Masuk Daftar
My Getplus

Rose Pandanwangi Diva Seriosa Indonesia

Penyanyi seriosa Indonesia pertama yang tampil di panggung internasional.

Oleh: Aryono | 27 Jan 2019
Rose Pandanwangi juara 1 Bintang Radio RRI tahun 1960 menggeser Ade Tikoalu. (S. Sudjojono Center),

SENJA menghampiri Jakarta. Sepi melanda. Jalan silang Monumen Nasional (Monas), yang biasanya ramai lalu lalang kendaraan, mendadak senyap. Maklum, hari itu, 1 Oktober 1965, Kodam V/Jaya selaku Penguasa Pelaksana Perang Daerah memberlakukan jam malam mulai pukul 18.00 sampai 06.00.

Pasukan baret merah dari Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) mengendap mendekati gedung Radio Republik Indonesia (RRI), di seberang Monas. Mata mereka nyalang. Setiap personelnya memegang senjata dalam posisi stelling.

Di dalam gedung RRI, pelukis Sudjojono tengah menemani istrinya, Rose Pandanwangi, yang sedang bernyanyi diiringi pianis Narto. Rose santai menyenandungkan suara soprannya tanpa tahu apa yang tengah terjadi di luar. Malam itu, dia nyanyi di RRI namun tidak disiarkan. Setelah usai, mereka pulang naik Ford warna hitam ke Pasar Minggu. 

Advertising
Advertising

“Orang-orang RRI heran kami berani, tetapi kami lebih heran lagi, sebab tidak tahu apa-apa. Kami selamat pulang sampai Pasar Minggu,” ujar Sudjojono dalam otobiografinya S. Sudjojono: Cerita tentang Saya dan Orang-orang Sekitar Saya.

Baca juga: S. Sudjojono: Mooi Indie diserang lalu disayang

Rose Pandanwangi diuji dalam suasana vivere pericoloso, tahun yang menyerempet bahaya. Dan tentu, dia lulus.

Rose Pandanwangi lahir dengan nama Rosalina Wilhelmina Poppeck pada 26 Januari 1929 di Makassar. Ayahnya berdarah Jerman, bernama Gustav Poppeck dan ibunya, Sara Elizabeth Pondt Supit, keturunan Spanyol dan Manado.

Sejak kecil, Rose sudah digembleng olah vokal dan berlatih piano. Beranjak dewasa, dia dikirim orangtuanya ke Belanda untuk meneruskan sekolah, sebab keadaan di Indonesia tak kunjung membaik. Dia menikah dengan Yahya Sumabrata, mahasiswa kedokteran di Rijks Universiteit-Utrecht. Dia pun mengasah olah vokalnya.

Setelah lima tahun di Belanda, Rose kembali ke Indonesia pada 1952. Kualitas vokal dan teknik bernyanyinya dianggap mumpuni untuk dikirim ke Festival Pemuda ke-4 di Bukares, Hongaria. Rose kemudian menjadi penyanyi seriosa Indonesia pertama yang tampil di panggung internasional.

“Ibu Rose Pandanwangi adalah soprano pertama di dunia musik klasik yang dimiliki Indonesia,” kata pianis Ananda Sukarlan dalam acara konferensi pers “Kisah Mawar: 90 Tahun Rose Pandanwangi untuk Seriosa dan Keroncong” (24/01).

Baca juga: Riwayat kontes keroncong

Nama Pandanwangi pemberian pelukis Sudjojono, suami keduanya. Dan nama Rose Pandanwangi pun dipakai dalam beragam kontes vokal. Pada 1958, tulis Sori Siregar dalam Kisah Mawar Pandanwangi, nama ini dipakai pertama kali sebagai peserta Pemilihan Bintang Radio. Dia menyabet juara kedua Bintang Radio Jenis Seriosa daerah Jakarta Raya.  

“Ibu Rose ini dulu banyak menyanyikan karya seriosa yang berangkat dari karya sastra,” sambung Ananda Sukarlan. Sejak 1953, sebagai pengisi acara RRI, Rose terus berkiprah dalam gelanggang seriosa Indonesia. Dia menjadi pengisi acara konser musik klasik hingga opera sampai tahun 1990-an. Genap berusia 65 tahun pada 1994, dia menggelar konser perpisahan (afscheids concert) bersama pianis Sunarto Soenaryo di gedung Erasmus Huis. 

