Masuk Daftar
My Getplus

Gagasan Awal Pendirian Boedi Oetomo

Berawal dari ide mendirikan lembaga beasiswa untuk membantu para pelajar bumiputera.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 20 Mei 2015
Mahasiswa Stovia yang mendirikan Boedi Oetomo.

WAHIDIN Soedirohoesodo, seorang dokter Jawa dari priayi rendahan, sama sekali tak bermaksud singgah ke Stovia, sekolah untuk pendidikan dokter bumiputera, di Batavia.

Pada akhir 1907, dia hanya ingin rehat setelah melakukan perjalanan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda bumiputera yang pandai. Ditemani Pangeran Ario Notodirodjo, putra Pakualam V, dia mendatangi para priayi yang lebih tua dan tinggi untuk menyampaikan gagasannya itu

Dia tiba-tiba diundang Soetomo dan Soeradji, siswa Stovia, untuk berceramah mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan.

Advertising
Advertising

Baca juga: Hari Ini Boedi Oetomo Berdiri

Wahidin, kata sejarawan Rushdy Hoesein, mengungkapkan gagasannya untuk mewujudkan sebuah lembaga beasiswa bagi pemuda bumiputra agar dapat melanjutkan studinya dengan baik.

“Dalam diskusi dua generasi anggota masyarakat kedokteran ini dibicarakan hal-hal umum tentang masa depan kebangsaan serta perlunya agen-agen perubahan (agent of changes) untuk mempelopori pembangunan kebangsaan,” ujar Rushdy kepada Historia.

Akira Nagazumi dalam Bangkitnya Nasionalisme Indonesia Budi Utomo 1908-1918 menyebut Soetomo dan Soeradji lebih terkesan oleh perangai, pikiran, dan semangat pengabdian Wahidin ketimbang rencana-rencananya.

Baca juga: Benarkah Boedi Oetomo Anti-Islam?

“Barangkali ia pun tidak berbicara tentang beasiswa sama sekali, tetapi kata-katanya tergores mendalam di lubuk hati dua anak muda itu,” catat Nagazumi. “Sekali dirasuki oleh gagasan-gagasan Wahidin, Soetomo segera larut dalam kegiatan mendirikan suatu perkumpulan di dalam Stovia.”

Untuk merealisasikan pembentukan perkumpulan tersebut, Soetomo dibantu rekannya: Soeradji, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soewarno, Goembrek, Mohammad Saleh, dan Soelaeman.

Baca juga: Asal Usul Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

TAG

Boedi-Oetomo

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Boedi Oetomo Anti-Islam? Boedi Oetomo di Bulan Puasa Menentukan Arah Kemudi Boedi Oetomo Boedi Oetomo dari Progresif menjadi Konservatif Hari Ini Boedi Oetomo Berdiri Memvisualisasikan Jejak Boedi Oetomo Tjipto Mangoenkoesoemo, Dokter Antifasis Jalan Menyimpang Goenawan Mangoenkoesoemo Kibuli Raden Paku Lyndon LaRouche, Capres Abadi AS