Masuk Daftar
My Getplus

Mainan Monopoli dan Tuan Tanah

Adakah keterangan mengenai perkembangan mainan Monopoli?

Oleh: Hendaru Tri Hanggoro | 27 Mar 2017

Monopoli berasal dari Amerika Serikat. Penemunya, Elizabeth Magie, memperkenalkan mainan ini pada 1903. Kala itu, nama permainannya The Landlord’s Game (Permainan Tuan Tanah).

Kemunculan mainan ini tak lepas dari teori George Henry, seorang ekonom. Teorinya menerangkan bagaimana tuan tanah memperkaya diri melalui sistem sewa tanah hingga membuat penyewa tanah jatuh bangkrut.

Magie berusaha menyederhanakannya melalui mainan agar masyarakat memahami teori George. Dia mematenkannya pada 1904 meski tak menjualnya secara luas. Tanpa diduga, permainan ini justru mengasyikkan. Orang tak hanya lantas paham teori George, tapi juga merasakan sensasi menjadi tuan tanah dan si bangkrut.

Advertising
Advertising

Maka, pada 1935, sebuah perusahaan mainan Parker Brothers membeli paten ini dari Maggie. Permainan ini dikembangkan dan sejak itu diberi nama Monopoly. Melalui distribusi yang baik, mainan ini cepat terjual dan populer.

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Satu Episode Tim Garuda di Olimpiade Ibnu Sutowo dan Anak Buahnya Kibuli Wartawan Kisah Bupati Sepuh AS Kembalikan Benda Bersejarah Peninggalan Majapahit ke Indonesia Mata Hari di Jawa Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Ibu dan Kakek Jenifer Jill Tur di Kawasan Menteng