Masuk Daftar
My Getplus

Boedi Oetomo Tonggak Kebangkitan Bangsa

Boedi Oetomo yang didirikan para pelajar STOVIA dianggap sebagai tonggak kebangkitan pergerakan nasional. Didirikan anak muda kemudian dikendalikan para priayi.

Oleh: Historia | 19 Mei 2024
Poster peringatan 40 tahun Hari Kebangkitan Nasional pertama digelar pada 20 Mei 1948 di Istana Kepresidenan, Yogyakarta. (ANRI).

HARI Kebangkitan Nasional selalu diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya. Tapi tak banyak yang tahu bahwa momen penting (juga genting) dari Boedi Oetomo justru terjadi pada 3–5 Oktober 1908.  

Itulah saat di mana kongres pertama Boedi Oetomo dilangsungkan di Yogyakarta, sekaligus upaya pertama dari kaum konservatif mengambilalih kemudi organisasi dari tangan kaum muda. 

Baca juga: Benarkah Boedi Oetomo Anti-Islam?

Advertising
Advertising

Berdirinya Boedi Oetomo ditetapkan sebagai tonggak awal kebangkitan bangsa. Mungkin benar, karena ide-ide progresif pada zaman itu, mencuat dari organisasi ini. Tjipto Mangoenkoesoemo, anak muda pengusung ide-ide progresif itu, justru tersingkir dari organisasi karena berbenturan dengan kaum kolot. 

Laporan khusus ini menurunkan kisah perjalanan Boedi Oetomo, mulai dari berdiri sampai menjadi organisasi berwatak nasional. Menyodorkan kembali wacana diskusi tentang tonggak kebangkitan nasional.* 

Pilihan Pelik Politik Republik 

Di Bawah Cengkeraman Kaum Feodal 

Menentukan Arah Kemudi 

Sejalan Mencari Kebenaran 

Atas Nama Tanah dan Rakyat Hindia 

Menjajal Jalan Radikal 

Corong Propaganda Boedi Oetomo 

Maju Menggandeng Kaum Perempuan 

Timeline Boedi Oetomo 

Memvisualisasikan Jejak Boedi Oetomo

Boedi Oetomo di Bulan Puasa

TAG

premium boedi oetomo

ARTIKEL TERKAIT

Bumi Pertiwi Hampir Mati Supersemar Supersamar Cerita Tentang Hamka Redup Terang Bulan Bintang Alkisah Bing Slamet Panggung Sejarah Henk Sneevliet Dan Westerling Pun Tersenyum Hjalmar Schacht Melawan Hitler Ianfu, Perempuan dalam Cengkeraman Jepang Jalan Terjal Negara Federal