Masuk Daftar
My Getplus

Ikan-ikan dari Muncar

Sebuah pelabuhan penghasil ikan terpenting di Indonesia siap menjadi destinasi wisata bahari yang menarik dikunjungi.

Oleh: Historia | 10 Mei 2020
Muncar Fish Market Festival pada September 2019. (Dok. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi).

TEMPAT Pelelangan Ikan (TPI) Kalimoro Muncar Banyuwangi lebih semarak dari biasanya. Deretan los ikan berjajar rapi menjual berbagai macam ikan tangkapan nelayan yang masih segar. Dari ikan layur, kerapu, tongkol hingga lemuru.

Para pengunjung begitu antusias berbelanja ikan segar dan produk olahan hasi laut Banyuwangi seperti nugged ikan, abon, ikan asin kering, hingga kerupuk ikan. Mereka juga bisa menikmati ikan bakar sembari menikmati pemandangan indah dari perahu-perahu nelayan yang khas dan berjejer rapi.

Muncar Fish Market Festival memang selalu menarik pengunjung. Festival ini digelar untuk meningkatkan produktivitas nelayan Banyuwangi sekaligus mempromosikan Muncar sebagai kawasan ekowisata bahari.

Advertising
Advertising

“Kita ingin Muncar menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja sekaligus menjadi destinasi wisata bahari. Sehingga nelayan dan masyarakat setempat bisa ikut menikmati geliat pariwisata Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, September 2019

Basis Industri Perikanan

Muncar dikenal sebagai pelabuhan penghasil ikan terbesar di Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Bagansiapiapi, Riau. Pelabuhan ini sudah ada sejak masa Kerajaan Blambangan. Aktivitas penangkapan ikan pun sudah dilakukan sejak lama dengan alat tangkap dan perahu yang masih sederhana.

Pada masa kolonial, Banyuwangi masuk wilayah Karesidenan Besuki. Saat itu wilayah Besuki mengandalkan pertanian yang berorientasi ekspor. Sehingga sektor perikanan kurang mendapat perhatian serius. Hasil tangkapan ikan masih berorientasi lokal. Produk ikan dari Banyuwangi, misalnya, disalurkan ke Jember.

“Tapi dengan pertumbuhan populasi, produksi lokal tampaknya tidak memadai dan impor ikan menjadi perlu,” tulis Nawiyanto dalam “Fish Resource Exploitation in the Besuki Region during the Pre-New Order Period”. Impor ikan kering berasal terutama dari Madura, Makassar, Banjarmasin, dan Palembang serta dalam jumlah kecil dari Bali dan Sumbawa.

Baca juga: Sajian dari Beragam Pasar Kuliner

Sejak pertengahan 1920-an, sejalan dengan kebijakan pemerintah kolonial untuk mengurangi ketergantungan pada impor ikan, armada Jepang dan Belanda terlibat dalam eksploitasi sumber daya ikan. Para nelayan asing ini menggunakan perahu dan alat tangkap yang lebih maju. Mereka juga mendirikan pabrik pengolahan ikan di Banyuwangi.

“Operasi penangkapan ikan modern tampaknya telah meningkatkan ukuran tangkapan ikan. Perikanan laut Besuki tumbuh pesat, ditunjukkan dengan munculnya kompleks penangkapan ikan Muncar sebagai pusatnya,” tulis Nawiyanto.

Muncar Fish Market Festival pada September 2019. (Dok. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi).

Produk ikan dan juga ikan kalengan dari Banyuwangi mulai diekspor. Optimisme muncul bahwa Muncar adalah pesaing utama bagi pusat penghasil ikan di Siam.

Penurunan sempat terjadi sebelum dan selama masa pendudukan Jepang. Tapi setelah itu produksi ikan pulih kembali. Jawatan Perikanan Laut mulai giat lagi melakukan penelitian perikanan laut. Jawatan juga mendorong pembuatan perahu baru dengan memberikan bantuan pinjaman uang untuk pembelian kayu atau memperbaiki perahu tua.

