Masuk Daftar
My Getplus

Cerita Tentang Hamka

Hamka sosok yang penuh warna. Selalu ada kisah menarik tentangnya berikut kontroversinya.

Oleh: Historia | 29 Feb 2024
Hamka di Amerika Serikat tahun 1952. (Koleksi Keluarga Hamka).

SUDAH banyak kita ketahui lakon sejarah yang pernah dia perankan semasa hidupnya: Hamka bukan ulama biasa, bukan pula pendakwah ala kadarnya. Dia penulis yang produktif. Puluhan karya telah lahir dari tangannya, merentang mulai sastra sampai sejarah.

Sebagai aktor politik dalam gelanggang pertarungan kekuasaan, Hamka pengusung Islam yang kukuh dan teguh. Namun demikian, Hamka bukan seorang agamawan yang degil, yang serta merta melecehkan keberagaman yang melekat pada bangsa ini.

Irfan, anaknya, menyaksikan bahwa ayahnya seorang yang toleran. Ali Audah, sastrawan yang pernah bersinggungan dengan Hamka semasa hidupnya, mengatakan kalau tokoh kelahiran Maninjau itu “pemikir Islam yang moderat”.

Advertising
Advertising

Tentu Hamka pernah pula kesandung. Pada suatu waktu dia nyaris tenggelam bersama kapal Van Der Wicjk, roman karangannya yang terbit pada 1939. Tuduhan menjiplak karya Al Manfaluthi bak peluru meriam yang ditembakkan tepat mengenai lambung kapalnya. Hamka oleng. Serangan dan pembelaan terhadapnya sempat meramaikan jagat kesusasteraan.

Kali ini kami memilih Hamka, untuk melihatnya sebagai manusia biasa yang pernah ikut mewarnai kanvas sejarah di Indonesia. Beragam cerita kami hadirkan untuk mengenali masa lalu Hamka dari masa kekinian.

Berikut laporan khusus Hamka:

Anak Nakal Menjelma Ulama

Akar Ranting Keluarga Hamka

Cara Belajar Si Bujang Jauh

Berguru Kepada Guru Bangsa

Berdakwah Sampai Jauh

Buya Jadi Juru Warta

Di Bawah Panji Muhammadiyah

Hamka dalam Dua Zaman Penjajahan

Menjajal Medan Konstituante

Polemik Kapal Van Der Wijck

Ketika Hamka Menggugat Imajinasi

Membantah Kisah Tuanku Rao

Bukan Sejarawan Sekolahan

Sekolah Islam ala Hamka

Di Balik Penjara Penguasa

Meraih Makna Perintah Tuhan

Kue Bika Bernama Majelis Ulama

Bulan Terbenam di Tanah Kusir

Abang Ulama, Adik Pendeta

Ayah Ulama yang Toleran

Hamka, Ekspresi Islam Estetik

Jalan Baru Sufisme Hamka

TAG

hamka premium

ARTIKEL TERKAIT

Buya Hamka dan Musik Bumi Pertiwi Hampir Mati Supersemar Supersamar Redup Terang Bulan Bintang Alkisah Bing Slamet Panggung Sejarah Henk Sneevliet Dan Westerling Pun Tersenyum Hjalmar Schacht Melawan Hitler Ianfu, Perempuan dalam Cengkeraman Jepang Jalan Terjal Negara Federal