Masuk Daftar
My Getplus

Kehangatan Bung Karno dan Keluarga Dalam Kamera

Melihat momen-momen kehangatan Bung Karno bersama keluargannya yang terekam dalam fotografi.

Oleh: Fernando Randy | 28 Jun 2020
Bung Karno saat mengunjungi Disneyland bersama putranya Guntur. ( Foto : Wikimedia Commons )

Indonesia ibarat rumah besar bagi Sukarno. Dia membangunnya dengan pikiran, tindakan, dan pengorbanan. Ke sinilah waktu hidupnya dicurahkan. Jika Indonesia adalah rumah besar, maka keluarga menjadi rumah kecilnya. Ke sinilah dia selalu kembali, memperoleh kelapangan setelah sumpek dengan urusan bangsa. Foto-foto mengungkapnya.

Foto Keluarga Bung Karno. ( Foto : Wikimedia Commons )


Sukarno tak sungkan memperlihatkan ekspresi kecintaannya pada keluarga. Dalam sebuah foto, misalnya, Sukarno tampak mencium pipi anak anaknya di depan umum. Penuh cinta dan kehangatan. Dia tahu fotografer memotretnya, tapi membiarkannya.

Momen saat Bung Karno mencium anak-anaknya. ( Foto : Wikimedia Commons )
Bung Karno saat mencium salah satu anaknya Megawati.( Foto : Wikimedia Commons )

Pada lain kesempatan, Sukarno terlihat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berjoget. Tampak salah satu putri mereka, Megawati Soekarno Putri, sosok yang kelak mengikuti jejak beliau menjadi Presiden Indonesia.

Advertising
Advertising
Bung Karno tampak berjoget bersama Megawati. ( Foto : Wikimedia Commons )
Bung Karno tampak tersenyum saat berfoto bersama anak dan istrinya. ( Foto : Wikimedia Commons )

Ketika kunjungan kenegaraan ke luar negeri, terekam pula bagaimana Sukarno tidak lupa berbahagia bersama keluarnya. Dalam kamera yang ketika itu masih analog dan belum digital, dia terekam bersama Guntur Soekarno Putra sedang menaiki salah satu wahana di Disneyland, Amerika Serikat. Mereka tampak ceria.

 

Bung Karno saat mengunjungi Disneyland bersama Guntur. ( Foto : Wikimedia Commons )
Bung Karno dan Megawati. ( Foto : Wikimedia Commons )

Tentang anak-anak, Bung Karno punya gagasan yang hampir mirip dengan pandangan orang Indonesia masa lampau : banyak anak, banyak rezeki. Ini tertuang dalam otobiografinya Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat. Di situ Sukarno mengenang obrolannya dengan salah satu istrinya, Fatmawati yang dinikahinya saat Sukarno diasingkan di Bengkulu. Saat mereka sedang berjalan bersama, Sukarno berkata, “Saya menyukai perempuan yang merasa berbahagia dengan anak banyak. Saya sangan mencintai anak-anak.” Fatmawati pun menjawab singkat, tapi penuh makna. “Saya Juga.”

Bung Karno bersama anak dan istrinya saat terekam oleh kamera fotografi. ( Foto : Wikimedia Commons )
Sarapan ala Bung Karno dan Bu Fatmawati. ( Foto : Wikimedia Commons )

Kelak Sukarno memperoleh lima anak dari perempuan yang juga akrab disapa Bu Fat tersebut. Mereka adalah, Guntur, Megawati, Rachmawati ,Sukmawati, dan Guruh. Semuanya pernah terekam kamera menikmati waktu dengan penuh kehangatan. Fotografi sekali lagi berhasil memainkan perannya, menangkap sisi-sisi kemanusiaan yang jarang terungkap

Bung Karno bersepeda bersama Fatmawati di India. ( Foto : geheugen.delpher/Charles Breijer )

 

TAG

sukarno bulanbungkarno sejarah indonesia tokoh-proklamator sejarah-tokoh soekarno foto

ARTIKEL TERKAIT

Sri Nasti Mencoba Melepas Trauma 1965 dengan Suara Pesona dari Desa Penglipuran Hartini Dihina, Sukarno Murka Menelusuri Jejak Chairil Anwar di Ibukota Para Menteri Hobi Fotografi Sukarno Ditembak Pistol FN di Istana Blok M Mal Dulu Hiruk Pikuk Kini Mati Suri Ratu Elizabeth II Mengundang Bung Karno Ke London Kenaikan Harga BBM Masa Sukarno Ketika Perayaan HUT RI Marak Lagi di Jakarta