Masuk Daftar
My Getplus

Anggota Pengawal Presiden Bunuh Diri

Tak bisa memberikan baju kepada istrinya, anggota pengawal presiden bunuh diri.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 24 Mar 2019
Anggota Polisi Pengawal Presiden dan Wakil Presiden tahun 1952. (Repro Kesaksian tentang Bung Karno 1945-1967).

Ketika pemerintahan pindah ke Yogyakarta pada Januari 1946, Sukarno-Hatta mendapat pengawalan dari anggota polisi yang dipimpin oleh Mangil Martowidjojo. Mereka bertugas di dalam gedung Istana Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan di luar dijaga oleh Polisi Tentara Angkatan Darat (kini, Polisi Militer).

Suatu hari di tahun 1947. Paiman, satu-satunya anggota pengawal, yang sudah menikah. Dia dan Prihatin berjaga di rumah Bung Hatta, di sebelah Istana Presiden, dari pukul 14.00 sampai 22.00.

Prihatin melihat ada yang tak beres dengan Paiman karena merokok terus-menerus tanpa henti. Malahan rokok belum habis, Paiman sudah menyalakan lagi rokok yang baru dan mengisapnya.

Advertising
Advertising

Paiman kemudian pamit kepada Prihatin mau mengontrol bagian belakang rumah Bung Hatta. Tak lama kemudian, Prihatin mendengar dua kali letusan senjata api. Prihatin lari menuju Paiman yang sudah roboh sambil meraung-raung kesakitan dan minta air.

Baca juga: Kisah Seorang Pengawal Sukarno

Prihatin segera melapor kepada komandannya, Mangil yang tengah tiduran di bangku panjang di depan serambi asrama di Istana bagian belakang. “Paiman bunuh diri di halaman belakang rumah Bung Hatta,” kata Prihatin. Mangil dan Prihatin lari menuju tempat kejadian.

Prihatin dan seorang sersan mayor Polisi Tentara yang bertugas di Istana Presiden, segera membawa Paiman ke Rumah Sakit Petronela di Kota Baru. Namun, nyawa Paiman tak tertolong. Dia mengakhiri hidupnya dengan senapan panjang yang dibawanya bersama senjata pendek revolver.

Jenazah Paiman dibawa ke asrama. Istri Paiman tidak langsung diberi tahu karena kamar Paiman dan kamar Sukarno berdekatan. Kalau istrinya menangis dan berteriak-teriak tentu akan mengganggu keluarga Sukarno. Pada pagi sekali, istri Paiman diberi tahu bahwa suaminya mati bunuh diri. Dan benar saja, dia menangis dan berteriak-teriak keras sekali.

Baca juga: Band Asal Bapak Senang Pengawal Sukarno

Mangil melaporkan kepada Sukarno mengenai kejadian bunuh diri anggota pengawalnya. Sukarno memerintahkan agar jenazahnya diurus dengan sebaik-baiknya. Jenazah Paiman diperiksa oleh Soeharto, dokter pribadi Sukarno, bersama Mangil.

“Dalam surat yang ditulis Paiman, dia mengungkapkan alasan bunuh dirinya karena tidak dapat memenuhi permintaan istrinya, yaitu minta baju. Memang waktu itu keadaan kami sedang menderita dan serba kekurangan,” kata Mangil dalam Kesaksian tentang Bung Karno 1945-1967. Namun mungkin saja ada masalah lain, selain permintaan baju, yang membuat Paiman mengakhiri hidupnya.

Mangil mengatakan waktu di Yogyakarta terasa sekali kekurangan pakaian karena blokade Belanda. Kadang-kadang mereka menunggu pakaian kering dijemur di dalam kamar mandi yang terbuka. Setelah pakaian kering, baru dipakai lagi, terutama pakaian dalam.

Baca juga: Ketabahan Seorang Istri Pengawal Sukarno

Pakaian dinas anggota pengawal pun tidak karuan lagi warnanya karena luntur dan pudar meskipun belum sampai robek. Pernah suatu kali pakaian seragam mereka dicelup di sebuah perusahaan ternama di Yogyakarta. Warna yang diminta, kuning emas. Namun, hasilnya warna hitam. Sehingga ketika mereka bersiap mengawal, Sukarno berkata kepada salah satu anggota, “kamu orang, seperti mau mengawal orang mati saja.”

Mangil kemudian meminta bantuan seragam kepada Kementerian Pertahanan dan Jawatan Kepolisian Negara Pusat di Purwokerto. Lumayan, mereka dapat pakaian dari bahan belacu yang gampang luntur warnanya.

TAG

Sukarno

ARTIKEL TERKAIT

Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Guyonan ala Bung Karno dan Menteri Achmadi Pejuang Tanah Karo Hendak Bebaskan Bung Karno Rencana Menghabisi Sukarno di Berastagi Supersemar Supersamar Yang Tersisa dari Saksi Bisu Romusha di Bayah Kemaritiman Era Sukarno Obrolan Tak Nyambung Sukarno dengan Eisenhower D.I. Pandjaitan Dimarahi Bung Karno Anak Presiden Main Band