Masuk Daftar
My Getplus

Charlie Chaplin Berkunjung ke Garut

Selain aktor komedi Charlie Chaplin, perdana menteri Prancis juga pernah berkunjung ke Garut.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 20 Jan 2019
Charlie Chaplin dalam film bisu, The Kid (1921). (Wikimedia Commons).

PRESIDEN Joko Widodo mengadakan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat (17/1). Dari Bandung, Jokowi menuju Kabupaten Garut dengan kereta api untuk meninjau panel reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.

Dalam akun twitter-nya, Jokowi mencuit: “Komedian legendaris abad ke-20 Charlie Chaplin pernah dua kali berlibur ke Garut dengan kereta api. Jalur yang dilewati Charlie Chaplin di Garut kini jadi rel mati dan akan kita hidupkan lagi untuk pengembangan kawasan wisata dan perekonomian.”

Menurut Haryoto Kunto, yang dijuluki “kuncen Bandung”, dalam Seabad Grand Hotel Preanger, 1897-1997, Garut merupakan kota kecil yang sering dikunjungi kaum preangerplanters (tuan-tuan perkebunan), yang dihubungkan oleh jalur kereta api, di mana Stasiun Cibatu merupakan tempat alih kereta rute Bandung-Surabaya.

Advertising
Advertising

Ayahnya yang pernah menjadi kepala Stasiun Cibatu (1935-1940) menceritakan, lebih dari selusin sedan taksi dan limousine tua milik hotel parkir di pelataran stasiun untuk menjemput wisatawan mancanegara dan tamu-tamu penting yang akan bertamasya dan liburan di Garut.

Baca juga: Mengapa Bandung dijuluki Parijs van Java?

Garut yang berhawa sejuk dan sempat dijuluki Paradijs van het Oosten (Surga dari Dunia Timur), memiliki sejumlah objek wisata alam yang indah. Sebut saja Situ Bagendit, pemandian air panas di Cipanas Tarogong, situs Candi Cangkuang di Leles atau Talaga Bodas di Wanaraja. Para wisatawan juga bisa melancong ke perkebunan Pamegatan di Cikajang, lalu mampir menginap di Landhuis Darajat. Mereka juga bisa mendaki Gunung Cikuray atau Gunung Papandayan untuk melihat Kawah Manuk serta naik kuda di Engelsche Park (Taman Inggris) yang asri di puncak gunung tersebut. Keindahan arsitektur bangunan rumah tradisional Sunda dari puncak Gunung Papandayan juga menjadi objek wisata yang manarik hati pelancong mancanegara.

Untuk menunjang pariwisata di Garut, pengurus Nederlandsch Indische Hotelvereeniging atau The East Indian Traveling and Tourist Office (EITTO) membangun hotel, pesanggrahan, restoran, dan obyek wisata, serta melengkapinya dengan sarana transportasi.

Baca juga: Awal mula pariwisata di Indonesia

Menurut Kunto, hotel tertua di Garut adalah penginapan milik keluarga Van Horck yang kemudian menjadi Hotel Van Horck dan sudah ada sejak tahun 1880-an. Penulis Belanda, Justus van Maurick, yang menginap di hotel itu tahun 1895 terkesan dengan pelayanan dan keramahan Nyonya Van Horck. Dalam sebuah buku, dia menulis: “Wajah anda yang ramah, mulut anda yang bergigi putih penuh gelak tawa, mengiklankan kenyamanan bagi hotel yang anda kelola dengan baik ini!”

Lantaran pelayanannya yang ramah itu, Hotel Van Horck dikenal luas masyarakat Eropa, terutama di negeri Belanda. Sehingga dari tahun ke tahun, tamu asal mancanegara yang menginap di Hotel Van Horck semakin berjubel. Sampai akhirnya hotel ini harus memperluas beberapa ruangan dan menambah jumlah kamarnya.

