Masuk Daftar
My Getplus

Kiprah Dokter di Dunia Pergerakan

Kisah lima dokter bumiputera yang mengukir namanya dalam sejarah Indonesia.

Oleh: M. Fazil Pamungkas | 08 Apr 2020
Sekolah Dokter Djawa di Batavia (Kemdikbud.go,id)

Benar rasanya jika saat ini semua orang berpikir bahwa para tenaga medis adalah pahlawan. Peran mereka begitu penting dalam menghadapi pandemi virus Covid-19 yang penyebarannya semakin hari semakin mengkhawatirkan. Dilansir kompas.com, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga memberi apresiasi atas kinerja mereka. Dia menyebut tenaga medis sebagai pejuang di garis depan, ibarat tentara di masa lalu.

“Kalau dulu dalam perang terbuka, mungkin tentara di garis depan, sekarang dokter. Pahlawan bangsa. Jadi kami sangat menghormati mereka,” kata Prabowo.

Tidak lupa Prabowo memberikan ucapan terima kasih kepada para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang telah berdedikasi merawat dan mengobati para pasien Covid-19. Perjuangan tak kenal lelah para dokter yang berusaha menekan angka kematian di masyarakat seolah kembali menegaskan peran tenaga medis ini dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Advertising
Advertising

Dari sekian banyak dokter yang sudah lahir di negeri ini, Historia mencoba menggali perjalanan hidup lima orang dari mereka yang perjuangannya membawa perubahan bagi Indonesia. Berikut kisahnya.

Politik Soetomo

Soetomo dan istrinya Everdina Bruring (Kemdikbud.go.id)

Tidak hanya mengabdikan diri di dunia kedokteran, Soetomo pun aktif berjuang dalam dunia politik semasa pergerakan nasional di awal abad ke-20. Dilahirkan pada 30 Juli 1888 di Nganjuk, Jawa Timur, Soetomo menempuh pendidikan di Stovia (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen/Sekolah dokter bagi bumiputera) pada 1903. Di sekolah itulah dia terkenal aktif menyuarakan pendapatnya.

Pada akhir 1907, Soetomo kedatangan tamu seorang dokter Jawa dari kalangan priayi rendahan, Wahidin Soedirohoesodo. Soetomo mengundangnya berceramah di Stovia mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan. Wahidin sendiri memang sedang melakukan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda bumiputera yang pandai.

Akira Nagazumi dalam Bangkitnya Nasionalisme Indonesia Budi Utomo 1908-1918, menyebut Soetomo dan kawannya, Soeradji, lebih terkesan oleh perangai, pikiran, dan semangat pengabdian Wahidin ketimbang rencana-rencananya.

“Barangkali ia pun tidak berbicara tentang beasiswa sama sekali, tetapi kata-katanya tergores mendalam di lubuk hati dua anak muda itu,” ungkap Nagazumi. “Sekali dirasuki oleh gagasan Wahidin, Soetomo segera larut dalam kegiatan mendirikan suatu perkumpulan di dalam Stovia.”

Pada 20 Mei 1908, puluhan anak muda berkumpul di aula Stovia. Turut hadir siswa-siswa dari sekolah pertanian (landbouw school) dan kehewanan (veeartsnij school) di Bogor; sekolah pamongpraja (Osvia) di Magelang dan Probolinggo; sekolah menengah petang (hogere burger school) di Surabaya; serta sekolah pendidikan guru bumiputra (normaalschool) di Bandung, Yogyakarta, dan Probolinggo.

Baca juga: Benarkah Boedi Oetomo Anti-Islam?

Dalam pertemuan itu para pemuda sepakat mendirikan sebuah organisasi. Namanya Boedi Oetomo –dikutip oleh Soeradji dari ucapan Soetomo kepada Wahidin: “Punika satunggaling padamelan sae sarta nelakaken budi utami (Ini merupakan perbuatan baik serta mencerminkan keluhuran budi)”. Demi merealisasikan pembentukan organisasi Boedi Oetomo ini, Soetomo dibantu rekan-rekannya: Soeradji, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soewarno, Goembrek, Mohammad Saleh, dan Soelaeman.

Tak lama setelah berdiri, para siswa Stovia berusaha menarik hati rekan-rekan dari sekolah lanjutan lainnya untuk bergabung dengan Boedi Oetomo. Dengan cepat cabang organisasi ini berdiri di tiga daerah: Magelang, Yogyakarta, dan Surabaya. Hingga Juli 1908, jumlah anggota Boedi Oetomo mencapai 650 orang.

“Kendati demikian selama tahun-tahun pertama Stovia tetap merupakan pusat kegiatan Budi Utomo,” tulis Nagazumi.

