Masuk Daftar
My Getplus

Kaum Anti Kemapanan

Apa itu kaum hippies?

Oleh: Martin Sitompul | 23 Mar 2017

Berasal dari kata hipster. Dikenal sebagai generasi antikemapanan yang menolak nilai-nilai konservatif Amerika. Gelombang protes terhadap keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam pada 1960-an jadi momentum kemunculan hippies.

Mereka adalah sekelompok pemuda berpendidikan dari distrik Haight dan Ashbury, San Francisco. Penampilannya unik dan nyentrik. Dalam aksinya, kaum hippies menyuarakan semangat antiperang dan perdamaian. Mereka memopulerkan salam perdamaian dengan merentangkan jari telunjuk dan jari tengah.

Mereka juga dikenal dengan gaya hidup bebas, seperti aktivitas seks bebas dan konsumsi obat-obatan terlarang. Love, Peace, and Freedom (Cinta, Perdamaian, dan Kebebasan) adalah semboyan hippies yang terkenal.

Advertising
Advertising

Hippies mencapai puncak popularitas pada paruh kedua 1960. Di masa itu, hippies menjadi fenomena sosial dan selalu mendapat tempat dalam pemberitaan media di Amerika. Jimi Hendrix dan The Beatles adalah musisi yang mendukung dan berpenampilan ala hippies.

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Polonia, Tanah Tuan Kebun Polandia di Medan PlayStation dan Nostalgia Mainan Anak-anak 1990-an Leon Salim Bocah Pergerakan Nasional Epos Majapahit Lebih Seru dari Game of Thrones Empat Tokoh Kristen Terkemuka dalam Sejarah Indonesia Kaum Papa Tionghoa dari Benteng Tangerang Pernyataan Tidak Anti-Republik hingga Penangkapan Amir Sjarifuddin Kelakar Gus Dur dan Benny Moerdani Tentang Israel DPA Bukan Dewan Pensiunan Agung Pekerjaan yang Dilakukan Anak-Anak di Masa Lalu