Masuk Daftar
My Getplus

Kisah Moestopo, Penyandang Gelar Terbanyak

Sejak muda dia dikenal sebagai sosok yang nyentrik. Menyandang gelar yang panjang: mulai mayor jenderal hingga pengawal Pancasila.

Oleh: Hendi Johari | 15 Jun 2021
Moestopo (koleksi Moehkardi)

Megawati Sukarnoputri dianugerahi gelar sebagai profesor kehormatan oleh Fakultas Strategi Pertahanan jurusan Ilmu Pertahanan di bidang Kepemimpinan Strategis Universitas Pertahanan (Unhan) Jakarta pada 11 Juni 2021. Penganugerahan itu menjadi pelengkap 9 gelar doktor kehormatan (Doktor Honoris Causa) lainnya yang juga disandang ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Dengan pengukuhan itu, Megawati menjadi salah satu tokoh Indonesia yang menyandang gelar terbanyak. Namun jauh sebelumnya, ada seorang tokoh yang telah memiliki gelar lebih banyak yakni Moestopo. Dia tercatat setidaknya memiliki 18 gelar.

“Kalau kita meminta dia menulis namanya secara lengkap maka tanpa ragu-ragu dia akan menulis: Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan), Profesor, Doktor, OS, ORTH, OPDENT, PROSTH, PEDO/DHE/BIOL./PANC., Bapak Publistik Ilmu Komunikasi, Bapak Ilmu Kedokteran Gigi Indonesia, Bapal Ilmu Bedah Rahang Indonesia, Penyandang Maha Putera Utama dan Pengawal Pancasila,” tulis Pikiran Rakyat, 20 Februari 1986.

Advertising
Advertising

Baca juga: 

Moestopo Sang Jenderal Nyentrik

Lelaki kelahiran Ngadiluwih, Kediri pada 13 Juni 1913 tersebut memang sudah meniti karir sejak muda. Dalam usia 24 tahun, Moestopo sudah mendapatkan gelar sebagai dokter gigi dari Sekolah Kedokteran Gigi Surabaya. Karena kepintarannya, dia lantas diangkat sebagai asisten dari dokter gigi ternama di Surabaya saat itu yakni Prof. Dr. M. Knap.

“Jika dia pergi ke luar negeri, saya selalu disuruh menggantikannya, “ ujar Moestopo dalam sebuah buku kecil berjudul Memperingati 100 Hari Wafatnya Bapak Prof.Dr. Moestopo.

Tidak hanya melayani orang-orang kaya saja, Moestopo juga mendermakan keahliannya kepada orang-orang miskin. Setiap hari Minggu atau hari libur, Moestopo muda akan berangkat ke Gresik guna melakukan pelayanan umum di Alun-Alun kota Gresik.

Ketika balatentara Jepang berkuasa, Moestopo diangkat sebagai wakil kepala pada Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (Shikadaigaku Ikabu)  yang kala itu diketuai oleh Prof. Dr. Sjaaf. Justru di era itulah, Moestopo kemudian memiliki minat menjadi seorang militer. Pada 1944, dia kemudian memasuki Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

“Kawan-kawan se-angkatan Pak Moes di PETA antara lain Pak Gatot Soebroto dan Pak Dirman (Soedirman, Panglima Besar TNI pertama),” ungkap R. Muslich M, salah satu putra Moestopo.

Semasa dididik menjadi perwira PETA itulah Moestopo pernah menjadikan bambu runcing sebagai tema “disertasi-nya”. Di hadapan para perwira tinggi Jepang, eks pimpinan Pertempuran Surabaya itu berhasil mempertahankan karya tulisnya yang berjudul ‘Penggunaan Bambu Runcing yang Pucuknya Diberi Tahi Kuda Untuk People Defence dan Attack serta Biological War Fare’. Tidak hanya lulus dan menjadi yang terbaik, karyanya ini malah mendapatkan pujian setinggi langit dari militer Jepang saat itu.

Ketika pecah pertempuran melawan Inggris di Surabaya pada akhir Oktober 1945, sebagai komandan Badan Keaman Rakyat (BKR) Jawa Timur dia mendapuk dirinya sendiri sebagai Menteri Pertahanan RI ad interim sekaligus pemimpin revolusi di Jawa Timur. Soal itu sempat menjadi sebab pertengkaran mulut antara dirinya dengan Wakil Presiden Mochamad Hatta. Untunglah Presiden Sukarno cepat melerai dan “membebastugaskan” Moestopo untuk diangkat sebagai salah satu penasehat militernya.