Sadar akan peran kaum priayi yang besar di kalangan bumiputera, para pendiri Boedi Oetomo mulai melakukan pendekatan. Bupati Tuban, Temanggung, Jepara, Demak, Karanganyar, Kutoarjo, Serang, dan Pakualaman, menunjukkan minat membantu para pemuda ini. Maka diputuskan Boedi Oetomo akan melaksanakan kongres pertamanya pada 3-5 Oktober 1908 di Yogyakarta.

Dari kongres tersebut tercipta sejumlah resolusi: perbaikan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi dengan tanggungan beasiswa, membatasi jangkauan gerak hanya pada penduduk Jawa dan Madura, melibatkan diri dalam kegiatan politik, dan tak akan menyimpang dari ketentuan hukum adat. Selain itu, Tirtokoesoemo (bupati Karanganyar) terpilih sebagai ketua Boedi Oetomo, didampingi Wahidin di kursi wakil. Sementara Tjipto masuk dalam susunan pengurus sebagai komisaris.

Dengan komposisi kepengurusan seperti itu, para siswa Stovia yang menahkodai lahirnya Boedi Oetomo tidak bisa menentukan arah kemudi organisasi. Mereka harus rela menyerahkan kepemimpinan Boedi Oetomo, “kepada anggota-anggota yang lebih dewasa”. Golongan muda juga tidak mengambil kesempatan menentukan arah dalam kongres kedua tahun 1909. Tjipto, Goenawan, dan Soetomo tidak bersuara. Pemain utama dipegang oleh Dwidjosewojo, Mohammad Tahir, dan Sastrowidjojo.

Setelah melepaskan perhatiannya dari Boedi Oetomo, Soetomo fokus terhadap profesinya sebagai dokter. Ia lulus dari Stovia pada 1911, dan bekerja sebagai dokter pemerintah di berbagai daerah di Jawa dan Sumatera. Tahun 1919, dia berkesempatan melanjutkan studi spesialis di Universitas Amsterdam, Belanda. Soetomo juga sempat menjadi pengajar di Nederlandsch Artsen School.

Kekerasan Sikap Seorang Tjipto

Tjipto Manoenkoesoemo duduk paling kiri (KITLV)

Di era zaman bergerak, kiprah Tjipto Mangoenkoesoemo terbilang sangat aktif. Sama halnya dengan Soetomo, Tjipto berprofesi sebagai dokter sebelum akhirnya lebih memilih aktif di dunia politik. Dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah pada 1886, ketika menginjak usia 13 tahun Tjipto mendaftarkan diri ke sekolah dokter Jawa.

Setelah lulus tahun 1905, dia menjadi dokter pemerintah. Salah satu prestasi Tjipto sebagai dokter adalah berhasil mengatasi penyakit pes di Malang, Jawa Timur. Berkat jasanya, pemerintah Belanda memberinya penghargaan Willem Klas 3, namun ditolak. Dia memang dikenal keras dalam menentang praktik kolonialisme.

Tjipto lalu mundur sebagai dokter pemerintah dan terjun berpolitik. Bersama Soetomo dan adiknya, Goenawan Mangoenkoesoemo, dia memulai karirnya di Boedi Oetomo. Dalam kongres Boedi Oetomo di Yogyakarta, Tjipto gigih mengusulkan agar organisasi itu menjadi organisasi politik yang memperjuangkan kebangsaan, ketimbang hanya mengurusi persoalan kebudayaan yang baginya hanya konsumsi istana dan terlalu asing bagi rakyat kebanyakan. Namun usulannya ditolak.

“Dari kebangsaan-kebangsaan, Dokter Cipto menuju ke arah kebangsaan yang lebih besar, yakni kebangsaan Hindia,” tulis Slamet Muljana dalam Kesadaran Nasional.

Setelah meletakkan jabatannya sebagai komisaris Boedi Oetomo, pada 1912 Tjipto mendirikan Indishce Partij. Di sini Tjipto berjuang bersama Douwes Dekker dan Soewardi Soerjaningrat. Sebagai pemimpin surat kabar De Express di Bandung, dia menerbitkan tulisan kawannya Soewardi: “Als Ik Een Nederlander was” (Andai saya orang Belanda). Kritik terhadap Kerajaan Belanda itu mengundang petaka. Trio Indische Partij dibuang ke Belanda.

Baca juga: Tjipto Mangoenkoesoemo, Dokter Antifasis

Meski menentang kolonialisme Belanda, Tjipto lebih khawatir terhadap fasisme. Ketika Jerman menduduki Belanda pada 1940, dia berbalik menunjukkan simpati kepada Belanda. Begitu juga ketika Jepang masuk Hindia Belanda. Tjipto mengimbau agar rakyat membantu pemerintah Belanda melawan para fasis tersebut. Komitmen yang ditunjukkan Tjipto dalam memerangi fasisme Jepang adalah memfasilitasi pembentukan Gerakan Anti Fasis (Geraf) pada Mei 1940, pimpinan Amir Sjarifuddin.

