Masuk Daftar
My Getplus

Kebrutalan Pertempuran Surabaya

Salah satu episode sejarah paling heroik, mencekam dan brutal bagi orang-orang Inggris dan Indonesia pasca Perang Dunia II.

Oleh: Hendi Johari | 29 Des 2020
Dua serdadu Inggris menghindari incaran pemenembak runduk pejuang Indonesia di Surabaya (IWM)

Dalam Perang Dunia II, pasukan kavaleri Inggris dan Amerika Serikat (AS) menurunkan M4 Sherman di setiap palagan. Tank berwujud raksasa itu terbukti memang sukses memenangkan berbagai pertempuran terutama saat pihak Sekutu berhadapan dengan Jerman di palagan Afrika dan Eropa.

Kegaharan Sherman dilukiskan secara ciamik dalam film Fury (2014) yang dibintangi oleh aktor kawakan Brad Pitt. Di film tersebut dikisahkan bagaimana Sherman dapat mengatatasi Tiger I, tank milik militer Jerman yang disebut-sebut memiliki tingkat kecanggihan luar biasa di zamannya.

Baca juga: 

Advertising
Advertising

Neraka Hitler

 

Namun tidak selamanya kisah Sherman adalah melulu kisah tentang kejayaan. Di palagan Surabaya, banyak Sherman dan para awaknya justru menjadi bulan-bulanan para pejuang Indonesia.

“Serangan nekat pasukan bunuh diri pejuang Indonesia yang hanya menggunakan granat di tangan banyak meluluhlantakan tank-tank raksasa milik Inggris itu,” ungkap sejarawan Moehkardi.

Pernyataan Moehkardi tentu saja bukan isapan jempol semata. Des Alwi, pelaku Pertempuran Surabaya, mengisahkan bagaimana mulai 10 November 1945 para pelaku bom bunuh diri mulai berkeliaran di seluruh wilayah palagan. Menjelang tengah malam, mereka yang terdiri dari anak-anak muda fanatik dan hanya bersenjatakan granat melakukan penyergapan massal terhadap tank-tank Inggris yang mulai keluar dari sarangnya.

“Mereka ramai-ramai menaiki tank-tank tersebut, membuka kanopi-nya dan langsung menerjunkan diri masuk ke dalam tank: meledakan seluruh isinya, termasuk diri mereka,” ungkap Des Alwi dalam Pertempuran Surabaya November 1945.

Sementara itu guna membungkam artileri para pejuang Indonesia yang terus menyalak, para serdadu Inggris membakar sekaligus membombardir sejumlah perkampungan penduduk yang padat seperti terjadi di Pengapon, Pasar Turi, Kapasan, Semoet, Djagalan, Paneleh, Pasar Kembang, Tamarind Laan, Pasar Besar, Kebalen dan beberapa kampung lainnya.

Baca juga: 

Detik-Detik Menjelang Surabaya Dibombardir

 

“Ratusan jasad yang terdiri dari manusia dan binatang seperti kambing, kerbau, sapi, kucing dan anjing bergelimpangan tanpa nyawa di jalanan,” kisah veteran Pertempuran Surabaya Letnan Kolonel (Purn) Moekajat kepada saya pada 2010.

Praktis gang-gang di perkampungan itu musnah. Penduduknya yang masih hidup kocar-kacir sambil berusaha menyelamatkan nyawa mereka tanpa bisa membawa harta secuil pun.

Saksi lain, Suhario Padmodiwiryo alias Hario Kecik mengenang bagaimana saat dia dan pasukannya menghindari tembakan-tembakan artileri Inggris, di jalan menuju Bioskop Flora dia berpapasan dengan dua perempuan dan seorang lelaki tua.

“Semula saya kira pria itu menggendong bayi, ternyata yang dipegang adalah ususnya yang keluar dari perut. Melihat pemandangan itu, salah seorang pejuang yang mengikuti saya muntah,” kenang Hario Kecik dalam otobiografinya, Memoar Hario Kecik: Autobiografi Seorang Mahasiswa Prajurit.

Baca juga: 

Dilema Mallaby

 

Selain duel artileri, tidak jarang terjadi perkelahian brutal satu lawan satu di tengah gang, jalanan dan bahkan di balik reruntuhan bangunan. Hario ingat beberapa hari sebelum meletus Peristiwa 10 November 1945, dia pernah tak berdaya mencegah gerombolan massa mengambil puluhan serdadu Inggris yang menyerah dari tangan pasukannya. Secara brutal, seluruh prajurit Inggris itu disembelih dan dipenggal di atas sebuah jembatan tua.

“Seorang yang berbadan kecil maju ke arah saya, dan dengan wajah merah dan suara serak meminta agar saya meminjamkan pedang. Tampak senyuman sadis pada wajahnya. Tangannya memegang pedang berlumuran darah. Pedang itu bengkok, mungkin karena kualitas bajanya yang rendah dan tidak tahan untuk memotong tulang,” tutur Hario Kecik.

Des juga masih ingat bagaimana sekumpulan serdadu Inggris yang mungkin beragama Islam terkepung oleh para pejuang Indonesia. Secara histeris dan panik mereka berteriak-teriak “Allahu Akbar”. Namun massa yang marah dan mengira mereka meneriakan takbir hanya untuk mencari selamat, tak lagi peduli: semua terbantai hanya dalam sekejap.

Pertempuran Surabaya memang merupakan salah satu episode paling heroik, mencekam sekaligus brutal dalam sejarah pasca Perang Dunia II. Akibat Inggris bersikeras untuk tetap setia kepada Perjanjian Potsdam, di ujung Desember 1945 mereka harus kehilangan sekira 1.500 serdadu-nya (termasuk di dalamnya dua perwira terkemuka berpangkat brigadir). Jumlah orang Indonesia yang gugur dalam peristiwa itu sendiri diperkirakan berjumlah sekira 16.000 jiwa.

Baca juga: 

Gubernur Soerjo di Palagan Surabaya

 

TAG

pertempuran surabaya inggris

ARTIKEL TERKAIT

Perang Tiga Abad tanpa Pertumpahan Darah Ada Rolls-Royce di Medan Laga Rolls-Royce Punya Cerita Seputar Deklarasi Balfour Pangeran William, Putri Diana, dan Palestina Pasukan Jepang Merebut Kuala Lumpur di Musim Durian Ingar-Bingar Boxing Day Ketika Pangeran Inggris Jadi Korban Pencurian Sinterklas Terjun hingga Tumbang di Stadion Polusi Membunuhmu