Masuk Daftar
My Getplus

Yuri Gagarin Pahlawan Indonesia

Bagaimana apresiasi Indonesia terhadap prestasi kosmonot Yuri Gagarin?

Oleh: Rahadian Rundjan | 09 Mar 2017
Yuri Gagarin, Nikita Khrushchev, Sukarno, dan Leonid Brezhnev di Kremlin, Moscow, Uni Soviet, Juni 1961.

Yuri Gagarin (1934-1968) adalah kosmonot Uni Soviet. Pada 12 April 1961, dia berangkat ke luar angkasa menggunakan wahana Vostok 1 dan berhasil menjadi manusia pertama yang mencapai luar angkasa. Sepulangnya ke bumi, Gagarin disanjung layaknya pahlawan seluruh umat manusia.

Di Indonesia, keberhasilan Gagarin juga disambut meriah. Saat lawatannya ke Moskow pada Juni 1961, Presiden Sukarno menasbihkan Gagarin sebagai pahlawan bangsa Indonesia.

“Pada kesempatan inilah, Gagarin dianugerahi Bintang Mahaputra, penghargaan dari Indonesia yang paling prestisius, oleh Sukarno,” ujar Alexander A. Ivanov, dutabesar Rusia untuk Indonesia, dalam acara perayaan 50 tahun keberhasilan Gagarin ke luar angkasa tahun 2011.

Advertising
Advertising

Sebuah wisma di kota Bogor juga diberikan sebagai hadiah untuk Gagarin, yang kini difungsikan sebagai wisma Kedutaan Besar Rusia.

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Polonia, Tanah Tuan Kebun Polandia di Medan PlayStation dan Nostalgia Mainan Anak-anak 1990-an Leon Salim Bocah Pergerakan Nasional Epos Majapahit Lebih Seru dari Game of Thrones Empat Tokoh Kristen Terkemuka dalam Sejarah Indonesia Kaum Papa Tionghoa dari Benteng Tangerang Pernyataan Tidak Anti-Republik hingga Penangkapan Amir Sjarifuddin Kelakar Gus Dur dan Benny Moerdani Tentang Israel DPA Bukan Dewan Pensiunan Agung Pekerjaan yang Dilakukan Anak-Anak di Masa Lalu