Masuk Daftar
My Getplus

Resmi! Belanda Serahkan 472 Benda Bersejarah ke Indonesia

Pemerintah Belanda dan Indonesia menandatangani serah terima pengembalian 472 artefak jarahan kolonial. Mulai dari Keris Klungkung hingga koleksi seni Pita Maha.

Oleh: Randy Wirayudha | 10 Jul 2023
Penandatanganan serah terima 472 koleksi benda bersejarah yang akan direpatriasi dari Belanda (Arjan Onderdenwinjgaard/Historia)

AKHIRNYA ratusan benda bersejarah asal Indonesia yang dijarah Belanda di masa kolonial resmi diserahkan kembali oleh pemerintah Belanda kepada perwakilan pemerintah Indonesia. Penyerahan 472 artefak itu ditandai dengan penandatanganan peresmian serah terima di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda pada Senin (10/7/2023) pagi waktu setempat.

Agenda penyerahan itu dihadiri Menteri Muda urusan Kebudayaan dan Media Belanda, Gunay Uslu dan ketua Comissie Koloniale Collecties Lilian Gonçalves-Ho Kang You dari pihak Belanda. Sementara delegasi pemerintah Indonesia diwakili Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid yang didampingi Tim Repatriasi Koleksi Asal Indonesia di Belanda yang diketuai I Gusti Agung Wesaka Puja.

Mengutip rilis pers Tim Repatriasi Koleksi Asal Indonesia di Belanda, sebanyak 472 benda bersejarah itu terbagi menjadi empat koleksi. Masing-masing terdiri dari sebuah Keris Klungkung, empat arca era Kerajaan Singhasari, 132 benda seni koleksi Pita Maha, dan 335 harta karun jarahan Ekspedisi Lombok 1894.

Advertising
Advertising

“Repatriasi benda bersejarah ini bukan sekadar memindahkan barang dari Belanda ke Indonesia, melainkan pula mengungkap pengetahuan sejarah dan asal-usul benda-benda seni bersejarah yang selama ini belum diketahui masyarakat. Jauh sebelum benda-benda tersebut kembali ke Indonesia, kedua komite repatriasi dari Indonesia dan Belanda bekerjasama melakukan serangkaian pertemuan dan diskusi untuk membahas makna dari benda-benda tersebut bagi kedua bangsa baik di masa lalu maupun di masa kini,” demikian bunyi rilisan tersebut.

Baca juga: Belanda Siap Kembalikan 472 Jarahan Kolonial ke Indonesia

Beberapa arca Singhasari yang akan dipulangkan dari Belanda (Nationaal Museum van Wereldculturen)

Repatriasi ini merupakan realisasi dari Memorandum of Understanding (MoU) tentang proses teknis penyerahan benda-benda bersejarah yang diteken kedua belah pihak pada 13 Februari 2017. MoU itu diperkuat dengan pengajuan dari pihak pemerintah Indonesia via surat resminya pada 1 Juli 2022.

“(Pemerintah) Indonesia dan Belanda menyepakati bahwa penyerahan ini diatur dengan niat baik dan kerjasama yang erat, dibantu oleh Tim Repatriasi Koleksi Asal Indonesia di Belanda dan Komite Pengembalian Benda-Benda Kolonial. Pengembalian benda-benda ini berbasis pada provenance research (penelitian asal-usul) oleh para ahli,” kata dokumen kesepakatan tersebut.

Sebelumnya ke-472 artefak itu tersimpan di Nationaal Museum van Wereldculturen (Museum Nasional Kebudayaan Dunia), Amsterdam, Belanda. Lepas peresmian penyerahannya, ratusan benda itu ke depannya akan jadi tanggungjawab pihak Indonesia. Sementara proses pemulangannya ke tanah air akan ditentukan dalam waktu dekat dengan diongkosi pemerintah Belanda.

Terlepas dari empat koleksi yang meliputi 472 benda itu, masih ada empat artefak lain yang belum belum akan dipulangkan kendati sudah turut diajukan pada 1 Juli 2022. Empat benda yang dimaksud adalah tali kekang milik Pangeran Diponegoro, Al-Quran milik Teuku Umar, koleksi fosil manusia purba Pithecanthropus erectus/Homo erectus (Manusia Jawa) temuan Eugène Dubois, dan regalia Kerajaan Luwu.

Baca juga: Menanti Fosil Manusia Jawa Kembali dari Belanda

Keris Klungkung yang jadi harta nasional asal Bali dan kini akan direpatriasi dari Belanda ( Nationaal Museum van Wereldculturen)

TAG

repatriasi belanda

ARTIKEL TERKAIT

AS Kembalikan Benda Bersejarah Peninggalan Majapahit ke Indonesia Perang Tiga Abad tanpa Pertumpahan Darah Rencana Menghabisi Sukarno di Berastagi Pangeran Bernhard, dari Partai Nazi hingga Panglima Belanda Pengawal Raja Charles Melawan Bajak Laut Para Pejuang Bugis-Makassar dalam Serangan Umum Jenderal dari Keraton Murid Westerling Tumbang di Jogja Akhir Perlawanan Dandara Komandan AURI Pantang Kabur Menghadapi Pasukan Gaib