Pada 27 Januari 2019, Rose akan merayakan ulang tahun ke-90. Yang menggembirakan, dia akan kembali menampilkan suara soprannya.   

“Ibu akan menyanyikan dua lagu, dan diiringi pianis Lani Sihombing (Oinieke Lani Sihombing Palar, red.) dalam acara itu,” ujar Mariano Dara Putih atau Maya Sudjojono, anak bungsu Sudjojono-Rose.

Maya punya cerita menarik soal namanya. Dulu, saat Maya masih dalam kandungan, Sudjojono berencana memberi nama bungsunya ini Mariano Planet Gompal. Nyentrik, tapi anak pertama Rose dan Yahya Sumabrata yang bernama Sara, tak setuju. Saat si bungsu akan lahir, Sudjojono ditemani Sara bermobil menuju rumah sakit. Sara menceritakan mimpinya bertemu burung dara (merpati) berwarna putih. Sudjojono pun menamai anak bungsunya Mariano Dara Putih.  

Juara 1 Bintang Radio Daerah Jakarta Raya tahun 1959 ini dipastikan berseriosa pada acara ulang tahunnya di gedung teater Ciputra Artpreneur. Ciputra Artpreneur Theater dipilih selain akustik ruangan yang bagus juga karena keluarga Sudjojono dekat dengan Ciputra.

Pada 1985, tulis Alberthiene Endah dalam Ciputra: The Entrepreneur-Passion of My Life Ciputra, Ir. Ciputra-lah yang “mendamaikan” tiga maestro lukis Indonesia: Sudjojono, Affandi, dan Basuki Abdullah. Selain itu, Ciputra juga mengoleksi beberapa karya Sudjojono, salah satunya lukisan “Ada Terang di Wajahmu” yang dilukis Sudjojono tahun 1969.

Baca juga: Kisah Bung Dullah dalam lukisan Sudjojono

“Ayah saya berkenalan dengan Pak Sudjojono sudah lama sekali. Ada beberapa lukisan beliau yang kami koleksi. Maka ketika mendengar ada acara ulang tahun Ibu Rose, kami menyediakan tempat di sini,” ujar Rina Ciputra Sastrawinata, managing director Ciputra Group, di Marketing Gallery Artpreneur lantai 11-Ciputra World 1.

Memang, musik seriosa semakin langka atau jika tak ingin dikatakan mandeg. Kemandegan ini, dalam buku Apresiasi Seni: Seni Tari & Seni Musik, dimulai sejak akhir 1970-an karena tidak ada karya baru dan tidak ada seniman baru seperti pada awal pertumbuhannya tahun 1950-an.

Seriosa yang disamakan dengan bel canto atau “nyanyian cantik”, menurut Yapi Tambayong atau Remy Sylado dalam 123 Ayat Tentang Seni, memiliki beberapa syarat di antaranya frasa yang diucapkan sempurna; artikulasinya jernih; fonetikanya terang; sistem pernapasan sesuai kaidah kesehatan; menganut metode “suara seni” yang bukan sekadar “seni suara”.

Baca juga: Remy Sylado tentang asal usul lagu Happy Birthday & Potong Kuenya

“Memang, genre musik yang dipilih Ibu Rose Pandawangi ini bukan yang arus besar seperti pop yang pengikutnya berjuta-juta, namun inilah musik yang mengikuti tradisi tinggi, yang tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri,” kata Ninok Leksono, rektor Universitas Multimedia Nusantara.

Menjaga suara di usia 90 tahun memang tak mudah. Dibutuhkan keuletan dan ketekunan untuk menjaganya.

“Ya setiap minggu, bisa Kamis atau Jumat, Ibu ke Bogor untuk latihan vokal. Itu pun biasanya gak lama, sejam saja. Dan Ibu enggak pernah minum ramuan untuk menjaga suara, apa adanya saja,” kata Alexandra Pandanwangi, putri sulung Sudjojono dan Rose.

TAG

Musik

ARTIKEL TERKAIT

Eric Carmen dan "All By Myself" Komponis dari Betawi God Bless di Mata Roy Jeconiah Ray "The Doors" Prajurit Rock n’Roll Aretha Franklin dan Hegemoni Maskulinitas Musik Rock Pendiri Pink Floyd Peduli Palestina Alkisah Bing Slamet Koes Plus dan Mantan Perwira AURI Orba Benci Musik Cengeng Anak Presiden Main Band