Masuk Daftar
My Getplus

Kolam Renang Pertama di Indonesia

Di manakah kolam renang pertama di Indonesia dibangun?

Oleh: Rahadian Rundjan | 13 Mar 2017
Kolam renang Tjihampelas di Bandung, 1930-1935. Foto: Tropenmuseum.

Di Bandung, tepatnya di Cihampelas Kota Bandung. Kolam renang Tjihampelas awalnya merupakan sebuah kolam ikan milik nyonya Homann, istri dari pemilik hotel Savoy Homann, tuan Homann.

Tjihampelas dibangun pada 1902 untuk melayani tamu-tamu hotel, dan termasuk lengkap pada masanya dengan 3 buah kolam yang berstandar internasional. Di masa jayanya, Tjihampelas sempat menjadi tempat berlatih perkumpulan renang Bandung (Bandoengse Zwem Bond).

Di masa kemerdekaan, dari Tjihampelas lahir banyak atlet renang lokal yang mengharumkan nama Jawa Barat baik dalam skala lokal maupun internasional. Tjihampelas sempat terbengkalai dan sebelum akhirnya dibongkar dan di tempatnya sekarang kini berdiri hunian apartemen.

Advertising
Advertising

TAG

ARTIKEL TERKAIT

Mata Hari di Jawa Menjegal Multatuli Nobar Film Terlarang di Rangkasbitung Problematika Hak Veto PBB dan Kritik Bung Karno Ibu dan Kakek Jenifer Jill Tur di Kawasan Menteng Daripada Soeharto, Ramadhan Pilih Anak Roket Rusia-Amerika Menembus Bintang-Bintang Guyonan ala Bung Karno dan Menteri Achmadi Pieter Sambo Om Ferdy Sambo