Masuk Daftar
My Getplus

Netanyahu Bersaudara dalam Pasukan Khusus Israel

Tiga bersaudara Netanyahu bertugas dalam pasukan khusus Israel. Satu tewas dalam operasi militer, satu lagi terkenal sebagai Perdana Menteri Israel.

Oleh: Petrik Matanasi | 23 Agt 2022
Pasukan khusus Sayeret Matkal dalam Operasi Thunderbolt untuk membebaskan sandera orang Yahudi penumpang pesawat Air France Airbus A300 yang dibajak PFLP-EO di bandara Entebbe, Uganda, pada 27 Juni 1976. (IDF/Wikimedia Commons).

Pesawat jet Air France Airbus A300 dibajak pada 27 Juni 1976. Pesawat itu mengangkut 248 penumpang. Pembajak berasal dari kelompok Popular Front for the Liberation of Palestine-External Operations (PFLP-EO) atas perintah Wadie Haddad.

Pembajak menggiring pesawat tujuan Paris itu dari Athena ke Entebbe, Uganda. Penguasa Uganda, Idi Amin, membiarkan pembajak singgah. Sandera dipisahkan berdasarkan ras: non-Yahudi dibebaskan sedangkan orang Yahudi ditahan hingga tuntutan dipenuhi. Mereka menuntut pembebasan 40 milisi Palestina yang ditahan Israel di Tel Aviv.

Pemerintah Israel tak mau berkompromi dengan pembajak dan menyiapkan operasi militer untuk membebaskan sandera. Israel Defense Forces (IDF) atau Angkatan Pertahanan Israel memiliki pasukan khusus bernama Sayeret Matkal.

Advertising
Advertising

Baca juga: Pembajakan Pesawat Pertama di Indonesia

Brigadir Dan Shomron (1937–2008) mengawasi operasi itu dari dekat. Di bawahnya Letnan Kolonel Yonatan Netanyahu memimpin langsung pasukan khusus melaksanakan operasi pembebasan sandera. Yonatan alias Yoni sudah menjadi perwira di Sayeret Matkal sejak awal 1970-an.

Yoni bergabung dengan IDF pada 1964. Mula-mula dia menjadi sukarelawan dalam Brigade Penerjun. Setelah pelatihan perwira, dia memimpin sebuah kompi pasukan penerjuan. Dia terlibat dalam beberapa misi termasuk dalam Perang Enam Hari dan Perang Yom Kippur.

“Operasi untuk menyelamatkan sandera Israel di bandara Entebbe adalah operasi besar pertamanya sejak kembali ke unit,” tulis Bernard Reich & ‎David H. Goldberg dalam Historical Dictionary of Israel.

Baca juga: Anti Serangan Rudal Israel dalam Pesawat Kepresidenan Indonesia

Setelah pelatihan simulasi penyerbuan, pasukan khusus Sayeret Matkal yang dipimpin Yoni naik pesawat ke Entebbe. Kebetulan bandara ini dibangun kontraktor Israel hingga seluk-beluknya bisa dipelajari.

Pasukan khusus sampai di bandara Entebbe pukul 03.00 pada 3 Juli 1976. Mereka keluar dari pesawat dengan mobil Mercy agar tersamar sebagai pejabat negara yang baru saja mendarat. Mereka segera menyerbu tempat pembajak menyandera penumpang. Tembak-menembak menewaskan semua pembajak. Nahas, Yoni juga tewas. Orang Yahudi yang disandera dibebaskan dan dibawa ke Israel.

Yoni meninggal pada 4 Juli 1976. Operasi pembebasan sandera yang bernama Operasi Thunderbolt disebut juga Operasi Yonatan. Yoni menjadi pahlawan Israel. Nama keluarga Netanyahu pun menjadi harum.

Baca juga: Theodor Herzl, Orang di Balik Negeri Zionis

Yoni lahir pada 13 Maret 1946 dari pasangan Benzion Netanyahu (1910–2012) dan Tzila Segal. Benzion, profesor sejarah di Universitas Cornell, New York, adalah anak dari Nathan Mileikowsky (1879–1935). Selain rabi (pemuka agama Yahudi), Nathan dikenal juga sebagai penulis dan pejuang Zionisme. Meski beda ideologi, Benzion dan ayahnya sama-sama pendukung negara Israel. Begitu juga anak-anak Benzion.

Keluarga Benzion pernah tinggal di Amerika. Anak-anaknya ada yang kuliah di Amerika. Yoni punya adik bernama Benjamin Netanyahu yang biasa disapa Bibi. Dia lahir tanggal 3 Oktober 1949 dan masuk IDF pada 1967.

“Bibi mengikuti jejak langkah saudaranya bergabung dalam Sayeret Matkal, tapi tidak pernah menjadi perwira senior,” tulis Neill Lochery dalam The Resistible Rise of Benjamin Netanyahu. Seperti abangnya, Bibi pernah ikut serta melawan pembajak pesawat maskapai Belgia, Sabena, di Bandara Lod, Tel Aviv pada 1972. Namun, dia hanya sampai pangkat kapten pada 1973.

Baca juga: Serangan Aktivis Kiri di Bandara Lod Israel

Tak hanya Yoni dan Bibi, adik mereka, Iddo Netanyahu juga mantan anggota Sayeret Matkal. Iddo yang lahir tahun 1952 hanya sebentar di militer. Setelah lepas dari dinas militer, dia kuliah sains dan menjadi ahli fisika, belakangan menjadi penulis.

Di antara anak-anak Benzion dan Tzila, yang akhirnya terkenal adalah Bibi. Setelah keluar dari dinas militer dan kuliah, dia menjadi ahli terorisme di Yonatan Netanyahu Anti-Terror Institute. Setelah sempat menjadi wakil Israel di PBB, Bibi dikenal sebagai politikus Partai Likud. Puncaknya, Bibi terpilih menjadi Perdana Menteri Israel pada 1996 hingga 1999 dan terpilih kembali pada 2009 hingga 2021.*

TAG

israel pembajakan pesawat

ARTIKEL TERKAIT

Tokoh Yosua dalam Alkitab Tangan Zionis Berlumuran Darah Jurnalis Duka Desa Tantura di Palestina Aksi-Aksi Zionis Israel Menodai Masjid Al-Aqsa Indonesia Dukung Palestina dengan Prangko Nasib Tragis Desa Palestina yang Dibantai Zionis Standar Ganda FIFA terhadap Israel dan Rusia? Oslo dan Perdamaian Israel-Palestina Rasisme Memuakkan Klub Israel dalam Forever Pure Achmad Subardjo di Tengah Konflik Israel-Yordania