Masuk Daftar
My Getplus

Serba-serbi Hewan Kesayangan Michael Jackson (Bagian I)

Michael Jackson punya koleksi 130 fauna eksotis. Salah satunya pernah bikin kesal Freddie Mercury.

Oleh: Randy Wirayudha | 25 Jun 2024
Sejak muda Michael Joseph Jackson sudah jadi pecinta binatang (michaeljackson.com)

SANG “Raja Pop” Michael Jackson mengembuskan nafas terakhirnya pada 25 Juni 2009 akibat malapraktik dokter pribadinya. Ia tak hanya meninggalkan keluarga tapi juga warisan beraneka properti, termasuk kebun binatang di Neverland Ranch.

Neverland Ranch merupakan properti yang bukan sekadar kediaman mewahnya. Di properti yang dimiliki Michael sejak 1988 itu juga terdapat taman hiburan dan kebun binatang tempat Michael mengoleksi sejumlah hewan peliharaannya. 

Michael mengoleksi setidaknya 130 fauna eksotis dari 50 spesies berbeda. Di  antaranya enam ekor jerapah, seekor beruang, 20 burung langka, tiga ekor gajah, empat harimau, tujuh kera, dan tiga simpanse. Hampir semua fauna malang itu tidak diketahui nasibnya setelah Neverland Ranch terbengkalai sampai kemudian penulis dan aktor Ross Kemp menguliknya via dokumenter Searching for Michael Jackson’s Zoo with Ross Kemp (2022). Beberapa mantan pelatih kebun binatangnya dan pakar primata yang pernah rutin mengecek kebun binatang itu diwawancarainya.

Advertising
Advertising

“Sebuah mainan dan simbol status seorang bintang kaya raya, Kebun Binatang Michael Jackson menginspirasi booming-nya kepemilikan pribadi fauna-fauna eksotis secara global,” kata Kemp saat membuka narasi film dokumenter tersebut.

Dari 50 spesies yang sempat dimiliki Jackson, beberapa di antaranya memang kemudian dialihkan ke kebun bintang atau tempat penangkaran lain. Namun ada juga yang mati dengan tragis. Berikut fauna-fauna peliharaan yang paling dibanggakan Jackson sebelum sang bintang mangkat:

Lola dan Louis (Llama) 

Michael Jackson bersama Freddie Mercury (kiri) & peliharaan llama bernama Louie (michaeljackson.com)

Michael Jackson diketahui sejak lama mengidolakan vokalis band Queen, Freddie Mercury. Namun, Freddie mengaku tak betah saat mengerjakan sebuah proyek kolaborasi bareng, medio 1983, gegara Michael selalu membawa peliharaannya, seekor llama (Lama glama) ke studio rekaman.

“Kami masih punya pekerjaan yang belum selesai. Karena saya rekaman bersama seekor llama. Michael membawa peliharaannya itu ke studio setiap hari dan terang saja saya tidak terbiasa dan saya ingin keluar (dari studio),” kenang Freddie pada 1983 dikutip Express, 6 November 2022.

Llama yang acap dibawa Michael ke studio itu merupakan salah satu peliharaan kesayangannya bernama Louie. Selain llama jantan itu, Jackson juga punya seekor lagi llama betina yang dinamai Lola. Keduanya sudah dipeliharanya bersama beberapa hewan lain sejak Michael masih tinggal di Hayvenhurst, Encino, California pada 1983.

“Suatu hari Michael memutuskan bahwa ia menginginkan (peliharaan) seekor llama. Ia meminta saya untuk mengantarnya ke sebuah tempat dekat Agora,” kenang Jermaine Jackson, kakak sang penyanyi, dalam bukunya You Are Not Alone: Michael, Through a Brother’s Eyes.

Baca juga: Freddie Mercury yang Tiada Dua

Keduanya memakai pakaian biasa dan cenderung menyamar. Oleh karenanya, Jermaine dan Michael dikira ingin minta pekerjaan. 

“Kami bukan ingin cari pekerjaan. Kami kemari ingin beli llama. Anda punya empat ekor di (halaman) belakang,” kata Michael.

