Masuk Daftar
My Getplus

Sultan Jailolo Mencari Leluhur Hingga Cianjur

Perjalanan Sultan Jailolo dalam menemukan makam leluhur yang diasingkan ke Cianjur.

Oleh: Fernando Randy | 08 Des 2019
Ekspresi Sultan Ahmad Sjah saat berdoa di makam leluhurnya di kota Cianjur. (Fernando Randy/Historia).

Jarum jam menunjuk angka 10.30. Sinar matahari cukup terik. Rombongan keluarga Sultan Jailolo Ahmad Sjah dari Maluku Utara memasuki Kampung Salegedang, Cianjur, Jawa Barat. Jumlah mereka sepuluh orang. Rombongan itu menuju makam leluhur mereka, Sultan Hajuddin atau Sultan Jailolo ketiga. Mereka sempat kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang dari Halmahera. Tapi kelelahan itu sirna begitu mereka berdiri tepat di depan makam Sultan Hajuddin. Makam berukuran 1,5 x 2 meter persegi itu terletak di belakang Taman Makam Pahlawan Cianjur. Usianya sudah satu abad lebih. Makam tersusun dari beberapa batu kali. Di sesela batu kali, rumput liar tumbuh subur. Seolah menjadi pelindung makam dari panasnya sinar matahari.

Tugu di kota Cianjur, Jawa Barat. (Fernando Randy/Historia).
Rombongan Sultan Ahmad Sjah saat tiba di lokasi pemakaman di kota Cianjur. (Fernando Randy/Historia).

Sultan Hajuddin diasingkan ke Cianjur oleh pemerintah kolonial pada 1832. Sebab sikap keluarga Sultan Jailolo tak sejalan lagi dengan politik pemerintah kolonial. Sultan Hajuddin menghabiskan hari-hari terakhirnya di Cianjur. Selama ratusan tahun, keluarganya tak mengetahui letak pasti makamnya.

Baca juga: Empat Raja yang Dibuang ke Cianjur

Advertising
Advertising
Sultan Ahmad Sjah dan keluarga saat berdoa di makam leluhur mereka. (Fernando Randy/Historia).
Surat-surat yang dibacakan sebagai doa di makam leluhur mereka. (Fernando Randy/Historia).
Salah satu rombongan saat berdoa di makam leluhur mereka. (Fernando Randy/Historia).

Hari itu, Jumat 25 Oktober 2019, akhirnya keluarga Sultan Hajuddin berhasil menemukan makam Sultan Hajuddin setelah membaca artikel historia.id. Rombongan kemudian menengadahkan tangan untuk berdoa. Beberapa warga dan sesepuh kota Cianjur yang menemani mereka, juga ikut berdoa. Suasana haru dan hening sesaat.

Baca juga: Dari Jailolo ke Priangan

Makam milik Sultan Hajuddin di Cianjur. (Fernando Randy/Historia).

Sultan Ahmad Sjah mengaku lega bisa berkunjung ke makam leluhurnya. “Selama ini, ayah kami tidak pernah memberi tahu kami di mana makam leluhur kami. Jadi ketika sekarang akhirnya kami bisa menemukannya lalu ziarah sekaligus berdoa untuk beliau, rasanya plong sekali.” 

Khareudin, Perdana Menteri Jailolo, mengatakan sebenarnya mereka sudah tahu kisah pengasingan Sultan Jailolo ketiga sejak 2006. Tapi kisahnya tak lengkap. “Setahu kami Sultan itu diasingkan hanya sampai Batavia. Tapi ternyata sampai di Cianjur, dan sekarang kami bisa menelusurinya hingga ketemu itu rasanya luar biasa.”

Ekspresi Sultan Ahmad Sjah saat berdoa di makam leluhurnya. (Fernando Randy/Historia).

Sementara para warga sekitar tidak pernah tahu secara pasti siapa yang bersemayam di makam itu. “Sebelumnya orang-orang di sini hanya tahu bahwa itu makam orang besar dari seberang, dan mereka mengenalnya hanya sebatas itu. Makam Haji Lolo, bukan Sultan Jailolo,” kata Agus Thosin (65 tahun), sesepuh Salegedang.

Sultan Ahmad Sjah dan Agus Thosin berbincang mengenai penemuan leluhur Sultan Jailolo di Cianjur. (Fernando Randy/Historia).

Saat akan meninggalkan makam, Sultan Ahmad Sjah menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada warga. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua warga Cianjur yang sudah membantu saya dan keluarga menemukan makam leluhur kami. Insya Allah kami akan sering ke sini untuk menjaga dan merawat makam keluarga kami ini.”

Sultan Ahmad Sjah dan makam leluhurnya. (Fernando Randy/Historia).

 

TAG

cianjur sultan jailolo

ARTIKEL TERKAIT

Secuil Cerita Jenaka dari Cianjur Semasa Pendudukan Saudara Tua Gempa Merusak Keraton Bupati dan Masjid Agung Cianjur Ibu Kota Pindah dari Cianjur ke Bandung Gempa Besar bagi Bupati Cianjur Gempa Bumi Mengguncang Cianjur Akhir Petualangan Haji Prawatasari Persekutuan Rahasia Prawatasari-Ki Mas Tanu Menak Pemberontak dari Jampang Manggung Sang Pembawa Peluru Terbunuhnya Mitra Dagang VOC