Masuk Daftar
My Getplus

Menakar Sejarah Timbangan

Keseimbangan adalah kunci dalam dunia perdagangan dan ilmu pengetahuan.

Oleh: Aryono | 04 Mei 2022
Mitologi Mesir kuno timbangan jiwa manusia. (quora.com).

Menurut kepercayaan Mesir kuno, setelah mati, manusia akan ditimbang hatinya untuk menentukan masuk surga atau neraka. Dalam papirus Hunefer di era Mesir kuno, sekira 1275 SM, dilukiskan jantung seorang manusia ditimbang di hadapan dewi keadilan Maat yang membawa bulu kebenaran. Jika berat jantung lebih ringan atau sama berat dengan bulu Maat, pertanda almarhum menjalani kehidupan yang saleh dan berhak masuk surga. Papirus itu juga menggambarkan sebuah timbangan dengan dua lengan beban dan sebuah titik tumpu di tengahnya.

Seiring perkembangan peradaban, sukatan atau timbangan menjadi bagian tak terpisahkan dalam aktivitas ekonomi. Setiap wilayah memiliki model timbangan masing-masing; begitu pula satuan ukurannya. Ia mengalami perubahan seiring waktu.

Struktur Timbangan

Ada dua model yang dominan dalam perkembangan timbangan: model timbangan gantung dan dacin. Keduanya mengandalkan prinsip tuas untuk mendapatkan keseimbangan antara beban dan penanda nilai bobot yang ditimbang. Kemunculan timbangan elektrik tak menggusur keduanya.

Advertising
Advertising

+ 5000 SM Mesir kuno dan Babylonia sudah menggunakan timbangan sederhana terbuat dari kayu. Ia menjadi dasar dari semua timbangan model tuas.

+ 400 SM Kekaisaran Rusia sudah menggunakan timbangan Bismar. Di Rusia ia disebut Bezmen. Kendati kurang akurat, penggunaannya meluas ke Eropa.

Baca juga: Asal-Usul Waktu

+ 200 SM Romawi kuno menggunakan timbangan dacin yang disebut statera. Terbuat dari perunggu, ia lebih akurat.

322-185 SM Dinasti Maurya di India memiliki timbangan yang disebut vyavaharika dengan satuan berat palas. Mereka punya seorang pejabat tinggi yang disebut Pautavadhyaksa untuk menangani ketelitian timbangan dan ukuran barang.

1669 Gilles Personne de Roberval, matematikawan Prancis, mengembangkan timbangan dengan dua lengan dan enam titik poros, yang berfungsi agar piring timbangan tetap mendatar.

Baca juga: Asal-Usul Setrika

1698 Christof Weigel dari Jerman membuat timbangan model pegas.

1763 Philipp Matthäus Hahn dari Jerman mengembangkan timbangan pendulum.

1770 Richard Salter dari Inggris mengembangkan timbangan model pegas.

+ 1940 Timbangan elektrik mulai berkembang di Amerika Serikat.

Satuan Berat

Selain timbangan, setiap mengukur sesuatu perlu adanya satuan pengukurnya. Romawi kuno memperkenalkan libra pondo sebagai istilah pengukuran berat; libra merujuk pada timbangan dan pondo mengacu pada berat. Pondo di era modern menjadi pound (lb). Inggris dan Belanda termasuk negara yang menggunakan pound.

Satuan Unit Internasional

1668 Royal Society, perkumpulan ilmuwan di Inggris, menerbitkan tulisan John Wilkins berjudul “An Essay Towards a Real Character and a Philosophical Language” yang menyinggung pentingnya ukuran universal.

1799 Satuan unit meter dan kilogram mulai diperkenalkan di Prancis –kelak jadi dasar decimal pada Sistem Metrik Internasional.

Baca juga: Asal-Usul Sunat

1875 Sebanyak 17 negara menandatangani Konvensi Meter (la Convention du Metre), sebuah perjanjian internasional yang bertujuan mencari dan menyeragamkan satuan ukuran dan timbangan.

1889 Konferensi Umum untuk Ukuran dan Timbangan (la Conference Generale des Poids et Mesures) yang dihelat di Prancis menetapkan ukuran meter, kilogram, dan detik –kemudian disebut dengan sistem CGS atau centi-gram-second system.

Penerapan di Indonesia

Sebagai koloni Belanda, Hindia Belanda mengikuti sistem satuan dalam ukuran, takaran, timbangan, dan perlengkapannya di negara induk. Satuan berat tradisional masih dipakai penduduk Hindia Belanda seperti tail (setara 38 gram), kati (750 gram), bantal (15 kilogram), dan pikul (75 kilogram).

1816 Belanda menggunakan Sistem Metrik Internasional dengan modifikasi seperti 1 pond = 1 kilogram, 1 ons = 100 gram, dan 1 mijl = 1 kilometer –disebut sistem metrik Belanda. Empat tahun sesudahnya, aturan ini mulai diajarkan di sekolah-sekolah Hindia Belanda.

Baca juga: Asal-Usul Alat Tulis

1937 Sistem Metrik di Belanda berubah melalui Ijk-wet 1937 di mana satuan imperial seperti ons, pond, dan mijl dilarang pengunaannya secara formal. Perubahan ini diperkenalkan di Hindia Belanda setahun kemudian beserta pelarangan satuan sistem tradisional.

1960 Indonesia menggabungkan diri dengan Konvensi Meter.

1981 Terbit UU No 2/1981 tentang Metrologi Legal, yang mengatur alat-alat ukur, takaran, timbangan, dan perlengkapannya sesuai sistem internasional, termasuk penggunaan kilogram untuk satuan dasar besaran massa.

Sumber: A Chronological History of the Modern Metric System oleh Pat Naughtin, Basic Weighing and Measuring Principle oleh Gary Castro; Scales and Balances: A Guide to Collecting oleh John Thomas Graham.

TAG

timbangan

ARTIKEL TERKAIT

Asal-Usul Mesin Pendingin Asal-Usul Pistol Pertama Kali Manusia Memakai Narkoba Asal-Usul Saus Tomat Mumi-mumi Tertua yang Terjadi Secara Alami Peradaban dari Jamban ke Jamban Membuat Roti, Kemampuan Dasar dalam Sejarah Manusia Apakah Naga Benar-Benar Ada? Naluri Mengubur Mayat Ketakutan pada Kebotakan