Masuk Daftar
My Getplus

Wilhelmus Sinay Menembus Benteng Pertahanan Orang Mandar

Serdadu KNIL pertama yang menembus benteng pertahanan orang Mandar. Mendapat penghargaan dari pemerintah kolonial Belanda.

Oleh: Petrik Matanasi | 17 Feb 2023
Letnan Jenderal Gerardus Johannes Berenschot, panglima KNIL yang pernah memimpin penyerangan ke benteng orang Mandar di Balanipa pada 1 Juni 1908. (Beeldbank WO2/NIOD).

Dua kelompok serdadu KNIL (Koninklijk Nederlandsche Indische Leger) disiapkan untuk menyerbu benteng pertahanan rakyat Mandar yang melawan Belanda di sebuah daerah di Sulawesi Barat.

Di bawah pimpinan Letnan Infanteri Kelas Dua Gerardus Johannes Berenschot, yang kelak menjadi komandan KNIL, pasukan KNIL itu disebar mengelilingi benteng. Gerak maju menuju benteng tidaklah mudah. Satu kelompok pasukan harus melintasi sebuah kampung.

Berenschot bergerak di sekitar kampung dekat Buntobulo. Pasukan KNIL itu berperang di medan yang cukup sulit, di daerah yang berbukit. Namun, orang Mandar yang bertahan di benteng tahu akan diserang pasukan KNIL.

Advertising
Advertising

Pukul 08.25 pagi 1 Juni 1908 itu, pasukan KNIL mulai menembak dan mendapat balasan dari orang Mandar dari benteng. Tembakan itu bukan awal serangan. Satu jam kemudian, pada pukul 09.30, barulah serangan besar-besaran pasukan KNIL dimulai dengan ditandai tembakan beruntun.

Baca juga: Bintang untuk Sanin

Serdadu-serdadu KNIL itu harus menembus benteng berpagar kayu. Orang Mandar berusaha keras menahan serangan itu meski hanya dengan lemparan batu.

“Waktu serangan, maka tiga orang militer (KNIL), di antara itu ada Letnan Dua Berenschot dilukai enteng oleh lemparan dengan batu,” catat majalah Trompet nomor 65 edisi Juni 1939.

Benteng pertahanan orang Mandar akhirnya berhasil ditembus serdadu-serdadu KNIL yang berpengalaman dalam pertempuran.

“Yang pertama masuk benteng yaitu Fuselier Sinay di mana musuh lari: delapan dari musuh ditembak mati,” catat majalah Trompet.

Fuselier adalah pangkat setara prajurit dua dalam pasukan infanteri. Serdadu KNIL bernama lengkap Wilhelmus Sinay itu dianggap sebagai kunci suksesnya perebutan benteng pertahanan orang Mandar di Balanipa pada 1 Juni 1908.

Baca juga: Kopral Anthony Menjebol Benteng Salubanga

Saat ini, Balanipa menjadi kecamatan di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di masa lalu, Balanipa tergolong kerajaan tua dengan pemimpin perlawanan terhadap Belanda adalah Calo Ammana I Wewang.

“Masa antara tahun 1906 sampai 1907, Calo Ammana I Wewang terpaksa melakukan perang gerilya,” tulis Sarita Pawiloy dalam Sejarah Perjuangan Angkatan 45 di Sulawesi Selatan.

Calo Ammana I Wewang bergerilya setelah pasukannya semakin berkurang. Perlawanannya hancur karena pengkhianatan pengikutnya.

“Dengan suatu tipu muslihat yang licik dan karena pengkhianatan para pengikutnya, pada tahun 1907 Calo Ammana I Wewang tertangkap dan diserahkan kepada Belanda di Tinambung. Oleh Belanda, Calo Ammana I Wewang dikenakan hukuman buang,” tulis Sarita Pawiloy.

Setelah Calo Ammana I Wewang ditangkap dan dibuang, sebagian orang Mandar masih melawan termasuk di Balanipa, di mana Wilhelmus Sinay menjadi orang pertama yang menembus benteng pertahanan mereka.

Baca juga: Narkim Menerkam Pejuang Aceh

Kala itu, rakyat Mandar melawan serdadu KNIL dengan senjata sederhana. Mereka punya sedikit senjata api dan kebanyakan hanya bersenjata tajam seperti golok atau tombak. Sementara setiap serdadu KNIL menyandang senjata api yang kebanyakan di ujungnya terdapat bayonet. Umumnya serdadu KNIL terlatih melawan orang-orang kampung.

Wilhelmus Sinay mendapat penghargaan dari pemerintah kolonial Belanda. Ia dianugerahi bintang Voor Moed en Trouw (keberanian dan kesetiaan) atas aksinya menembus benteng pertahanan rakyat Mandar di Balanipa.

Pria kelahiran Aboru, Ambon, 14 September 1872 itu menjadi serdadu KNIL pada 12 Desember 1896. Nomor stamboek serdadunya 55815. Ia pernah dikirim ke Aceh. Ia pensiun dari KNIL dengan pangkat infanteri kelas satu (spandrig).*

TAG

knil sulawesi barat

ARTIKEL TERKAIT

Ibu dan Kakek Jenifer Jill Siapa Penembak Sisingamangaraja XII? Thomas Nussy versus Anak Cik Di Tiro Hukuman Penculik Anak Gadis Dulu Para Sersan Berserikat Pengawal Raja Charles Dilumpuhkan Orang Bali Pengawal Raja Charles Masuk KNIL Setelah Gerard van Daatselaar Ditawan Kombatan Minahasa dalam Serangan Umum Persahabatan Sersan KNIL Boenjamin dan dr. Soemarno