Masuk Daftar
My Getplus

Melawan Belanda dengan Renang di Kolam Renang Manggarai

Belanda melarang pribumi dan anjing masuk kolam renang Manggarai. Tokoh olahraga Indonesia, M.F. Siregar melawan dengan mendobrak dan mengadakan lomba renang.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 21 Okt 2024
Kolam renang Manggarai, Jakarta, tahun 1946/1947. (C.J. Taillie/Wereldmuseum Amsterdam).

MELAWAN Belanda bisa tanpa senjata. Itulah yang dilakukan Mangombar Ferdinand Siregar, tokoh olahraga Indonesia, yang sejak kecil suka olahraga renang. Sepulang sekolah, ia dan teman-temannya dari kawasan Menteng Pulo biasa “balap renang” di kali Banjir Kanal atau Kali Keroncong, Manggarai, Jakarta.

Kegemaran olahraga renang kemudian menjadi hobi yang ditekuni dengan serius. Pada 1948 ketika masih di SMA Siregar menjadi pengurus perkumpulan renang. Ia juga ikut mendirikan perkumpulan renang Tirta Kencana di kolam renang Manggarai.

Pada zaman Belanda, kolam renang Manggarai hanya khusus orang-orang Belanda dan Eropa, pribumi dan anjing dilarang masuk ke sana. “Saya didorong, dipanas-panasi oleh teman-teman untuk masuk, dan akhirnya saya berhasil dobrak,” kata M.F. Siregar dalam majalah Tempo, 12 Oktober 2008.

Advertising
Advertising

Persinggungan dengan warga Belanda yang tidak pernah keras di masa kecil mulai berubah ketika Siregar menginjak usia remaja. Tak hanya mendobrak, pada Desember 1948 Siregar juga dengan berani menyelenggarakan pertandingan renang di kolam renang Manggarai.

Baca juga: 

M.F. Siregar, Teknokrat Olahraga dalam Riwayat (Bagian I)

M.F. Siregar saat menjadi komandan CPM Pelajar. (Dok. M.F. Siregar).

Baca juga: 

Sejarah Kolam Renang Pertama di Indonesia

“Pada usia 20 tahun saya dan kawan-kawan melakukan pemberontakan tanpa senjata di kolam renang Manggarai di mana dipasang papan larangan yang berbunyi verboden voor inlanders/honden yang artinya terlarang bagi pribumi/anjing. Kami justru mengadakan lomba renang di sana. Itulah awal saya kemudian terlibat secara mendalam di bidang olahraga,” kata M.F. Siregar dalam Guru-guru Keluhuran.

Menurut Brigitta Isworo Laksmi dan Primastuti Handayani dalam biografi M.F. Siregar, Matahari Olahraga Indonesia, Siregar menjadi orang Indonesia pertama yang menyelenggarakan pertandingan di kolam renang Manggarai dan merangkap sebagai peserta pada nomor 50 meter gaya punggung. Saat itu modalnya hanya nekat. Boleh dibilang Siregar ketika itu menantang penguasa Belanda. Maklum, meski Indonesia sudah merdeka namun Belanda masih berkuasa.

Di kolam renang Manggarai saat itu terpampang pengumuman yang melarang pribumi menggunakan kolam renang. “Namun, Siregar malah menyelenggarakan kegiatan bagi pribumi di tempat itu,” tulis Brigitta dan Primastuti.

“Saya juga ikut bertanding di nomor gaya punggung, tapi tidak menang,” kata Siregar dalam Tempo.

Baca juga: 

MF Siregar, Sang Teknokrat Olahraga

M.F. Siregar dengan piagam dan medali penggargaan dari International Olympic Committee. (Dok. M.F. Siregar).

Baca juga: 

M.F. Siregar, Teknokrat Olahraga dalam Riwayat (Bagian II – Habis)

Siregar tak hanya melawan Belanda dengan renang, ia juga berurusan dengan senjata. Di Jakarta, ia sering menginap di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Cokroaminoto, Jakarta Pusat (dulu Jalan Jawa Nomor 28).

“Markas PMI ini sebetulnya cuma kamuflase. Kami gunakan tak hanya untuk menyelundupkan obat, tapi juga senjata, ke pedalaman. Senjata-senjata itu saya peroleh dari teman di Pejambon, Batalion 10, Jakarta Pusat. Saya ikut menyelundupkan senjata ke Yogyakarta menggunakan kereta. Kalau ada razia tentara Belanda, saya tunjukkan kartu pelajar, dan mengatakan saya bersekolah di Yogyakarta,” kata Siregar dalam Tempo.

Siregar kemudian pergi ke Bandung. Ketika ia melanjutkan sekolah di SMA, ia bergabung dengan tentara yang terdiri atas anak-anak SMP dan SMA. Karena mampu berbahasa Belanda, ia dimasukkan ke CPM (Corps Polisi Militer), yang tugasnya banyak berkaitan dengan Belanda.

Siregar menjadi komandan CPM Pelajar dan anak buahnya para pelajar SMP. “Sebagai komandan, saya memegang pistol dan bren,” kata Siregar.

Pasukan Siregar masuk dalam CPM Batalion III Divisi Siliwangi di bawah komando Mayor Rusli. Ia pernah bertugas di Bandung, Subang, Tasikmalaya, Garut, Cibadak, Serang, dan Pandeglang. Setelah tahun 1950, para pelajar disuruh memilih: sekolah atau bekerja. “Saya pilih sekolah,” kata Siregar.*

TAG

renang mf siregar

ARTIKEL TERKAIT

Ode untuk Legenda Renang Lukman Niode Sejarah Kolam Renang Pertama di Indonesia Alkisah Niki Lauda Juara F1 Bermodal Setengah Poin Geliat Tim Naga di Panggung Sepakbola Kompak Unjuk Aksi Solidaritas HAM di Podium Olimpiade Mula Bahrain Mengenal Sepakbola Enam Momen Pemain jadi Kiper Dadakan Kiprah Tionghoa dalam Tinju dan Wushu Memori Manis Johan Neeskens Demonstrasi Menolak Olimpiade Berujung Pembantaian