Masuk Daftar
My Getplus

Cara Raja Kretek Mempromosikan Rokoknya

Raja kretek Nitisemito mempromosikan rokoknya mulai dari menukar bungkus rokok dengan hadiah hingga menyebarkan pamflet menggunakan pesawat terbang.

Oleh: Amanda Rachmadita | 29 Jan 2023
Bus perusahaan rokok Bal Tiga yang membawa berbagai hadiah. (Repro Mark_Hanusz, Kretek The Culture and Heritage of Indonesias Clove Cigarettes).

Perkembangan teknologi yang kian canggih memudahkan perusahaan untuk mempromosikan produknya, tak terkecuali perusahaan rokok. Baliho hingga televisi jadi andalan perusahaan rokok untuk mengiklankan rokoknya.

Guna menarik perhatian publik, iklan rokok diproduksi dengan tema maupun cerita yang menarik, seperti iklan bersambung hingga iklan bermuatan isu aktual dan kritik sosial. Ada pula iklan rokok yang menampilkan model pria dengan hobi dan petualangan.

Promosi besar-besaran tak hanya dilakukan perusahaan rokok masa kini. Pada abad ke-20, perusahaan rokok milik raja kretek Nitisemito merek Bal Tiga di Kudus, Jawa Tengah melancarkan pemasaran dengan cara unik dan menarik.

Advertising
Advertising

Baca juga: Kisah Nitisemito, Anak Lurah Jadi Raja Kretek

Menurut Alex S. Nitisemito dalam Raja Kretek Nitisemito, promosi dengan cara tak biasa telah dilakukan kakeknya sejak tahun 1930. Cara promosi yang berbeda dari perusahaan-perusahaan lainnya itu pun terbilang sukses menarik perhatian publik.

Salah satu promosi yang digalakkan adalah pada setiap pembungkus rokok Bal Tiga di belakangnya ada keterangan agar setiap pembungkus disimpan dan bila telah terkumpul sejumlah tertentu akan mendapatkan hadiah, mulai dari arloji, sepeda, jam tembok, hingga alat makan seperti piring, cangkir, dan set teh. Hadiah-hadiah itu bisa didapatkan setelah menukar pembungkus yang telah terkumpul pada tiap agen di setiap kota.

“Semua hadiah-hadiah tersebut bertuliskan merk/cap perusahaan rokok Bal Tiga Nitisemito, yang semuanya dibutkan di Jepang,” tulis Alex.

Sepeda hadiah dari perusahaan rokok Bal Tiga. (Repro Alex S. Nitisemito, Raja Kretek Nitisemito).

Guna menunjang promosi tersebut, perusahaan mengerahkan bus-bus berkeliling dari kota ke kota membawa barang-barang hadiah. Agar menarik perhatian, bus itu dibuat khusus dengan kaca-kaca lebar supaya hadiah yang digantungkan di dalam bus terlihat jelas dari luar. Selain sebagai media promosi, bus itu juga menerima penukaran hadiah.

Baca juga: Kisah di balik Rokok Kretek Agus Salim

Menurut Mark Hanusz dalam Kretek: The Culture and Heritage of Indonesia’s Clove Cigarettes, sistem promosi yang agresif ini digagas oleh Nitisemito, namun dipelopori oleh asistennya yang setia yakni M. Karmain. Pegawai lama Bal Tiga ini juga suami dari putri kedua Nitisemito, Nafiah yang dinikahinya pada 1912.

“Pada tahun 1918, Nitisemito menunjuk Karmain untuk bertanggung jawab atas sisi pemasaran dan promosi Bal Tiga dan meskipun Nitisemito tetap mengelola Bal Tiga, ia juga membuat Karmain bertanggung jawab atas jalannya perusahaan sehari-hari,” tulis Hanusz.

Stan perusahaan rokok Bal Tiga dalam pasar malam di Semarang. (Repro Alex S. Nitisemito, Raja Kretek Nitisemito).

Kegiatan promosi tak berhenti pada penukaran bungkus rokok dengan hadiah. Kios atau stan yang memasarkan rokok Bal Tiga juga selalu hadir dalam setiap festival dan pekan raya di Jawa Tengah. Pada stan tersebut, kata Alex, perusahaan rokok Bal Tiga selalu mengadakan undian-undian berhadiah menarik. Bahkan, pada momen-momen tertentu yang dihadiri banyak pengunjung, hadiahnya berupa mobil.

Untuk memenangkan hadiah tersebut, peserta diminta menebak isi toples yang di dalamnya terdapat sejumlah rokok yang disusun tidak teratur. Toples itu disegel dan setiap pengunjung yang membeli sebungkus rokok Bal Tiga boleh menebak isinya. “Pada penutupan keramaian tersebut siapa yang menebak paling tepat akan mendapatkan hadiah sebuah mobil sedan baru,” kata Alex.

Baca juga: Apakah Aidit Seorang Perokok?

Perusahaan rokok Bal Tiga juga memanfaatkan para penjual es keliling untuk promosi. Caranya dengan memasang logo atau merek perusahaan Bal Tiga di tong tempat menyimpan es krim. Perusahaan juga kerap menjadi sponsor sejumlah pertandingan olahraga seperti sepakbola, balap sepeda, dan maraton. Bahkan, perusahaan juga memiliki klub sepakbola sendiri.

Penjual es keliling dengan tong es krim ditempeli logo perusahaan rokok Bal Tiga. (Repro Mark Hanusz, Kretek The Culture and Heritage of Indonesias Clove Cigarettes).

Masih dalam rangka promosi, menurut Amen Budiman dan Onghokham dalam Hikayat Kretek, Nitisemito kerap mengorganisir penyelenggaraan pertunjukan sandiwara keliling yang dimanfaatkan untuk mempromosikan kretek hasil produksinya.

Rokok Bal Tiga menjadi tiket untuk menyaksikan pertunjukan. “Anda tidak perlu membayar untuk masuk,” tulis Hanusz. “Anda cukup datang dengan sejumlah bungkus Bal Tiga kosong yang diperlukan dan itu memungkinkan anda masuk ke pertunjukan.”

Baca juga: Rokok Kretek Rumahan Eksis di Tengah Krisis

Masih banyak cara lain yang dilakukan perusahaan Nitisemito untuk mempromosikan rokok Bal Tiga, seperti iklan di surat kabar dan majalah, papan reklame di pinggir jalan, hingga menyewa pesawat terbang untuk menyebarkan pamflet berhadiah.

Kreativitas dalam promosi membuat perusahaan rokok Bal Tiga menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia sebelum Perang Dunia II dan mengukuhkan Nitisemito sebagai raja kretek.*

TAG

rokok iklan

ARTIKEL TERKAIT

Gara-gara Iklan Pertunangan Palsu Awal Mula Biro Iklan Marketing Selebritas Dulu dan Kini Mula Iklan di Televisi Indonesia Padamnya Rokok Kretek Bal Tiga Nitisemito Upaya Raja Kretek Mengatasi Pemalsuan Rokoknya Kisah Anak Lurah Jadi Raja Kretek Rokok Kretek Rumahan Eksis di Tengah Krisis Rokok Kretek Agus Salim Apakah Aidit Seorang Perokok?