Masuk Daftar
My Getplus

Sultan Syahrir dan Ragam Muasal Manusia Indonesia

Ia masih berdarah Arab keturunan Nabi Muhammad SAW, kata keluarganya yang diceritakan turun-temurun. Faktanya?

Oleh: Randy Wirayudha | 19 Okt 2019
Mayor TNI Sultan Syahrir, peserta Tes DNA Historia bersama Kemendikbud RI asal Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Fernando Randy/HISTORIA)

SULTAN Syahrir punya keyakinan bahwa dia masih punya darah keturunan Nabi Muhammad SAW. Mayor TNI AD itu sejak kecil sudah dikisahkan silsilah keluarganya yang darahnya masih berkelindan dengan Sayid Jalaluddin.

Pria asal Palu, Sulawesi Tengah itu keluarga besarnya berasal dari suku Kaili. Para pendahulunya sampai membuat pohon silsilah untuk mengaitkan darah keluarganya dengan Rasulullah SAW.

“Menurut kepercayaan orangtua, kami berasal dari Arab. Jadi ada keturunan dari Sayid Jalaludin yang menikah di Cikoang. Intinya menurut beliau-beliau (para pendahulu Sultan), Sayid Jalaluddin ini keturunan Rasulullah yang berperjalanan sampai ke Palu, Sulawesi Tengah,” kata Sultan kepada Historia.

Advertising
Advertising

Kedatangan Sayid Jalaludin ke Sulawesi, menurut Sultan, tak lepas dari upaya penyebaran Islam lewat pernikahan dengan putri bangsawan setempat. “Nah akhirnya mungkin gennya menang ke saya itu gen lokalnya, jadi enggak kelihatan sama sekali Arabnya (di wajah Sultan). Tetapi perkara sah atau tidaknya keturunan Rasulullah, itu di luar pengetahuan saya,” sambungnya.

Baca juga: Pernah Diolok Onta, Gen Arab Najwa Hanya 3,4 Persen

Beragam literatur, semisal Islam and Colinialism: Becoming Modern in Indonesia and Malaysia karya Profesor Muhamad Ali, pakar studi Islam di University of California, menyebutkan adanya ulama Islam bernama Sayid Jalaludin al-Aidit. Menurut Ali, Sayid Jalaluddin adalah ulama Syiah dari Jazirah Arab.

“Sayid Jalaluddin al-Aidit datang dari Arabia melalui Aceh dan Banjar (Kalimantan) ke Cikoang pada abad ke-17. Al-Aidit dikatakan berlabuh di Cikoang karena di Makassar sudah terlalu dominan pedagang Sunni Syafii,” tulis Ali.

Namun lantaran wajah Sultan tak menampakkan ciri Arab, ia tak pernah kena rundung (bully).

“Yang menarik sebenarnya bully itu bukan kepada suku saya, tetapi budaya yang ada di keluarga saya. Di keluarga saya perkawinannya ke dalam. Tidak boleh seorang wanita menikah dengan di luar darah keluarganya. Jadi bapak saya sendiri dengan ibu saya, istilahnya sepupu satu kali,” terang Sultan.

Perundungan itu baru dirasakan Sultan setelah ia masuk asrama di SMA-nya di Magelang, Jawa Tengah yang tentu didominasi orang Jawa. “Saya mengalami culture shock. Bayangkan, saya sebagai perantauan lulusan SMP masuk lingkungan asrama SMA yang baru dengan berbahasa yang bahasanya tidak saya pahami. Apalagi buat mereka yang orang Jawa, katanya juga tidak baik menikah satu sepupu. Katanya kalau dalam pelajaran biologi, nanti anaknya down syndrome. Saya merasa ter-bully di situ,” tambahnya.

Baca juga: Grace Natalie Ternyata Punya Gen Afghanistan

Namun, perlahan ia bisa berbaur dan kawan-kawannya pun saling mengerti budaya satu sama lain. Begitu pula ketika Sultan masuk akademi militer di kota yang sama. Bercampur dengan para taruna dari Aceh hingga Papua, ia merasa perbedaan adalah kekayaan dan bisa jadi kekuatan di antara mereka sendiri.

Oleh karena itu, kondisi sosial-masyarkat belakangan yang mulai diwarnai pengkotak-kotakan antara pribumi dan non-pribumi membuat Sultan prihatin. Hal itu jadi salah satu faktor yang mendorongnya ikut tes DNA (Deoxyribonucleic acid) yang diselenggrarakan Historia.id dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI lewat Proyek DNA Asal Usul Orang Indonesia (ASOI).