Pada 8 Maret 1943, Tjipto menghembuskan nafas terakhirnya karena kesehatannya memburuk. Dengan demikian dia sama sekali tidak pernah merasakan kekejaman fasisme Jepang dan menyaksikan kalahnya ideologi politik di akhir Perang Dunia ke-2. 

Teladan Wahidin Soedirohoesodo

Wahidin Soedirohoesodo (Wikimedia Commons)

Perjuangan kebangsaannya menginspirasi Soetomo membentuk organisasi Boedi Oetomo. Adalah Wahidin Soedirohoesodo, dokter dari kalangan priayi Jawa yang menjadi teladan bagi para juniornya di Stovia. Wahidin lahir pada 7 Januari 1852 di Sleman, Yogyakarta. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan lanjutan di Yogyakarta, Wahidin memilih jalur kesehatan di sekolah dokter Jawa.

Dalam biografi Dr. Wahidin Sudirohusodo terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, diceritakan Wahidin pernah diasuh seorang petinggi perkebunan milik pemerintah bernama Frits Kohle. Di sana dia mempelajari banyak hal, terutama bahasa Belanda. Namun di sisi lain dia sadar bahwa jurang pemisah antara orang Barat dengan bumiputera telalu lebar.

Lulus dari sekolah dokter Jawa, Wahidin segera ditugaskan oleh pemerintah Belanda menanggulangi wabah cacar di pelosok-pelosok pulau Jawa. Dia dan lulusan dokter Jawa lainnya memang khusus ditempatkan dekat dengan masyarakat bumiputera, karena kebanyakan dokter Eropa hanya menerima pasien sesamanya saja.

Baca juga: Gagasan Awal Pendirian Boedi Oetomo

Kesadaran memajukan bangsanya sendiri di tengah kalangan Eropa semakin besar tumbuh di dalam diri Wahidin. Dia pun rela tidak dibayar sepeser pun oleh rakyat yang tidak memiliki uang untuk berobat. Aksi Wahidin semakin nyata tatkala dirinya mulai melakukan aksi penggalangan dana bagi biaya pendidikan pemuda-pemuda bumiputera.

Wahidin mulai berkeliling Jawa pada 1906. Aski nyatanya itu disambut oleh bangsawan yang menyatakan kesediaannya membantu Wahidin, termasuk dari kalangan Kesultanan Ngayogyakarta. Sebagai seorang dokter, Wahidin tidak pernah lepas dari kegiatan praktik kesehatan, meski sibuk mengurusi berbagai persoalan kemajuan pendidikan yang menjadi tujuannya.

Reputasi Wahidin sampai juga di telinga Soetomo dan pemuda Stovia lainnya. Saat berada di Batavia, dia diundang untuk memberi ceramah di hadapan Soetomo dan kawan-kawannya. Wahidin jugalah yang kemudian memicu Soetomo untuk ikut berjuang dalam memajukan bangsa, sehingga lahirlah Boedi Oetomo.

A. Mochtar Sang Martir

Pusara Achmad Mochtar (Rahadian Rundjan/Historia)

Achmad Mochtar adalah direktur bumiputera pertama di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Pada 3 Juli 1945, dia dieksekusi mati oleh Jepang atas tuduhan sabotase vaksin buatan lembaganya, TCD (Typhus Cholera Dysentery), yang mengakibatkan ratusan orang romusha (pekerja paksa) tewas. Mochtar dan lembaga pimpinannya menjadi tertuduh atas kasus tersebut.

Naas bermula ketika Juli 1944 ratusan romusha di Klender, Jakarta terkena wabah penyakit. Dokter-dokter Jepang berusaha menyembuhkannya dengan menyuntikkan vaksin tipes, kolera, dan disentri. Alih-alih sembuh, sekira 900 orang tewas. Pemerintah pendudukan Jepang langsung mencurigai para peneliti di Eijkman. Pemeriksaan Kenpetai (polisi Jepang) menunjukkan lembaga Eijkman memasukkan racun kedalam vaksinnya.

Pemeriksaan Kenpetai berubah tragis ketika para dokter-peneliti, termasuk Mochtar, ditangkap dan disiksa pada Oktober 1944. Ada yang dipukuli, disetrum, sampai dibakar hidup-hidup. Achmad Mochtar dituduh sebagai pelaku utama. Demi menyelamatkan nyawa kolega-koleganya di Lembaga Eijkman, dia memutuskan mengaku.