“Hasilnya, penangkapan ikan di Muncar dan Tratas dapat dikatakan memuaskan, walau keadaan masih penuh kesukaran,” tulis Sutejo K. Widodo dalam “Kebijakan Ekonomi Berdikari dan Perkembangan Sektor Perikanan”, makalah pada Konferensi Nasional Sejarah VIII, November 2006.

Baca juga: Selera Naga Sejuta Rasa

 

Jenis ikan yang banyak terdapat di perairan Muncar adalah lemuru. Menurut Nawiyanto, pada 1960 lemuru menyumbang sekitar 70 persen dari total tangkapan di Muncar. Hal ini mendorong tumbuhnya pabrik pengolahan dan pengawetan ikan.

Sebut saja PT Munchar, yang didirikan pada 1964, sebagai produsen ikan kaleng dengan spesialisasi tuna dan sarden. Saat ini perusahaan menawarkan berbagai produk yang mencakup tuna kalengan, sarden kalengan, tepung ikan murni, dan minyak ikan. Lalu ada PT Sumber Yalasamudra yang didirikan tahun 1970 untuk memproduksi sarden. Masih banyak lagi.

Lemuru kian intens dieksploitasi nelayan sejak 1970-an berkat penggunaan pukat cincin (purse seine), alat tangkap yang digolongkan dalam kelompok jaring lingkar.

Muncar kemudian menjadi basis usaha pengolahan ikan; baik secara tradisional maupun modern, untuk kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri. Dalam jumlah sedikit, produksi ikan Muncar dipakai sejumlah pengusaha pengawetan ikan.

Destinasi Wisata Bahari

Ikan lemuru merupakan komoditas utama nelayan Muncar yang memasok puluhan industri perikanan di Banyuwangi. Namun dalam satu dekade terakhir jumlah tangkapan lemuru di Muncar menurun drastis. Inilah salah satu alasan yang mendorong Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Muncar Fish Market Festival.

Bupati Anas mengatakan, gelaran festival ini untuk mendorong kebanggaan rakyat akan potensi maritimnya. Dia juga berharap nelayan Banyuwangi bisa mengolah hasil laut menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Selain itu, event semacam ini diharapkan bisa menaikkan pendapatan nelayan dan mendatangkan banyak wisatawan. Dengan kata lain Muncar bisa menjadi destinasi wisata bahari alternatif.   

Baca juga: Di Balik Ritual Keboan

Muncar Fish Market Festival masuk dalam agenda Banyuwangi Festival. Ia digelar satu hari sebelum pelaksanaan Petik Laut Muncar, sebuah upacara sedekah laut sebagai bentuk syukur atas keberkahan hasil laut yang didapat nelayan Muncar. Acara ini juga menjadi ajang kampanye gemar makan ikan atau disebut Gemarikan bagi masyarakat Banyuwangi.

Untuk tahun 2020, sejumlah event Banyuwangi Festival yang terkait dengan Muncar meliputi Muncar Food Festival (4-5 April 2020), Petik Laut Muncar (3 September), dan Muncar Fish Market Festival (28-30 September 2020). Kalau kamu doyan makan ikan sekaligus berwisata, sayang kalau event-event itu dilewatkan begitu saja.*

TAG

banyuwangi wisata ikan

ARTIKEL TERKAIT

Akhir Pelarian Seorang Gundik Pedihnya Hidup dalam Belenggu Perbudakan dan Pergundikan Derita Hidup Seorang Gundik Soeharto Lulus SD dan Ki Hadjar Tak Pernah SMA Ibu Sud, Cak Roes, dan Sekolah Belanda Peran Lasminingrat dalam Pendidikan dan Penerjemahan Kebiasaan Tidur Siang di Masa Lalu Panduan Kebiasaan Mandi untuk Wisatawan Asing Gejolak di Osvia Pemilihan Ratu Kebaya di Singapura