top of page

Sejarah Indonesia

Pengaruh Tionghoa Pada Masjid Demak Dan Masjid Angke

Pengaruh Tionghoa pada Masjid Demak dan Masjid Angke

Masjid Demak salah satu masjid tertua di Indonesia. Menggunakan tukang kayu dan arsitektur Tiongkok. Empat perpaduan arsitektur pada Masjid Angke merupakan simbol multikulturalisme.

Oleh :
3 Agustus 2024

Dengarkan artikel

bg-gray.jpg
bg-gray.jpg
camera overlay
camera_edited_30.png

Masjid Demak antara tahun 1870-1900. (Wereldmuseum Amsterdam).

Masjid Demak Prototipe Masjid Nusantara

SETELAH mengalahkan Majapahit pada abad ke-15, Raden Patah atau Panembahan Jinbun yang seorang Muslim ingin adanya sebuah masjid untuk memperindah ibukota Demak sekaligus melengkapi identitas sebagai kerajaan Islam.


Pembangunan sudah dimulai tapi tak pernah selesai karena kesulitan mendirikan tiang penyangga (sokoguru) berupa empat tiang raksasa yang menjadi konstruksi utamanya. Salah satu tiang terbuat dari potongan-potongan kayu (sokotatal). Tukang-tukang setempat tak punya pengalaman.


“Tiga tahun setelah penundukan Majapahit, kapten Cina Gan Si Cang di Semarang menyampaikan permohonan kepada bupati Kin San untuk ikutserta menyelesaikan pembangunan masjid agung Demak,” tulis Slamet Muljana dalam Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara.



Kin San, ipar Jin Bun, meneruskan permohonan itu. Jin Bun menyambut baik. Dimulai pembangunan masjid yang dikerjakan tukang-tukang kayu Tionghoa dari galangan kapal Semarang. Itulah sebabnya sokotatal tersebut “mirip teknik penyambungan tiang-tiang kapal jung Cina,” tulis Sumanto Al Qurtuby dalam Arus Cina-Islam-Jawa.


Pengaruh Tionghoa juga tampak pada mustaka (hiasan di atap masjid), berbentuk bola dunia yang dikelilingi empat ular, tembok bergambar kura-kura di mihrab (tempat imam), penggunaan tumpak, serta hiasan piring dan hiasan lainnya. Sementara atap tumpangnya, sekalipun masih diperdebatkan, mengingatkan pada atap pagoda. Masjid Demak kemudian menjadi prototipe masjid di Nusantara.*



Pintu masuk Masjid Angke. (KITLV).
Pintu masuk Masjid Angke. (KITLV).

Masjid Angke dari Tionghoa untuk Bali

ENAM kampung Bali, kebanyakan penduduknya adalah budak yang dijual raja-raja mereka, tak lagi mampu menampung orang Bali. Memasuki abad ke-18 pemerintah Batavia mendirikan sebuah Kampung Bali lagi di dekat Kali Angke. Penduduk kampung ini warga merdeka dan datang atas kemauan sendiri.


Orang Bali Muslim bermukim di kampung ini. Dibantu warga Tionghoa, mereka mendirikan sebuah masjid pada 1761. Perancangnya, seorang Tionghoa yang menurut tradisi bernama Gouw Yjay, menyerap beragam budaya.


Atapnya bertumpang dua seperti kebanyakan masjid di Batavia kala itu. Untuk mengadaptasi gaya Bali, ujungatap dirancang agak melengkung (punggel). Pengaruh Jawa tampak dalam bentuk dasar bangunan yang menyerupai pendopo, gapura, dan tembok yang mengelilingi masjid. Pintu, anak tangga, jendela, dan ornamen pintu mendapat sentuhan kolonial. Sementara gaya Tionghoa kental pada kayu penyangga (sokoguru) yang berukir kepala naga.



Menurut sejarawan Adolf Heuken, arsiteknya paling tidak telah mengenal beragam arsitektur. Sementara Kees Van Dijk dalam “Perubahan Kontur Masjid”, termuat di Masa Lalu dalam Masa Kini: Arsitektur di Indonesia, menyebut perpaduan ini sangat penting untuk melihat pola hubungan orang Bali, Belanda, Tionghoa, dan Jawa masa itu.


Masjid Angke masih berdiri dengan arsitektur aslinya. Pemugaran dilakukan beberapa kali tapi tak sampai mengubah bentuk dan gayanya. “Hanya materialnya yang diganti dan diperkuat,” kata Haji Ahmad, mantan kepala pengurus Masjid Angke, yang sekarang dikenal dengan Masjid al-Anwar.*


Tulisan ini telah dimuat di majalah Historia No. 10 Tahun I 2013

Komentar

Dinilai 0 dari 5 bintang.
Belum ada penilaian

Tambahkan penilaian
Hind Rajab dan Keheningan yang Memekakkan Telinga

Hind Rajab dan Keheningan yang Memekakkan Telinga

Film “The Voice of Hind Rajab” jadi antidot amnesia kisah bocah Gaza yang dibantai Israel dengan 335 peluru. PBB menyertakan tragedinya sebagai bagian dari genosida.
Orde Baru “Memfitnah” Orang Dayak

Orde Baru “Memfitnah” Orang Dayak

Dulu, orang Dayak dituduh pembakar hutan yang lebih berbahaya dari industri. Padahal, tidak banyak lahan hutan alam Kalimantan yang mereka gunduli.
Arsip Korupsi Sejak Zaman Kompeni

Arsip Korupsi Sejak Zaman Kompeni

Korupsi sejak masa VOC hingga kolonial Belanda terekam dalam arsip. Korupsi akan terus ada karena berkaitan dengan kekuasaan, kewenangan, dan keserakahan manusia.
Ziarah Sejarah ke Petamburan (1)

Ziarah Sejarah ke Petamburan (1)

Dari pelatih sepakbola Timnas Indonesia Toni Pogacnik hingga pembalap Hengky Iriawan. Sejumlah pahlawan olahraga yang mewarnai sejarah Indonesia dimakamkan di TPU Petamburan.
Foto "Gadis Napalm" yang Kontroversial

Foto "Gadis Napalm" yang Kontroversial

Cerita di balik potret bocah-bocah yang menangis histeris saat terjadi serangan napalm di Perang Vietnam. Kini atribusi fotonya jadi polemik.
bottom of page