. Mukthi | 23 Apr 2015
Agon, Sulthan van Bantam karya Onno Zwier van Haren (1713-1779), terbitan tahun 1968. Foto: boekwinkeltjes.nl.

DI masa lalu, Kesultanan Banten atau Bantam merupakan bandar internasional dengan komoditas utama lada. Bangsa-bangsa Eropa berlabuh untuk berniaga. Banten pun masyhur di kalangan orang-orang Eropa. Sampai-sampai ketenaran Banten menjadi bahan cerita dalam karya-karya sastra dan drama Eropa klasik. Claude Guillot dalam Banten: Sejarah dan Peradaban Abad X-XVII, memuat lima karya sastra tersebut.

Love for Love (1695)

Drama Love for Love karya William Congreve (1670-1729) mengisahkan kehidupan pemuda, Valentin, dari keluarga terpandang. Ayahnya, Sir Sampson Legend, murka karena dia boros sehingga berhenti membiayainya.

Advertising
Advertising

Meski hanya sesaat, drama ini menyebut nama Banten yang kala itu asosiasinya di Eropa masih sangat masyhur. Penyebutan itu terdapat di adegan kelima babak II. “Aku tahu panjang kaki Maharaja Cina; aku prenah mengecup selop Mogul Agung dan berburu di atas punggung gajah bersama Khan Tartaria; aku main gila dengan istri seorang raja dan Sri Baginda Bantam yang sekarang adalah darah-daging hasil perselingkuhan itu,” demikian dialog antara Legend dan Foresight, paman Angelique, gadis idaman Valentin.*

“The Court of the King of Bantam” (1698)

Cerpen ini karya Aphra Johnson Behn, yang terdapat dalam bunga rampai All the Histories and Novels Written by the Late Ingenious Mrs Behn, Intire in Two Volumes. Bunga rampai tersebut diterbitkan pertamakali oleh Charles Gildon pada 1698.

“The Court of the King of Bantam” menceritakan seorang angkuh, Mr Would-be, yang gila hormat. Dalam sebuah Epifani (Perayaan Penampakan Tuhan) tahun 1683, dia menghambur-hamburkan uangnya demi sanjungan. Dia berhasil menjadi “raja” di perayaan itu. Orang-orang yang tak mengenalnya mengira dia pernah jadi raja di Hindia Timur. Setelah perayaan itu, teman-temannya memanggilnya Raja Bantam –dalam pandangan kebanyakan orang Eropa merupakan simbol kekayaan, raja di tanah yang menjadi sumber kekayaan– untuk memelorotinya.

Pengetahuan Aphra, perempuan kelahiran Inggris pada 1640, tentang Banten bermula sejak pernikahannya dengan Behn, pedagang Belanda. Selain itu, dia tahu kedatangan beberapa utusan keluarga Banten ke London pada 1682. Utusan-utusan itu sempat bermukim sehingga membuat sensasi di kota tersebut, yang menganggap Bantam sebagai salah satu pusat kemakmuran negeri-negeri Timur.

Aphra sendiri mulai menulis sepulangnya dari tugas sebagai mata-mata Inggris di Anvers (kini di Belgia) ketika Perang Inggris-Persekutuan Provinsi Belanda. Dialah perempuan Inggris pertama yang mencari nafkah lewat tulisan.

“La Princesse de Java” (1739)

Madeleine de Gomez, penulis cerpen ini, merupakan penulis produktif. Dia membuat banyak novel eksotis. Anak dramawan Paul Poisson ini, pada 1739 menerbitkan kumpulan cerpen sebanyak 30 buku yang diberi judul Les Cent Nouvelles Nouvelles. Cerpen “La Princesse de Java” merupakan cerpen ke-54 dan berada di buku ke-19. Ini berkesinambungan dengan dua cerpen sebelumnya, “Les Revers de la Fortune” dan “La Belle Hollandaise”.

“La Princesse de Java” menceritakan kehidupan pemuda Spanyol, Diego, yang terdampar di Banten. Setelah diselamatkan penduduk, dia bergaul dengan penduduk sampai akrab dengan Daen, sultan muda Banten. Tanpa diduga, keduanya sama-sama mencintai Garcia, putri seorang perempuan Genoa, istri kedua sultan Banten sebelum Daen. Kisah-kisah selanjutnya penuh petualangan.

Agon, Sulthan van Bantam (1769)

Sandiwara lima babak ini merupakan karya sastrawan ternama Friesland, Belanda, Onno Zwier van Haren (1713-1779), yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Prancis pada 1770 dan 1812. Untuk menyusun sandiwaranya, Haren kemungkinan besar merujuk pada buku Oud en Nieuw Oost-Indien karya F. Valentijn, di mana jilid keempatnya membahas Banten. Menariknya, Haren terang-terangan menentang penguasaan Banten oleh Belanda. Menurutnya, Banten sebagai bangsa patut dihormati laiknya Belanda atau bangsa-bangsa lain. Dia mengkritiknya, salah satunya, melalui karya ini.

Agon, Sulthan van Bantam mengambil latar perebutan kekuasaan di Banten. Karena sudah tua, Sultan Agon hendak turun tahta dan membagi kerajaan kepada dua putranya: Abdul dan Hasan. Namun karena si sulung Abdul menginginkan warisan seluruhnya, diam-diam dia minta pertolongan Belanda di Batavia. Belanda menyambut gembira, dan perang saudara pun terjadi.

De Page van de Sultane (1891)

Novel ini merupakan jilid kelima dari 24 jilid serial De Nederlanders in Oost en West, te Water en te Land karya Johan Hendrik van Balen (1850-1920) yang dibuat tahun 1881-1893. Novelis mantan pemimpin redaksi beberapa majalah bergambar ini sangat produktif, dengan lebih dari 100 judul buku yang dibuat. Mayoritas bukunya berupa kisah petualangan untuk anak muda. Buku-buku itu kebanyakan terinspirasi oleh sejarah orang-orang Belanda di seberang.

De Page van de Sultane mengisahkan petualangan pemuda Jawa, Atjong, yang hidup di masa perang Batavia-Banten. Dia satu-satunya orang selamat di keluarganya dari hukuman mati Sultan Ageng Tirtayasa. Lika-liku hidupnya membawanya menjadi abdi istri pertama Sultan Haji, anak Sultan Ageng Tirtayasa. Dia kemudian dipercaya menjalankan tugas berat yang membuatnya dua kali tertangkap dalam perjalanan ke Batavia. Pada penangkapan yang kedua, dia dijatuhi hukuman pancung karena dianggap membunuh seorang pemimpin Makassar, yang memihak Sultan Ageng Tirtayasa, dalam perang saudara Banten.

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Ibu dan Kakek Jenifer Jill Tur di Kawasan Menteng Daripada Soeharto, Ramadhan Pilih Anak Roket Rusia-Amerika Menembus Bintang-Bintang Guyonan ala Bung Karno dan Menteri Achmadi Pieter Sambo Om Ferdy Sambo Percobaan Pembunuhan Leon Trotsky, Musuh Bebuyutan Stalin Sponsor Jersey Timnas Indonesia dari Masa ke Masa Serangkaian Harapan dari Mahkamah Rakyat