Masuk Daftar
My Getplus

Membuang Orang Pergerakan ke Papua

Pemerintah Hindia Belanda membuat penjara pengasingan yang mengerikan di Papua. Tujuannya untuk membungkam dan mematikan gerakan nasionalis kaum pribumi.  

Oleh: Martin Sitompul | 15 Jul 2021
Para tahanan politik yang akan dikirim ke Boven Digul, Papua, 1927. (Wikipedia).

Menteri Sosial Tri Rismaharini lagi-lagi bikin sensasi. Dalam video yang belakangan viral, Risma terekam memaharahi beberapa anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Wyata Guna, Bandung. Risma mengangap mereka tidak tangkas bekerja menyiapkan makanan di dapur umum.

Kemarahan Risma kiranya dapat dipahami. Namun, yang menjadi sorotan, Risma mengancam akan memutasi anak buahnya yang lalai itu ke Papua. “Dengar, saya nggak main-main, nggak ada yang susah buat saya pindahkan ke Papua,” begitu kata Risma.  

Alih-alih menuai simpati, ucapan Risma lebih terkesan cari perhatian dan bernada diskriminasi. Papua merupakan daerah paling timur sehingga sangat jauh dari pusat pemerintahan. Tak dapat dipungkiri, Papua memang belum semaju daerah lain di Indonesia. Dari pernyataan Risma, Papua seolah-olah menjadi tempat pembuangan bagi mereka yang terhukum.

Advertising
Advertising

Baca juga: 

Misi Soeharto di Papua

Pernyataan Risma itu mengingatkan kita kepada sikap represif pemerintah Hindia Belanda pada waktu lampau. Di masa kolonial, pemerintah Hindia Belanda merepresi orang-orang pergerakan dengan mengirimkannya ke penjara pengasingan di Papua. Penjara yang lebih mirip kamp interniran itu berlokasi di Boven Digul, yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Boven Digul, Provinsi Papua

Kamp Interniran

Boven Digul terletak di hulu Sungai Digul, di bagian selatan Papua. Semula kawasan ini hanya rimba belantara yang diselingi dengan hutan sagu sehingga terkesan menyeramkan. Pemerintah Hindia Belanda memutuskan mendirikan kamp pengasingan massal di sana menyusul peristiwa pemberontakan kaum komunis di Banten pada November 1926.

“Menurut pandangan pemerintahan kolonial Belanda, Boven Digul sangat ideal untuk pembuangan dan pengasingan para pemberontak yang dianggap berbahaya bagi kelangsungan pemerintahan kolonial karena Boven Digul 100% terisolasi dari dunia luar,” tulis sejarawan Rosmaida Sinaga dalam “Tanah Merah, Boven Digoel: Kota Pemerintahan dan Kamp Internir pada Masa Kolonial” termuat di kumpulan tulisan Jejak Kebangsaan: Kaum Nasionalis di Manokwari dan Boven Digoel.  

Baca juga: 

Pesan dari Kamp Interniran

Gelombang pertama pembuangan besar-besaran ke Digul berlangsung pada 1927. Sekira 1300 orang dikirimkan ke Digul untuk menjalani pengasingan. Kebanyakan dari mereka adalah anggota Sarekat Rakyat (SR) dan Sarekat Islam (SI), dan Partai Komunis Indonesia (PKI). Para tahanan politik kelas kakap dari berbagai daerah itu itu lantas digabungkan dan diangkut bersama-sama.

“Selama dalam pelayaran mereka mengalami hinaan dan siksaan yang berat. Mereka dirantai berlima-lima di dalam kapal, makanan sangat kurang dan perlakuan lainnya yang tidak sesuai dengan martabat dan perikemanusiaan,” ungkap tim penulis Departemen Sosial dalam Citra dan Perjuangan Perintis Kemerdekaan Seri Perjuangan Ex Digul.  

Diantara mereka yang menginjakan kaki di Digul terdapat tokoh bumiputra dari kalangan kiri yang radikal menentang kekuasaan Belanda. Sebut saja seperti Aliarcham, Mas Marco Kartodikromo, Thomas Najoan, Kyai Maskur (ayah MH Lukman, tokoh PKI), dan K.H. Tubagus Achmad Chatib, pemimpin pemberontakan PKI di Banten. Bagaimana suka duka para tawanan politik yang menyandang status digulis ini tersua dalam kumpulan Cerita dari Digul yang disunting sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Cerita yang paling menarik tentu saja tentang kisah pelarian beberapa digulis yang kebanyakan berakhir tragis.  

