Masuk Daftar
My Getplus

Pekerja Seks dalam Pusaran Revolusi Indonesia

Semasa revolusi, para pekerja seks di Yogyakarta dan beberapa kota lain direkrut untuk berjuang. Jalan pintas untuk naik derajat.

Oleh: Nur Janti | 21 Sep 2018
Ilustrasi para pejuang era revolusi.

KEJARAN tentara Belanda dan bertebarannya mata-mata NICA di masa revolusi membuat Sukarno mencari cara untuk menghindari penangkapan. Dia akhirnya memutuskan untuk mengajak para pejabatnya masuk ke lokalisasi. Di sanalah mereka mengadakan rapat untuk menghindari endusan lawan.

Selain aman, lokalisasi merupakan sumber informasi akurat. “Pelacur adalah mata-mata yang paling baik di dunia,” kata Sukarno kepada Cindy Adams yang menuliskannya di Untold Story: Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Baca juga: Peran pekerja seks komersial dalam perjuangan kemerdekaan

Advertising
Advertising

Revolusi tak hanya menarik kalangan terpelajar atau pemuda-tentara untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pekerja seks, maling, dan rampok pun banyak yang terlibat. Perempuan pekerja seks yang berjuang umumnya bertugas mengumpulkan informasi dan menyabotase musuh.

Ide untuk mengikutsertakan perempuan pekerja seks dan para kriminil dalam perjuangan datang dari Mayor Jenderal dr. Moestopo ketika dicurhati Sultan Hamengku Buwono IX tentang membludaknya pengungsi di masa revolusi. Yogya menjadi penuh sesak, kumuh, dan dilanda krisis pangan. Situasi ruwet itu mengakibatkan kriminalitas meningkat.

Moestopo bepikir, daripada para kriminil itu menyusahkan sesama rakyat yang sedang berjuang, lebih baik diajak berjuang. Para copet, maling, rampok, dan pekerja seks di seluruh Yogyakarta lalu dikumpulkan dalam satu barisan bernama Barisan P. Beberapa kriminil dari Surabaya dan Gresik juga ikut direkrut.

Moestopo meminta bantuan tentara, salah satunya Kolonel TB Simatupang, untuk melatih para pejuang dari “dunia hitam” itu berdisplin dan melek ilmu dasar kemiliteran. Malam-malam, Moestopo mendatangi Simatupang untuk memintanya mengajar mereka dasar-dasar kemiliteran.

Namun, cara mengajar yang diminta Moestopo cukup aneh. Simatupang dibawa ke sebuah ruangan  agak gelap. Di ruangan itu, para perempuan muda sudah berdiri rapi dengan mata tertutup. “Saya tak bisa mengenali mereka,” kata Simatupang seperti dimuat Sinar Harapan, 30 September 1986.

Sekira 100 personil Barisan P lalu mengikuti Moestopo pindah ke Subang. Mostopo menamakan pasukan itu Terate (Tentara Rahasia Tertinggi), yang terbagi menjadi Barisan Maling (BM) dan Barisan Wanita Pelatjoer (BWP).

Baca juga: Manfaat dan mudarat merekrut para pelaku dunia hitam untuk melawan Belanda

Banyak perwira lain, seperti Kahar Muzakkar dan Zulkifli Lubis, juga punya Barisan P. “Saya sempat diminta melatih pasukan dari bekas kriminal Nusakambangan yang dibentuk Kahar,” ujar Kol. (Purn.) Maulwi Saelan kepada Historia. Seperti Maulwi, Kotot Sukardi juga pernah ditugaskan membawahi Barisan P di Yogyakarta.

Barisan P Kotot selain diajari dasar-dasar kemiliteran dan telik sandi juga dilatih menyanyikan lagu nasional dan menerima pendidikan kebangsaan. “Selain dilatih jadi mata-mata mereka juga mendapat pelatihan film dan drama. Setelah revolusi selesai, perempuan Barisan P ini diajak main film oleh Kotot Sukardi,” kata Galuh Ambar Sasi, penulis “Menjadi (Manusia) Indonesia” yang dimuat dalam buku Pluralisme dan Identitas  pada Historia.

