Masuk Daftar
My Getplus

Akibat Priyayi Berkunjung ke Eropa

Ada yang diundang karena bakatnya, ada juga yang pergi karena mendapat hadiah dari pemerintah Hindia Belanda

Oleh: M. Fazil Pamungkas | 15 Jun 2019
Raden Saleh mengenakan pakaian dengan model kebaratan (wikimedia commons)

PERKENALAN masyarakat pribumi  dengan bahasa Belanda menjadi jalan untuk mengenal pengetahuan baru tentang negara lain. Selain itu, adanya pengajaran tentang atlas dunia juga turut mendorong hasrat para elit pribumi (termasuk bupati dan pejabat pemerintahan) untuk mulai berpergian ke luar negeri.

Walau umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari bahasa, tetapi keinginan kuat telah mengantar mereka pada pengalaman besar yang tidak terlupakan. Biasanya setelah kembali ke tanah air, sebagian melanjutkan karir di pemerintahan sementara lainnya menjadi akademisi yang membangun tren intelektual Barat di dalam negeri.

Dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya Jilid I, Denys Lombard menulis ada sejumlah elit Pribumi di Jawa yang diberi kesempatan pergi ke Eropa. Di sana mereka melihat dan mengadopsi kebiasaan yang tidak ada di negerinya. Kemudian memperkenalkannya kepada masyarakat.

Advertising
Advertising

"Mereka ini merupakan lambang pertemuan intelektual antara kaum priyayi dan kebudayaan Barat. Perjalanan ke luar negeri yang masih sangat langka merupakan pesona yang dimimpikan semua orang" kata Irawati Durban Ardjo dalam Tari Sunda Tahun 1880-1990.

Raden Aria Natadiningrat, alias Raden Saleh Syarief Bestaman menjadi seniman Indonesia pertama yang mendapat kesempatan pergi Eropa dan tinggal di sana untuk waktu yang cukup lama. Sebagai bangsawan Semarang-Pekalongan, Raden Saleh mempunyai hubungan yang cukup baik dengan pemerintah Hindia Belanda. Hal itulah yang membuat jalannya menuju Eropa menjadi lebih mudah.

Baca juga: Cara Keluarga Kerajaan Belanda Perlakukan Karya Raden Saleh

Namun lebih dari itu, Raden Saleh adalah pelukis yang bakatnya telah diakui oleh orang-orang Eropa sehingga karirnya begitu terbuka di dunia Barat. Pada 1829 ia mendapat beasiswa belajar melukis ke Eropa, dan tinggal di Belanda, Belgia, Jerman, Prancis, hingga Aljazair dan India.

Dari keluarga bangsawan Banten, dua bersaudara Raden Aria Achmad dan Raden Aria Husein Djajadiningrat dikirim bersekolah di Prancis dan Belanda oleh orang tuanya pada awal tahun 1900-an. Hampir setengah dekade tinggal di Eropa, keduanya pulang dengan membawa pengetahuan barat yang sangat baik.

Aria Achmad kemudian menjadi bupati Batavia dan anggota volksraad (Dewan Rakyat). Sementara Husein Djajadiningrat memperoleh gelar doktor dalam bidang sastra dan menjadi salah satu intelektual penting dalam ilmu Sosial di Indonesia.

Sekitar tahun 1939-1940, bupati Ciamis, Kangjeng Raden Tumenggung Aria Sunarja, mendapat hadiah dari pemerintah Hindia Belanda berupa tiket kunjungan ke Eropa. Dia bersama istri dan seorang anaknya difasilitasi penuh untuk tinggal di sana. Negara-negara yang dikunjungi sang bupati, di antaranya Belanda, Prancis, Austria, Italia, dan Jerman.

"Hadiah itu diberikan untuk menghargai jasa-jasanya karena telah membantu pemerintah kolonial di wilayah Ciamis dan sekitarnya" tulis irawati

Sekembalinya dari Eropa, Aria Sunarja mulai mengadopsi beberapa bentuk kebaratan dalam kebudayaan lokal di wilayahnya. Seperti telihat pada pernikahan Rd. Sadiah Soenarya (putri bupati Ciamis) dengan Rd. Mohammad Hasan Kartadikusumah (putra jaksa Sukabumi) tahun 1938.

Saat itu pengantin pria menggunakan pakaian model takwa senting yang dibuka bagian depannya, dan dipadukan dengan model ves barat kerah tinggi berwarna putih di dalamnya. Pakaian itu dilengkapi dasi kupu-kupu putih, ditambah sapu tangan dan bunga anggrek di dada kiri khas masyarakat Barat.

Tidak berbeda jauh, pengantin wanita pun memakai beberapa aksesoris barat yang dipadukan dengan adat lokal. Pakaiannya tetap menggunakan kebaya tetapi hiasan di kepalanya menggunakan diadem (mahkota berlian) dengan tambahan sluier (kain tipis) di atasnya.

Baca juga: Raden Saleh "Pulang Kampung"

 

TAG

Priyayi Raden-Saleh

ARTIKEL TERKAIT

Mata Hari di Jawa Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung Genderuwo yang Suka Menakut-nakuti Maqluba Tak Sekadar Hidangan Khas Palestina Eric Carmen dan "All By Myself" Warrior, Prahara di Pecinan Rasa Bruce Lee Yusman Sang Maestro Patung dari Pasaman Menengok Tradisi Sadran di Dua Desa Exhuma dan Sisi Lain Pendudukan Jepang di Korea