“Apa sih pribumi dan non-pribumi? Saya miris melihat kita, terutama beberapa tahun belakangan ini, memfragmentasi diri kita sendiri,” ujar Sultan.

Dominan DNA Asia Timur

Apa yang diyakini tak selalu berbanding lurus dengan fakta. Hal itulah yang dialami Sultan ketika mengetahui hasil tes DNA-nya tak sama dengan yang dia yakini selama ini. Gen Asia Timur justru mendominanasi dirinya.

“Saya terkejut. Kok saya 83 persen itu Asia Timur? Pengertian saya kan Asia Timur itu Tiongkok. Padahal saya enggak ada roman-roman (ciri wajah) Tiongkok,” cetus Sultan.

Herawati Supolo-Sudoyo (kanan) pakar genetika Lembaga Biologi Molekuler Eijkman memaparkan hasil tes DNA Sultan Syahrir (Foto: Dok. Historia)

Rincian hasil tes DNA-nya: Asia Timur 83,04 persen, Asian Disperse (Diaspora Asia) 13,11, dan Asia Selatan 3,78 persen. Sementara, gen Timur Tengah-nya hanya 0,07 persen. Menurut pakar genetika dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Herawati Supolo-Sudoyo, nenek moyang Sultan bagian dari migrasi Austronesia sejak empat milenium (4.000 tahun) lampau.

“Gelombang migrasi ini dari Yunan (Cina Selatan) turun ke bawah. Yang sebagian besar dari orang Indonesia, terutama mereka yang tinggal di Sulawesi, adalah yang pertamakali menerima latar belakang Austronesia. Jadi Pak Sultan sesuai sekali presentasenya, 83 persen Asia Timur yang asalnya dari migrasi Austronesia dari Yunan itu,” kata Herawati.

Sementara, 13,11 persen gen Diaspora Asia merupakan orang-orang dari Asia Timur yang merantau sampai ke Amerika Utara. “Kan Pak Sultan asalnya (moyangnya) dari Asia daratan tadi, nah sebagian dari yang di situ menyeberang Selat Bering masuk ke Amerika,” sambung Herawati.

Baca juga: Sabri dan Jejak Leluhur Asia Timur pada Orang Jawa

Sedangkan 3,78 persen gen Asia Selatannya, kata Herawati, berasal dari keturunan Bengali. “Terus yang terakhir, Middle East-nya (0,07 persen) dari Oman. Dari keturunan Bedouin (Badui). Jadi memang Pak Sultan ini genetiknya Austronesia tapi rupanya ada percampuran sedikit dari Bengali dan Bedouin.”

Bedouin adalah salah satu masyarakat di Jazirah Arab yang hidup nomaden mengikuti sumber ketersediaan sumber air. Bedouin terbagi dua, satu berdiam di utara dan tengah Jazirah Arab. Mereka lantas menyebar ke Afrika Utara.

Adapun kelompok kedua mengembara di wilayah selatan Jazirah Arab (Yaman, Oman), hingga kemudian menyebar hingga Asia Selatan dan Asia Tengah.

Meski terkejut, Sultan bisa menerima fakta yang ada. “Saya makin yakin kita semua justru bukan berasal dari Indonesia. Jadi buat apa menganggap diri kita lebih Indonesia dari yang lain. Kalau kita mau lihat mana yang lebih Indonesia, kita bisa lihat dari dua hal: Pertama, bagaimana dia mengisi kemerdekaan? Mungkin itu klise karena seragam saya. Kedua, bagaimana dia merawat keindonesiaan kita?” sambung Sultan.

Baginya, mengisi dan merawat keindonesiaan tidaklah rumit. “Apakah kita sudah manusiakan mereka dengan adil dan beradab dalam bingkai persatuan?” tandasnya.

TAG

dna genetika proyek dna proyekdnahistoria

ARTIKEL TERKAIT

Svante Pääbo dan Jalan Panjang Menjawab Asal-Usul Manusia Saksi Mata-mata Dieksekusi Melengserkan Dekan yang Suka Perempuan Akar Kebudayaan Nusantara dan Pasifik Siapa Sebenarnya Bangsa Indonesia? Perubahan Peran Perempuan di Nusantara Historia Raih LINE Indonesia Awards Tak Ada Ras, Semua Manusia dari Afrika DNA dan Keragaman Manusia Mencintai Indonesia dalam Suka dan Duka