Masuk Daftar
My Getplus

Ketika Soekanto Menguji Rompi Sakti

Kisah menarik pengalaman Soekanto ketika menjadi polisi di lapangan

Oleh: Martin Sitompul | 18 Nov 2020
Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, kapolri yang pertama. (Betaria Sarulina/Historia.ID).

Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi tokoh pejuang yang memperoleh gelar pahlawan nasional tahun ini. Dia adalah kepala kepolisian Republik Indonesia yang pertama dan paling lama (1945—1959). Di bawah kepemimpinannya, kepolisian Indonesia mengalami masa keemasan. Karena kiprahnya dalam membangun dunia kepolisian negeri itulah Soekanto dinilai patut masuk dalam album pahlawan nasional.   

Soekanto merintis karier kepolisiannya sejak zaman kolonial Hindia Belanda. Berbagai kedinasan digeluti Soekanto. Dari bagian lalu lintas, dia dipindahkan ke bagian reserse, kemudian ke dinas intelijen polisi Hindia Belanda (Politiek Inlichtingen Diens/PID). Dari semua itu, Soekanto paling senang ketika bertugas sebagai Kepala Polisi Seksi IV bagian reserse, di Candi, Semarang. Periode itu berlangsung pada 1933—1934.

Baca juga: 

Advertising
Advertising

Era Soekanto, Era Emas Kepolisian Indonesia

Sekali waktu di tengah malam, Soekanto, mengadakan inspeksi. Berpakaian preman, Soekanto patroli di sekitar kantornya. Sekonyong-konyong dia menemukan komandan jaga, seorang inspektur berkebangsaan Belanda, sedang tidur terlelap. Soekanto memberinya pelajaran dengan merogoh saku sang inspektur dan mencolong pistolnya. Akibatnya, inspektur itu mendapatkan sanksi atas kelalaiannya dengan penurunan pangkat. Selama menjadi polisi, Soekanto memang dikenal disiplin tanpa ampun.

“Pak Kanto itu disiplin sekali orangnya, bahkan untuk hal-hal kecil seperti kebersihan dia teliti,” ujar Supardi (79 tahun), keponakan Soekanto kepada Historia.

Soekanto juga sering mengunjungi tempat-tempat rawan aksi kriminal. Dia menyamar seperti orang biasa: menggunakan baju dan celana hitam, sarung palekat, serta peci hitam. Tempat yang paling sering dikunjungi adalah lapangan Johar. Penyamarannya sangat rapi, dan sulit dikenal, termasuk oleh anggota polisi sekali pun.

Baca juga: 

Aksi Penyamaran Hoegeng

Salah satu operasi besar yang sukses ditanganinya adalah mengungkap kasus pembunuhan berencana. Pada suatu malam, saat tengah melakukan tugas rutin di di jalan raya menuju arah Gombel, Soekanto menerima laporan kejadian pembunuhan. Tanpa pikir panjang, Soekanto segera bergegas ke lokasi kejadian.  

Di tempat kejadian perkara, didapati seorang pria Belanda bernama Borg tewas sedangkan seorang perempuan dalam keadaan terikat. Anehnya, simpul tali yang melilit perempuan- yang kemudian diketahui istri-nya Borg-  itu longgar, seolah diikat sendiri. Istri Borg lantas dibawa ke markas Soekanto untuk dimintai keterangan. Darinya dan seorang saksi, diperoleh kesaksian bahwa Borg dibunuh oleh empat orang komplotan yang melarikan diri ke Pekalongan.

Soekanto memburu tersangka pembunuh ke Pekalongan. Berkordinasi dengan Kepala Kepolisian Pekalongan, Komisaris Polisi Klas I, Albergs, operasi penangkapan disusun. Dibantu informasi penduduk desa, rumah yang dicari segera dikepung. Seorang diciduk tanpa perlawanan menyusul kemudian rekannya yang lain. Mereka dimintai keterangan dan mengakui, bahwa sesungguhnya mereka dibayar oleh Ny. Borg untuk membunuh suaminya.

Baca juga: 

Rencana Pembunuhan Sukarno, Yani, dan Soebandrio

Ternyata motifnya adalah warisan. Tuan Borg telah menandatangani wasiat yang isinya akan melimpahkan seluruh harta kepada istrinya. Rupanya Nyonya Borg tidak sabaran menunggu kematian sang suami hingga menyewa beberapa orang pembunuh bayaran. Keberhasilan Soekanto membongkar kasus pembunuhan itu menorehkan prestasi baginya selama bertugas di Semarang.

“Atas keberhasilannya itu, Hoofd Commisaris memberikan penghargaan sebagai polisi yang cekatan dalam tugas,” tulis Ensiklopedi Kapolri: Jenderal Polisi R. Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Pada awal 1940, Soekanto dipindahkan ke Kalimantan untuk menjabat Kepala Polisi Banjarmasin. Soekanto juga merangkap jabatan sebagai Ajunct Technisch Leider der Veldpolitie (Wakil Pimpinan Teknis Polisi Lapangan) di Karesidenan Kalimantan Timur dan Selatan. Di Banjarmasin, Soekanto kembali menangangi kasus unik yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat setempat.

Baca juga: 

Mohammad Noor, Gubernur Pertama Kalimantan

Persoalan pertama yang yang dihadapi Soekanto kala bertugas di sana adalah adanya sekelompok orang yang meyakini rompi ajaib yang dapat menjadikan manusia kebal peluru. Soekanto menganggap itu penipuan. Timbul niatnya untuk membuktikan sejauh mana kekebalan rompi anti peluru itu.

Anak buahnya diperintahkan mengumpulkan rakyat sebanyak-banyaknya. Rompi sakti tersebut kemudian dikenakan terhadap seekor kambing. Soekanto kemudian membidik sang kambing dengan senapan panjang. Door! Si kambing rebah ke tanah, tergeletak, dan kemudian mati ditempat. Kejadian itu otomatis memupus kepercayaan masyarakat setempat akan rompi sakti yang tahan peluru. Dan selesailah kasus penipuan yang digelisahkan oleh Soekanto itu.    

 

 

TAG

soekanto pahlawan nasional sejarah-kepolisian

ARTIKEL TERKAIT

Pieter Sambo Om Ferdy Sambo Kapolri Pertama Itu Bernama Soekanto Soedarsono "Kudeta 3 Juli": Dari Komisaris ke Komisaris Lagi Aksi Semena-Mena Polisi Mengadili Polisi Brutal Era Soekanto, Era Emas Kepolisian Indonesia Kisah Penganiayaan oleh Polisi di Era 1970-an Lena Soekanto Mokoginta Pendiri Bhayangkari Kapolri Pertama dan Freemason Jenderal Polisi (Purn) Awaloedin Djamin: Soekanto Bapak Polisi Kita