“Anda tahu berapa harganya? Mampukah Anda membelinya? Kenapa kalian ingin membelinya? Apakah sudah memikirkannya matang-matang?” jawab pria tersebut.

“Kami tahu harganya. Saya juga tahu bagaimana merawat semua jenis hewan,” Michael tegas, yang akhirnya berhasil menebus dua ekor setelah negosiasi alot.

Pria itu baru mengenali keduanya sebagai anggota band Jackson Five setelah Michael memperlihatkan kartu identitas, surat izin mengemudi (SIM), dan kartu kredit bank.

Selain Lola dan Louie, sejatinya Michael punya seekor llama lain bernama Snow White. Akan tetapi ketika Neverland Ranch mangkrak pasca-2005 dan baru laku dijual pada Desember 2020 senilai 22 juta dolar, nasib Lola dan Louie tidak diketahui. Sedangkan Snow White sudah lebih dulu mati akibat digigit salah satu anjing peliharaan Michael di Neverland.

Muscles (Ular Bola) 

Montase Muscles, ular boa yang tak jarang diajak tur konser Michael Jackson (michaeljackson.com)

Selain seekor llama bernama Louie, hewan peliharaan yang juga sering dibawa untuk menemani Michael ke studio rekaman adalah seekor ular boa (Boa constrictor) sepanjang 2,4 meter yang dinamai Muscles. Tidak diketahui dari mana ia mendapatkannya tetapi ia sudah memeliharanya sejak medio 1983.

“Saat itu ia memelihara hewan-hewannya di Hayvenhurst. Salah satu favoritnya adalah seekor ular (Muscles). Hampir semua keluarganya juga senang terhadap binatang. Joe Jackson (ayah dan manajer) mengatakan, ‘saya juga cinta binatang tapi kadang juga jemu merawatnya. Sementara Michael tidak pernah bosan. Ia seperti anak kecil saja’,” tulis Donald Bogle dalam Elizabeth and Michael: The Queen of Hollywood and the King of Pop, A Love Story.

Kegemarannya Michael mengoleksi fauna-fauna eksotis seperti Muscles jadi sensasi tersendiri di media massa. Michael sampai merasa terusik dibuatnya karena dianggap aneh memelihara hewan yang tak lazim dipelihara dan acap dibawa ke studio rekaman.

“Kenapa tidak sekalian saja menyebut saya alien dari Mars. Katakan kepada mereka (publik) saya makan ayam hidup dan melakukan tarian voodoo di tengah malam. Mereka akan percaya apa yang kalian (jurnalis) tulis,” katanya ketus, dikutip Jos Borsboom dalam Michael Jackson: The Icon.

Baca juga: Tangan Dingin Eddie Van Halen di Balik Hit Michael Jackson

Saat sudah ditempatkan di Neverland Ranch, Muscles diceritakan pernah memangsa satu dari tiga ekor burung beo yang juga kesayangan Michael. Saat itu, Muscles berhasil menyelinap dari sebuah gap kandang burung beo dan menelannya bulat-bulat. 

Reptil lain yang juga dikoleksi Michael –kendati tak pernah dibawa ke studio rekaman– adalah seekor sanca (Python bivittatus) jenis albino. Ular itu dinamai Madonna. 

Setelah Neverland Ranch ditinggalkan Michael dan terbengkalai pada 2009, baik Muscles maupun Madonna dirawat di Garold Wayne Interactive Zoological Park di Wynnewood, Oklahoma. Nasib keduanya tragis, mati bersama delapan ekor buaya ketika terjadi kebakaran pada 26 Maret 2015.

(Bersambung)

TAG

michael jackson hewan fauna

ARTIKEL TERKAIT

Serba-serbi Hewan Kesayangan Michael Jackson (Bagian II – Habis) Merpati Terbang untuk Perang Timah dan Tuan Besar Jejak J.A. Kaligis, Dokter Hewan Bumiputra Pertama Awal Mula Dokter Hewan di Indonesia Orang Utan di Ambang Kepunahan Orang Utan dalam Catatan Masa Silam Panglima Besar Pelihara Ular Pertemuan Ilmuwan Amerika dengan Komodo Kesendirian Gajah Atraksi