Baca juga: 

Sontani, Pelopor Pelarian dari Kamp Boven Digul

Menurut sejarawan Takashi Shirashi, Indonesianis dari Kyoto University dalam Hantu Digoel: Politik Pengamanan Politik Zaman Kolonial, pemerintah kolonial tidak menyiksa atau membunuh tahanan digulis seperti di kamp-kamp konsentrasi Jerman. Pemerintah hanya membiarkan para penghuni penjara Digul mati karena depresi, menjadi gila, atau hancur secara kejiwaan. Benar saja. Mereka yang dibuang ke Boven Digul akan terkepung oleh bentang alamnya yang sukar untuk ditaklukan.

Alam yang Kejam

Untuk masuk dan keluar kawasan Boven Digul, para interniran mesti melewati hutan rimba dan rawa-rawa yang lebat. Wilayah ini penuh nyamuk malaria, panas, lembab, gersang, dan sangat jarang penduduk. Sungainya dipenuhi oleh buaya air tawar yang ganas. Belum lagi kalau harus berhadapan dengan penduduk lokal yang masih menjalankan kebiasaan pengayauan (pemburu kepala) atau kanibalisme (pemakan manusia).

Banyak berita tentang digulis yang melakukan percobaan melarikan diri. Pada umumnya tentara Belanda tidak perlu repot-repot mengejar mereka. Dapat ditebak, usaha mereka itu hanya akan berakhir sia-sia belaka. Masih bagus jika mereka tersesat di tengah hutan lalu terpaksa kembali pulang. Sayangnya, ada pula yang jatuh ke sungai lantas dimangsa buaya. Ada lagi yang memasuki permukiman penduduk lokal harus mengantar nyawa lantaran dibunuh oleh orang-orang suku primitif.

Baca juga: 

Menjadi Gila Akibat Isolasi di Digul

“Di Digul kami tidak disiksa, tidak ditendang! Belanda memang tidak menjalankan metode ‘menyiksa badaniah’, seperti yang terjadi di beberapa bagian dunia. Tapi Belanda menggunakan metode yang lebih efisien untuk memaksa kami bertekuk lutut,” kenang I.F.M Chalid Salim dalam Lima Belas Tahun Digul:Kamp Konsentrasi di Nieuw Guinea. Pada 1928, Salim diinternir ke Boven Digul karena tulisannya yang tajam di Pewarta Deli yang mengecam sikap polisi kolonial dalam menumpas pemberontakan komunis pada 1926.

Bung Karno dalam otobiografinya menjunjung penuh hormat mereka yang pernah diasingkan ke Digul. “Banyak orang komunis, yang tulang belulangnya berserakan dalam kuburan-kuburan yang tak dikenal di Digul, adalah pejuang-pejuang kemerdekaan yang ulung,” kata Sukarno dalam Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Tidak heran, Sukarno merasa tanah Digul sebagai tempat persemaian benih kemerdekaan sedangkan para digulis itu disebutnya sebagai pejuang perintis kemerdekaan.  Romantika itu yang kemudian semakin mengukuhkan klaim Sukarno terhadap Papua sebagai bagian dari Indonesia.

Baca juga: 

Repotnya Membawa Buku Bung Hatta

Gelombang kedua pembuangan ke Digul berlangsung pada 1933. Kebanyakan dari mereka yang diinternir adalah aktivis politik dari PNI Baru, PARI, PSII, PERMI, dan PARTINDO. Beberapa diantaranya seperti Sutan Sjahrir, T.A. Murad, dan Mohammad Hatta yang kemudian memproklamasikan kemerdekaan bersama Sukarno pada 1945. Hatta dalam Memoir bahkan mengakui sempat dua kali menderita demam malaria dalam setahun masa pengasingannya di Digul.     

Pendudukan Jepang ke negeri Hindia pada 1942 mengakibatkan Belanda angkat kaki dan terpaksa mendirikan pemerintahan darurat di Australia. Dalam kekalahannya yang memalukan itu, seperti dicatat Harry Poeze dalam PKI Sibar, Belanda memboyong serta 524 digulis untuk ditempatkan di Kamp Penghuni dan Tahanan Perang Cowra di New South Wales. Dengan demikian, berakhirlah masa pembuangan ke Digul setelah Belanda keok di tangan Jepang.

TAG

papua boven digul

ARTIKEL TERKAIT

Kisah Mantan Pilot John F. Kennedy Digoelis Makassar Itu Bernama Paiso Komunis Agen Syiar Islam di Belantara Papua Jayapura Bermula dari Kamp KNIL Mula Bendera Indonesia Berkibar di Papua Digoelis Masuk Parlemen Gunung Agung dan Masagung Eks KNIL Ikut Bebaskan Papua Kiprah Putra-putra Papua Beratnya Medan Trikora Papua