Wilayah operasi Barisan P Kotot meliputi Malioboro, Kuncen, Kepatihan, alun-alun, Bong Suwung, dan sekitar Stasiun Tugu juga Lempuyangan. Para pekerja seks di Barisan P itu mengorek informasi lawan di atas ranjang saat melayani para pembeli jasa yang merupakan pribumi pro-Belanda. Para tentara hidung belang yang menjadi pelanggan mereka tak sadar kalau si perempuan terus menggali informasi darinya, mulai dari jalan tikus ke markas Belanda hingga rute pelarian.

Barisan P Kotot sejak awal hanya ditugaskan untuk jadi mata-mata. Sementara, BWP punya tugas lebih. “BWP itu memang sengaja dikerahkan untuk menghancurkan tentara musuh. Semacam psycho-war. Namun karena tidak ada kontrol, malah menularkan penyakit ke pejuang Indonesia sendiri, kayak senjata makan tuan,” kata Galuh.

Seringkali, para pelacur tak hanya mengumpulkan informasi tapi juga ikut membantu menyabotase musuh. Sementara, anggota Barisan P lain punya tugas masing-masing. Pengemis bertugas nguping pembicaraan musuh, pencopet ditugaskan mencopet orang kaya di pasar dan menggondol perlengkapan milik tentara Belanda, sementara perampok biasanya menyambangi rumah orang kaya untuk menggasak harta mereka untuk membiayai revolusi. Tindak-tanduk Barisan P ini, tulis Robert Cribb dalam Gejolak Revolusi di Indonesia 1945-1949, menimbulkan keresahan dan kekacauan di kalangan tentara Belanda.

Baca juga: Pemerintah Belanda mengatur pelacuran untuk menanggulangi penyebaran penyakit kelamin

Namun, keresahan juga muncul di sebagian kalangan kiblik akibat ide nyeleneh Moestopo merekrut pekerja seks untuk ikut dalam barisan perjuangan. Majalah Revolusioner edisi III, 19 Januari, dalam editorialnya menulis kritiknya atas kebijakan yang membuat banyak orang bersemangat ingin masuk Barisan P itu. Dengan ikut Barisan P, kata editorial itu, sama saja merendahkan harga diri.

“Banyak gadis yang mengajukan namanya untuk dicatat sebagai anggota Barisan P. Malahan sudah ada yang jadi opsir pengemis. Kalau begitu terus lama-lama orang tua yang sama akan mengadakan protes keras karena anaknya gemar menjadi kere.”

Padahal, setelah perang usai beberapa perempuan anggota Barisan P tak lagi jadi pekerja seks. Beberapa di antaranya menikah dengan teman seperjuangan. Kedaulatan Rakyat edisi 3 Mei 1946 memberitakan, ada pernikahan tiga pasang anggota Barisan P. “Kalau dalam pernikahan biasanya pakai salam-salaman, pernikahan anggota Barisan P ini pakai pekik merdeka. Mereka begitu dihargai setelah revolusi usai. Istilahnya munggah bale, naik pangkat,” kata Galuh.

TAG

Sejarah-Perempuan Perjuangan-Kemerdekaan Sejarah-Seksualitas

ARTIKEL TERKAIT

Martir Letnan Kadir dan Seloroh Kopral Panamo Pertempuran Berdarah di Bukit Mardinding Perempuan-Perempuan Bersenjata Antara Perempuan dan Politik Pertempuran Surabaya dari Mata Perempuan Dapur Umum Lasmidjah Hardi Perjuangan Lasmidjah Berbuntut Pengusiran Mengenal Empat Perempuan Pertama di Dewan Kota Kepak Sayap Dara asal Yogyakarta Sukaptinah Berjuang Agar Bangsa dan Kaumnya tak Dijajah