Pada Januari 1945, Jepang membebaskan staf-staf Eijkman dalam keadaan yang menyedihkan. Dua dokter, Marah Achmad Arif dan Soeleiman Siregar, meninggal dunia dalam tahanan akibat siksaan. Sementara Achmad Mochtar dijatuhi hukuman mati. Menurut Moh. Ali Hanafiah, asisten dr Mochtar, dalam Drama Kedokteran Terbesar, Achmad Mochtar dipaksa mengaku mengotori vaksin yang menyebabkan kematian banyak orang itu. Dia dituduh memasukkan bakteri tetanus ke dalam vaksin yang digunakan dokter Jepang.

Baca juga: Martir Dunia Kedokteran

Pada Juli 1945, Achmad Mochtar dieksekusi tanpa pengadilan dengan cara dipancung. Jenazahnya dikebumikan di pemakaman massal Ancol. Peristiwa tersebut menimbulkan tanda tanya besar dan menjadi tragedi memilukan dalam dunia kedokteran Indonesia. JK Baird, Direktur Clinical Research Unit Oxford University, kemudian melakukan penelitian atas kasus tersebut.

Menurut Bird, dikutip theguardian.com, kematian romusha disebabkan eksperimen dokter Jepang yang membuat vaksin tetanus untuk kebutuhan tentara dan penerbangan Jepang. Para romusha itu menjadi kelinci percobaannya. Untuk menutupi hal ini, Lembaga Eijkman difitnah. Sebagai kepala lembaga Achmad Mochar menjadi kambing hitam untuk menyelamatkan koleganya.

“Kisah tentang Prof. Achmad Mochtar merupakan drama kemanusiaan yang terjadi dalam kurun waktu yang amat bersejarah untuk Indonesia, dan terjadi dari berbagai peristiwa militer dan politik pada periode 1942-1945,” ucap Sangkot Marzuki, penulis War Crime in Japan-Occupied Indonesia: A Case by Medicine.

Pergerakan Bahder Djohan

Bahder Djohan (Wikimedia Commons)

Bahder Djohan hadir ketika para pemuda sebayanya menyuarakan aksi kebangsaan di dalam suatu kongres yang melahirkan Sumpah Pemuda pada 1928. Tanpa melupakan perannya sebagai murid di sekolah dokter, Bahder berjuang mencari keindonesiaan di tengah kepungan para kolonialis yang terus memperkuat pengaruhnya terhadap Bumiputra.

Bahder Djohan dilahirkan di Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat pada 30 Juli 1902. Sebagai sesama putra Minangkabau, Bahder bersahabat karib dengan Hatta. Keduanya, bersama pemuda Minangkabu lainnya, memperkuat ikatan di Jong Sumatranen Bond (JSB). Organisasi ini merupakan wadah perjuangan semasa pergerakan nasional.

Baca juga: Bahder Djohan dan Akses Bacaan untuk Dokter Pribumi

Menyelesaikan pendidikannya di sekolah menengah (HIS) dan sekolah lanjutan (MULO) di Padang, pada 1919 Bahder memilih merantau ke Batavia untuk mendaftar sekolah dokter Stovia. Dikisahkan Mardanas Safwan dalam Prof. Dr. Bahder Djohan: Karya dan Pengabdiannya, Bahder semakin aktif di JSB ketika di perantauannya ini. Dia menjadi perwakilan JSB di Kongres Pemuda I pada 30 April 1926, dan Kongres Pemuda II pada 1928.

Lulus dari Stovia pada1927, Bahder bekerja di Centrale Burgerlijke Zienkenhuis (CBZ), kini RS Cipto Mangunkusumo. Meski ada di lingkungan para kolonialis, dia tidak melupakan hakikatnya sebagai pejuang pergerakan. Di bidang kedokteran, Bahder berusaha meningkatkan derajat dokter bumiputera agar dapat sejajar dengan dokter Eropa.

Dia juga ikut menyuarakan ketidakadilan dalam akses informasi kesehatan yang diterima dokter bumiputera oleh pemerintah Belanda. Akses majalah Genuskundig Tijdschrift van Nederlandsh Indie (GTNI) ini baginya amat penting untuk pembelajaran para dokter. Maka Bahder merasa perlu memperjuangkannya. Hasilnya kebijakan pembatasan akses itu dihapuskan.

TAG

kedokteran

ARTIKEL TERKAIT

Peran Calon Dokter dari Indonesia Timur dalam Kemerdekaan Dr. Raden Rubini Natawisastra, Pahlawan Nasional dari Kalimantan Barat Jejak J.A. Kaligis, Dokter Hewan Bumiputra Pertama Awal Mula Dokter Hewan di Indonesia Sardjito dan Biskuit Anti Lapar untuk TNI Sardjito Memimpin Institute Pasteur Sardjito, Dokter Revolusi Indonesia Lama Wabah di Masa Lalu Peran Radjiman Wedyodiningrat sebagai Dokter Keraton Kondisi Kesehatan Jakarta di Awal Kemerdekaan