Fr. J.A. van Es, ketua Nederlandsch Indische Hotelvereeniging (NIH), orang pertama yang merintis kerja sama antarhotel di Priangan. Pada 1921, Hotel Savoy Homann bekerja sama dengan Hotel Van Horck. Kemudian diikuti hotel lainnya, seperti Hotel Papandayan di Garut dan Grand Hotel Selabatu di Sukabumi. Selain itu, NIH juga membangun sebuah pesanggrahan di Pantai Pameungpeuk, Garut Selatan yang menyajikan hidangan ala Eropa.

Di Garut juga terdapat Hotel Villa Dolce yang memiliki pelayanan bertaraf internasional. Menyusul Sanatorium Garoet dan Grand Hotel di Ngamplang, Hotel Villa Pauline di Cisurupan dan pesanggrahan milik Ondernaming Waspada di Lereng Gunung Cikuray yang dilengkapi een Kleine mooi masigit (mesjid mungil nan cantik) milik Tuan Holle, seorang preangerplanters yang dianggap sahabat oleh masyarakat Garut.

Baca juga: Tuan Holla dari Belanda sahabat orang Sunda

Sejak saat itu, menurut Kunto, hotel dan objek wisata di Garut makin terkenal di mancanegara. Beberapa orang penting yang pernah berkunjung dan menginap di Garut antara lain Perdana Menteri Prancis Georges Clemenceau yang menginap di Grand Hotel Ngamplang selama tiga hari pada akhir tahun 1920-an.

Aktor komedi Charlie Chaplin berkunjung ke Garut pada 1932 (ada sumber yang menyebut tahun 1927). Dia ditemani aktris Mary Pickford. Kunjungan keduanya pada 1936 (sumber lain menyebut tahun 1935 dan 1938) ditemani aktris Paulette Goddard.

“Mustahil Si Chaplin sampai berkunjung dua kali ke Garut bila pemandangan daerah ini tidak indah dan memikat hati,” tulis Kunto.

Dalam buku lain, Semerbak Bunga di Bandung Raya, Kunto mencatat, dalam kunjungannya ke Garut, Charlie Chaplin sempat menginap di Hotel Villa Dolce. Kamar hotel yang ditiduri Chaplin kemudian selalu menjadi incaran para tamu yang mau menginap.

Baca juga: Turis bukan hanya orang asing

Namun, menurut tulisan di naratasgaroet.net, Charlie Chaplin yang ditemani saudaranya, Sydney Chaplin, menginap satu malam di Grand Hotel di Ngamplang. Mereka tiba di Garut tanggal 30 Maret 1932 malam.

Tulisan berjudul “Charlie Chaplin dan Kenangan Guguling ‘the Dutch Wife’ (1932)” itu menyebut Chaplin terkesan dengan Dutch wife atau guling, temannya bantal: “Di sinilah saya menemukan pengalaman pertama saya dengan Dutch wife, yang kalau anda tinggal di daerah tropis untuk waktu yang lama, maka anda akan mengetahui bahwa anda sangat memerlukannya.”

Baca juga: Sejarah Dutch wife, siapa peluk Istri Belanda alias guling?

Chaplin dan Sydney menikmati kawah Papandayan, Situ Cangkuang, dan Situ Bagendit. Sorenya, 31 Maret 1932, mereka menuju Yogyakarta menggunakan kereta api, tiba di Surabaya pada 1 April 1932, kemudian lanjut ke Bali menggunakan kapal laut.

TAG

Pariwisata Ekonomi

ARTIKEL TERKAIT

Panduan Kebiasaan Mandi untuk Wisatawan Asing 31 Desember 1600: East India Company (EIC) Didirikan Pembagian Minyak, Gula, dan Garam dalam Peringatan Hari Ibu 19 November 1846: Mula Tambang Batu Bara Jaminan Keselamatan Rakyat saat Melakukan Perjalanan Kecak dari Sakral Jadi Profan Merekam Dua Sisi Pematangsiantar Hanandjoeddin dan Sejuta Pesona Pariwisata Belitung Berkaca pada Ekonomi Kerakyatan Bung Hatta Banjir Produk Jepang di Hindia Belanda