Masuk Daftar
My Getplus

Rosihan Tidur Berbantalkan Granat

Sepanjang perjalanan ke Yogyakarta, Rosihan Anwar menjadikan sebuah besek sebagai alas tidur. Tak dinyana, isi besek itu ternyata bahan peledak.

Oleh: Martin Sitompul | 26 Mar 2020
Rosihan Anwar, jurnalis di masa revolusi. Sumber: Wiki.

Setelah bertolak dari Makassar usai meliput Konferensi Malino, (Juni 1946) wartawan Merdeka, Rosihan Anwar menuju Yogyakarta. Dari Jakarta, Rosihan bersama Soedjatmoko, pemimpin redaksi Het Inzicht menumpang kereta api barang. Mereka duduk di bangku panjang yang melekat ke dinding gerbong.

Di Krawang, kereta api berhenti. Beberapa pemuda anggota laskar rakyat naik sambil menenteng senjata dan ranselnya. Walaupun berdesak-sesakan, mereka dapat juga duduk. Masuk Cikampek, penumpang bertambah lagi. Tampak sekumpulan pemuda yang memakai kaplaars dengan pistol di pinggang memenuhi gerbong. Semuanya juga hendak ke Yogya, ibu kota sementara Republik Indonesia. 

Perjalanan panjang itu membutuhkan waktu sehari semalam. Rosihan pun kelelahan. Dia mencari cara agar tidur dengan nyaman. Terbersitlah ide untuk menjadikan rak barang yang ada di atas bangku dekat langit-langit gerbong sebagai tempat tidur. Lagi pula, Rosihan bertubuh kurus dan ramping sehingga tidak sulit nyempil di ruang sempit itu.

Advertising
Advertising

Baca juga: 

Mencatat Rosihan Mengenang Soerjono

 

Setelah menyelinap ke rak barang, Rosihan membentangkan segulung tikar sembahyang yang di bawanya dari Makassar sebagai alas. Tapi dia butuh bantal untuk sandaran kepala. Tidak jauh dari tumpukan barang, rupanya ada sebuah besek (keranjang kecil berbahan bambu dan berbentuk segi empat) . Rosihan menarik besek itu dijadikannya bantal. Pas!      

“Ada bantal, ada guling mengalang punggung, apa lagi yang kurang? Kereta api makin keras getarannya, tetapi saya sudah lama terlelap nyenyak,”kenang Rosihan dalam Musim Berganti: Sekilas Sejarah Indonesia 1925—1950.

Keesokan pagi, cahaya mentari menembusi jendela gerbong. Rosihan terjaga dengan tubuh yang lebih segar. Dia turun dari rak barang dan kembali duduk di bangku. Sejurus kemudian, seorang penumpang menyapa Rosihan.

“Bisa tidur?” tanya si penumpang seraya tersenyum.

“Nyenyak,” sahut Rosihan.

“Beruntung,” kata si penumpang lagi.

Baca juga: 

Jahatnya Malam dan Sulitnya Tidur

 

Rosihan dengan santai mengatakan tidurnya nyenyaknya lantaran ada bantal dari besek dan juga tikar sembahyang yang beralih fungsi jadi guling. Mungkin karena ingin mengucapkan terimakasih, Rosihan menyakan siapa yang empunya besek itu.

“Punya kami,” jawab seorang anggota laskar.

“Apa isinya yah?” tanya Rosihan.

“Sedikit pakaian dalam, tetapi di bawahnya ada granat,” jawab si laskar.

“Granaaatt…?” tanya Rosihan terbelalak.

“Ya, granat kami,” ujar anggota laskar itu dengan tenang.

“Waduh, Masya Allah,” kata Rosihan. Bibirnya gemetar.

Baca juga: 

M. Jusuf Kerjai Solichin GP Saat Tertidur

Anggota laskar yang menyaksikan Rosihan panik itu pun tertawa. Menurut Rosihan mereka bukannya sembrono menaruh bahan peledak. Namun bagi para laskar yang terbiasa berpindah front pertempuran sambil membawa senjata, maka cara begitu sudah lumrah.

Menyadari dirinya baru saja selamat dari ledakan granat, Rosihan terhenyak dalam lamunan. Pikirnya, “Andai kata salah satu granat itu terlepas pinnya, maka pasti benak saya menjadi bubur bertebaran dan kembali ke hadirat ilahi.” 

TAG

lasykar revolusi kemerdekaan wartawan

ARTIKEL TERKAIT

Ibnu Sutowo dan Anak Buahnya Kibuli Wartawan A Private War, Perang Batin si Wartawati Perang Ketika Wartawan Dipalak Laskar Sumatra Hikayat Amat Boyan dan Pasukan Cap Kampak Duel Preman Medan Zaman Perang Kemerdekaan Menumpas Pengikut Tan Malaka (1) Abdul Muis Martin Aleida, Sang Peliput Istana Wartawan Jadi Tentara Gurkha Dadakan Jenderal Jusuf dan Para Wartawan