Baca juga: 

Moestopo vs Hatta di Tengah Pertempuran Surabaya

Selama Perang Kemerdekaan (1946-1949), Moestopo terbilang aktif di berbagai palagan. Namanya dikenal harum di Yogyakarta dan Jawa Barat karena insiatif-nya membentuk Pasukan Terate (Tentara Rahasia Tertinggi) yang dia ambil dari lingkungan dunia hitam seperti kaum pencoleng, perampok dan pekerja seks komersial. Menurut almarhum Letnan Jenderal (Purn) Himawan Soetanto yang pernah menjadi anak buahnya, soal itu sempat mengegerkan Markas Besar Tentara (MBT) di Yogayakarta.

“Tapi ya gimana, semua orang tahu Pak Moes itu memang orangnya nyentrik. Jadi ya dimaklumi saja, apalagi saat itu lagi zaman darurat juga kan,” ujar mantan Panglima Kodam Siliwangi tersebut.

Ketika pihak Angkatan Perang RI pimpinan Kolonel A.H. Nasution bersebrangan dengan Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mochamad Hatta pada 17 Oktober 1952, Moestopo menempatkan dirinya di kubu Nasution.

“Dialah yang mengerahkan massa dari Tanjung Priok untuk berdemo ke Istana Negara,” ungkap Satya Graha, eks wartawan senior yang pernah menjadi anak buah Moestopo di Jawa Timur.

Baca juga: 

Barisan Wanita Pelatjoer, Penyebar Bakteri di Markas Tentara Belanda

 

Usai pensiun dari tentara, Moestopo lebih banyak menjalankan kehidupannya di dunia pendidikan. Pada 1961, dia kemudian mendirikan Universitas Moestopo Beragama. Embel-embel kata “beragama” itu ternyata memiliki makna tersendiri. Menurut Muslich, itu ditabalkan sebagai ciri kepribadian Moestopo yang selalu berupaya menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa atas dasar Ketuhanan Yang Maha Esa, dengan melaksanakan pola kehidupan kerukunan antar umat beragama.

“Bapak akan marah sekali jika ada mahasiswa-nya yang tidak melaksanakan perintah agamanya,” ujar Muslich.

Secara tegas, Moestopo juga mengharamkan mahasiswa didikannya untuk mengkonsumsi minuman keras dan narkoba, terlibat dalam tindakan kriminal, merongrong almamater dan terlibat dalam tindakan subversiv melawan negara. Bahkan secara khusus, Moestopo menyebut praktek-praktek dan prilaku seks yang tidak dia sukai.

“Jangan sekali-kali mahasiswa melakukan onani dan mahasiswi melakukan (praktek) lesbian, yang menyebabkan daya pemikiran dan penangkapan kuliah menjadi lemah,” ujarnya seperti terkutip dalam buku kecil memperingati 100 hari wafatnya.

Sebagai tokoh, Moestopo tentu saja banyak mendapatkan gelar kehormatan. Secara pribadi, sang jenderal eksentrik itu sangat menghargai gelar-gelar kehormatan yang ditabalkan kepadanya. Dalam berbagai kesempatan, dia kerap tanpa ragu menuliskannya secara lengkap 18 gelar itu. Bisa jadi jika ditambah gelar yang lain yang tak sempat dia tuliskan (seperti Pahlawan Nasional), Moestopo akan tercatat sebagai manusia yang memiliki gelar terpanjang sepanjang sejarah Indonesia.

TAG

moestopo

ARTIKEL TERKAIT

Kucing Malang Masa Perang Moestopo Usulkan Gelar Doktor Kehormatan untuk Soeharto Kisah Penculikan "Menteri Pertahanan RI" Ketika Brigadir Mallaby Bertemu dengan "Menteri Pertahanan RI" Moestopo vs Hatta di Tengah Pertempuran Surabaya Kisah Petempur Cilik dalam Revolusi Indonesia Bung Hatta dan Jenderal Ngaret Moestopo Sang Jenderal Nyentrik Daripada Soeharto, Ramadhan Pilih Anak Kisah Mata Hari Merah yang Bikin Repot Amerika