Masuk Daftar
My Getplus

Bangunan Misterius di Bawah Stasiun Bekasi

Berada di bawah timbunan tanah, sisa bangunan misterius di Stasiun Bekasi terkuak saat dilangsungkannya proyek DDT. Dugaan bermunculan.

Oleh: Randy Wirayudha | 12 Agt 2020
Berada di bawah timbunan tanah, sisa bangunan misterius di Stasiun Bekasi terkuak saat dilangsungkannya proyek DDT. Dugaan bermunculan.

EKSKAVATOR raksasa itu tak henti mengeruk tanah. Di dekatnya, para pekerja dengan hati-hati mengoperasikan alat berat lain untuk mengangkat satu per satu batang baja ke rangka bangunan baru di sisi selatan peron dan rel kereta Stasiun Bekasi. Tak jauh darinya, menganga cerukan pondasi yang ternyata bangunan lawas berbentuk setengah lingkaran terbuat dari bata.

Penampakan bangunan yang tertimbun tanah di situs proyek DDT (double-double track) itu mulanya diviralkan warganet, Silvia Galikano, di akun Facebook-nya pada 1 Agustus 2020. “Saat pelebaran Stasiun KA Bekasi, terlihat setidaknya dua plengkung ini. Dahulu terowongankah? Dahulu permukaan tanah di bawah situ? Jadi dulu rel di mana? Jalan di mana? Kali di mana? Warga Bekasi bertanya,” tulisnya.

Ahmadi, salah satu penanggungjawab proyek, membeberkan, pihak kontraktor tak diberi laporan tentang adanya temuan bangunan itu. “Memang dari awal kita melanjutkan proyek ini tidak ada pemberitahuan apa-apa. Hanya dari pihak BPCB yang di Serang (Balai Pelestarian Cagar Budaya, Ditjen Kebudayaan) disepakati kita hanya menyelamatkan satu jendela lama zaman Belanda, untuk kita tempatkan sebagai warisan sejarahnya di spot historis nanti di bangunan baru stasiun,” ujarnya kepada Historia saat ditemui di lokasi proyek pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Advertising
Advertising

Baca juga: Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi, Siapa Peduli?

Penelusuran lokasi bangunan misterius yang diduga dari era kolonialisme Belanda di timbunan proyek DDT (Foto: Randy Wirayudha/HISTORIA)

Sepenelusuran Historia, temuan bangunan misterius itu ternyata tak hanya satu. Setidaknya ada empat sampai lima bangunan serupa walau hanya beberapa yang masih kentara struktur batu batanya.

Sejumlah dugaan tentang bangunan itupun bermunculan. Sejarawan cum anggota tim Cagar Budaya Kota Bekasi Ali Anwar, dikutip portal berita lintasbekasi.com, Senin (10/8/2020), menduga bangunan itu adalah saluran air bawah tanah. Okie Rishananto dari Front Bekassi menduga bahwa bangunan itu merupakan gorong-gorong untuk keretaapi, seperti dokumentasi pembangunan struktur serupa di Rancaekek tahun 1916 yang ia perlihatkan dari salinan foto CM Luijks. Meski bentuknya sama, struktur bangunan di Rancaekek terbuat dari batu kali, bukan batu bata seperti di Stasiun Bekasi.

Baca juga: Bekasi Lautan Api di Mata Dua Saksi

Ahmadi (kiri) penanggung jawab proyek DDT di Stasiun Bekasi (Foto: Randy Wirayudha/HISTORIA)

Sementara, penggiat sejarah keretaapi Adhitya Hatmawan menerka, itu adalah bangunan semacam jembatan keretaapi. “Bisa jadi itu struktur pondasi lama Bangunan Hikmat (jembatan keretaapi, red.) di eranya BOS (Bataviasche Ooster Spoorweg). Tapi harus dilihat lagi peta lama halte Bekasi pada masa itu,” tutur Adhit.

BOS merupakan perusahaan keretaapi era Hindia Belanda yang berdiri pada 1870 dan mengoperasikan jalur keretaapi dari Batavia (kini Jakarta) ke timur, yakni ke Jatinegara. Hingga 1950-an, Bekasi masih bagian dari Kabupaten Jatinegara.

Baca juga: Bekasi Membara: Prahara di Pinggir Jakarta

Kemiripan bentuk gorong-gorong di Rancaekek dengan bangunan msterius di Stasiun Bekasi (Foto: CM Luijks/Randy Wirayudha)

Terlepas dari banyaknya dugaan itu, masih dibutuhkan penelusuran lebih dalam untuk menemukan jawaban atas bangunan itu dan kapan dibangunnya. Tim ahli Cagar Budaya Kota Bekasi kabarnya sudah merekomendasikan pada Pemkot Bekasi untuk bekerjasama dengan BPCB guna mengadakan kajian lebih lanjut sebelum temuan itu jadi tumbal pembangunan.

“Baiknya pihak-pihak terkait untuk stop dulu untuk ekskavasi dan dokumentasi. Ini bisa jadi sejarah Bekasi yang hilang. Akan sayang sekali kalau memang tidak ditelusuri lebih jauh,” kata Okie.

Baca juga: Menggelorakan Kembali Perlawanan Dahsyat di Bekasi

TAG

bekasi stasiun sejarah-keretaapi kereta-api kereta api perkeretaapian

ARTIKEL TERKAIT

Insiden Menghebohkan di Stasiun Kroya Sepak Terjang Madmuin Hasibuan Kekuasaan Tarumanagara di Bawah Tapak Kaki Purnawarman Klenteng Hok Lay Kiong, Buah Pemberontakan Buruh Tionghoa Terhadap VOC Chairil Anwar Sang Pejuang Melumpuhkan Gerombolan G30S tanpa Peluru Bekasi Lautan Api di Mata Dua Saksi Putra Betawi dalam Pusaran Revolusi Indonesia Dulu Sekadar Rawa, Kini Menjamu Pesta Olahraga Asia Mengenal Lebih Dekat Stadion Patriot Candrabhaga