Masuk Daftar
My Getplus

Legiun Asing Persebaya

Sejak 1995 Persebaya sudah bertabur legiun asing. Buku ini menghimpun serpihan sepak terjangnya agar tak lekang dimakan zaman.

Oleh: Randy Wirayudha | 24 Okt 2018
Judul: Persebaya and Them, Jejak Legiun Asing Tim Bajul Ijo | Penulis: Dhion Prasetya | Penerbit: Indie Book Corner | Produksi & Distributor: Surabaya Punya Cerita | Terbit: 20 Oktober 2018. Tebal: 234 Halaman | Foto: Sampul Buku

ALKISAH di suatu petang pada 1996. Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya tribunnya dipenuhi Bonek, menyaksikan laga bertajuk “Derby Surabaya” Persebaya vs Assyabaab Salim Group Surabaya (ASGS).

Sialnya, getir dirasakan Bonek. Persebaya kalah 1-4 dari ASGS yang kala itu dibesut Rusdy Bahalwan. Persebaya yang diperkuat tiga pemain asing pertama mereka tak mampu berbuat banyak. Padahal, salah satunya, Plamen Iliev Kazakov, memberi asa dengan membuka skor lebih dulu. Namun, ASGS akhirnya membalas empat gol lewat Putut Wijanarko (2 gol), Ali Sunan, dan Gunung Ginting.

Kazakov yang berpaspor Bulgaria jadi satu di antara tiga pemain asing pertama Persebaya sejak 1995. Dia direkrut lewat perantara ISA (International Sports Agency) besutan Angel Ionita. ISA juga mendatangkan pelatih asing pertama Persebaya di momen yang sama.

Advertising
Advertising

“Dua lainnya itu Dejan Antonic (Serbia, dulu Yugoslavia) dan Nadoveza Branko (Montenegro, dulu Yugoslavia). Ketika itu Persebaya lagi senang-senangnya dengan pemain dari Balkan. Plus pelatihnya juga (Alexander Dimitrov Kostov) dari Bulgaria. Tapi dari tiga itu yang bertahan dan jadi topskorer sampai akhir musim dengan 16 gol, hanya Plamen (Kazakov). Yang lainnya diganti pemain asing lain,” terang sang penulis kepada Historia.

Ada satu hal unik dari Kazakov di laga kontra ASGS itu. Tak banyak yang tahu bahwa sepanjang laga Kazakov bermain dengan mengenakan jam tangan! Ofisial pertandingan sepertinya khilaf. Pasalnya, tali jam tangan Kazakov berwarna coklat muda, begitu menyatu dengan kulitnya. Eladalah…!

Kisah Kazakov ini hanya seujung kuku dari sekian kisah dalam buku Persebaya and Them: Jejak Legiun Asing Tim Bajul Ijo karya Dhion Prasetya ini. Dhion merupakan karyawan Ditjen Bea Cukai Surabaya yang sejak kecil menggilai Persebaya. Saking “gilanya”, dia menuangkan kisah-kisah seputar pemain Persebaya ke dalam buku yang diterbitkan Indie Book Corner dan diproduksi serta distribusikan oleh Surabaya Punya Cerita ini.

Yang Pertama

Bisa dibilang, buku ini merupakan katalog pesepakbola asing dari segala penjuru bumi yang pernah berseragam Persebaya. Bukan hanya itu, buku sejenis yang menghimpun ulasan serupa dari klub-klub lain juga belum ada.

Gagasan untuk menghimpun serta meriset data dan mengulas 73 pemain plus delapan pelatih asing ini sudah terbersit sejak 2008. Namun, buku baru bisa diluncurkan pada Sabtu (20/10/2018) di Sunday Market, Surabaya Town Square setelah Dhion melengkapi data selama empat bulan dan menjalani proses editing hingga finishing ilustrasi dan cover selama 11 bulan.

“Saya ingin kepingan puzzle yang berserakan terkait Persebaya bisa terkumpul sehingga bisa merepresentasikan sebagian sejarah Persebaya untuk generasi mendatang. Karena tak banyak suporter yang ingat dengan para pemain asing mereka. Paling hanya nama-nama tertentu saja. Persebaya sebagai klub besar dan berusia tua, sudah seharusnya mengingat sepak terjang mereka,” ujar Dhion.

Segenap data Dhion sebagian dipetik dari beberapa arsip media massa, memori kolektif pribadi. Lainnya dari hasil wawancara. “Risetnya ada yang murni dari ingatan saya sendiri. Kebetulan saja juga punya data para pemain asing itu. Ada juga menghubungi si pemain langsung, baik via telefon maupun media sosial. Seperti Plamen Kazakov, (Juan Marcelo) Cirelli, dan Jacksen (Ferreira Tiago),” lanjutnya.

Sosok Papi Jacko

Nama terakhir, Jacksen F. Tiago, mendapat porsi lebih banyak. Sebab, pria Brasil yang akrab disapa Papi Jacko itu sudah melegenda tak hanya bagi Persebaya tapi juga dalam persepakbolaan Indonesia.

Jacko seorang asing tersukses dalam persepakbolaan nasional. Sebagai pemain, dia berhasil mengantarkan Persebaya menjuarai Liga Indonesia 1996/1997. Sebagai pelatih, dia membawa Persebaya juara Divisi I 2003, Divisi Utama 2004, dan membawa Persipura juara Indonesia Super League 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

“Selama bermain di Indonesia, saya pernah bermain di tiga klub berbeda. Masing-masing memiliki arti tersendiri di hati. Tetapi dengan Persebaya, saya harus akui memiliki nuansa berbeda. Terutama karena loyalitas tanpa batas dari keluarga besar Bonek. Begitu istimewanya Persebaya maupun Kota Surabaya. Saya bangga bisa jadi bagian dari buku ini dan sejarah Persebaya,” kata Jacksen sebagaimana diungkap Dhion dalam buku ini.

Overall, buku ini menarik untuk dibaca santai sambil menambah pengetahuan persepakbolaan nasional. Tidak hanya bagi penggila Persebaya namun juga warga sepakbola nasional. Lebih menarik lagi, banyak kisahnya disajikan dengan gaya bahasa Suroboyo-an sehingga tak melulu serius.

Mata pun dimanjakan dengan sisipan infografis tentang jumlah dan asal negara para pemain asing Persebaya. Yang cukup unik dan jarang ditemukan dalam buku lain, penambahan “rubrik” Trivia Time, memuat tanya-jawab tentang para legiun asing Persebaya, di dua halaman depan sebagai pengenalan awal.

Sayangnya, buku ini tidak memiliki indeks sehingga pembaca mesti berjuang lebih keras untuk mendapatkan apa yang dicari. “Iya, lali (lupa),” tutup Dhion.

Baca juga: 

Persebaya dalam Pusaran Masa
Bonek dan Stigma Kekerasan Suporter Fanatik
Menyingkap Makna Ndas Mangap
Kiprah Tionghoa dalam Olahraga

TAG

Buku Persebaya Sejarah-Persebaya Legiun-Asing Sejarah-Surabaya Jacksen-Tiago

ARTIKEL TERKAIT

Melawan Sumber Bermasalah Kisah Polisi Kombatan di Balik Panggung Sejarah Saatnya Melihat Indonesia dari Beraneka Sudut Pandang Jejak Langkah Gusmiati Suid Dardanella Menembus Panggung Dunia Bayi Revolusi Berbaju Sampul Buku Candranegara V, Sang Pengelana Pertama Bukan Raja Jawa Biasa Race, Islam and Power Bukan Catatan Perjalanan Biasa Repotnya Menyusun Pidato Sukarno