Masuk Daftar
My Getplus

Benny Moerdani Menangani Pembajak Pesawat Garuda

Ada informasi yang disembunyikan dalam operasi anti-teror terhadap pelaku pembajakan Garuda “Woyla”. Terselip peran sang jenderal intel Benny Moerdani.

Oleh: Martin Sitompul | 14 Sep 2021
Benny Moerdani dan Pesawat Garuda DC-9 "Woyla" yang dibajak pada 28-31 Maret 1981. Sumber: Wikimedia Commons.

Mengenakan baju safari warna gelap, Letnan Jenderal Benny Moerdani memasuki pesawat Garuda DC-9 “Woyla”. Serbuan gerak cepat dari pasukan elite anti-teror Kopassandha baru saja mengakhiri aksi pembajakan pesawat yang dilakukan teroris dari kelompok Jamaah Imran. Setelah melakukan pengecekan di sana-sini, Benny memberi isyarat “Oke” lalu turun dari tangga pesawat. Seluruh pasukan komando itupun meninggalkan lokasi.

“Pasukan komando diangkut dengan bis menuju hanggar Angkatan Udara Muangthai, dan segera masuk ke dalam pesawat DC-10 ‘Sumatra’ yang sedang parkir sejauh lima kilometer dari lokasi penyerbuan,” demikian berita Sinar Harapan, 2 April 1981.

Begitulah suasana setelah drama pembajakan pesawat Garuda “Woyla” berakhir pada 31 Maret 1981. Pesawat itu dibajak pada 28 Maret dalam penerbangan dari Jakarta menuju Medan, transit di Palembang, kemudian tertahan di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand. Kendati sempat terjadi baku tembak, operasi anti-teror itu berlangsung hanya kurang dari tiga menit.

Advertising
Advertising

Baca juga: 

Teroris Membajak Pesawat Garuda

Siang hari itu juga, kata Panda Nababan dalam Menembus Fakta: Otobiografi 30 Tahun Seorang Wartawan, Benny dan pasukannya bersama tiga mayat pembajak dan dua pembajak yang masih hidup segera terbang ke Jakarta. Sementara itu, Kepala Bakin Jenderal Yoga Soegomo didampingi Letjen Hasnan Habib, duta besar RI untuk Thailand, menggelar konferensi pers. Dikatakan bahwa operasi pembebasan sandera berlangsung sukses. Hanya saja kapten pilot Herman Rante dan prajurit Ahmad Kirang turut menjadi korban. Dari pihak pembajak, tiga orang dinyatakan tewas dan dua lainnya masih hidup, yaitu Abdullah dan Wendy.

Setelah menggelar jumpa pers, Yoga Soegomo bersama semua penumpang “Woyla” yang telah dibebaskan menyusul terbang ke Jakarta menaiki pesawat Garuda DC-9 “Digul”. Dalam rombongan itu, turut serta beberapa wartawan, salah satunya Panda Nababan, jurnalis Sinar Harapan. Mereka tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta menjelang petang.

Begitu turun dari pesawat, Panda dipanggil seorang berseragam tentara. Keduanya lantas menjauh dari kerumunan. Si tentara itu mengatakan bahwa Benny ingin bertemu. Dengan rasa was-was, Panda bersedia mengikuti. Di salah satu sudut bandara, Benny telah menanti. Raut wajahnya tampak dingin dan tidak ramah sebagaimana ciri khas Benny.  

Baca juga: 

Benny Moerdani, Penjaga Setia Penguasa Orde Baru

“Berita-beritamu di Sinar Harapan akurat dan bisa dipercaya,” ujar Benny sambil menyilangkan tangan di dada.

“Terimakasih, Pak,” jawab Panda.

Hening sejenak. Benny menoleh lurus mengamati satu per satu sandera yang turun dari pesawat. Tanpa melihat wajah lawan bicaranya, Benny kemudian berpesan, “Nanti kamu beritakan bahwa semua pembajaknya semua mati, ya.” Mendengar pesan bersayap itu, Panda menyanggah sambil merujuk pernyataan Jenderal Yoga bahwa dua orang pembajak masih hidup.

“Pokoknya, kamu tulis, semuanya tewas,” Benny menghardik. Nada bicaranya mulai meninggi.

“Wah, nggak bisa Pak…” Belum sempat Panda menyelesaikan kalimatnya, tiba-tiba Benny Moerdani menonjok dadanya dengan keras, lantas membentak. “Kamu ini enggak bisa dikasih tahu, ya! Kamu tahu, nanti ribut DPR, ribut Buyung Nasution, ngerti nggak?” katanya dengan sorot mata tajam. Sadar keselamatannya terancam, Panda langsung merangkul Benny.

Baca juga: 

Adnan Buyung Nasution dalam Dokumen Rahasia AS

“Bapak harus peluk saya. Harus senyum. Kalau tidak, nanti saya pasti mati dihajar anak buah Bapak itu,” kata Panda memelas. Beberapa meter dari tempat Benny berdiri, terlihat belasan orang berbadan kekar pakai jaket yang di dalamnya tersimpan senjata. Akhirnya, dengan tangan yang kaku Benny Moerdani merangkul balik wartawan yang ketakutan itu. Mulut Benny tampak menyunggingkan senyum tipis.

“Dengan reaksinya itu kelihatan dari jauh sepertinya kami berdua sedang bercanda. Dan, memang, saya sedang bercanda dengan maut, bercanda dengan orang yang paling ditakuti masa itu di Indonesia,” kenang Panda.

Menurut Panda, suasana saat itu sedang tidak nyaman. Benny baru pulang dari “perang” dan seorang anak buahnya, Ahmad Kirang, tewas di tangan pembajak. Insiden itu menjadi tamparan buat Benny. Beberapa waktu kemudian, terbetik kabar bahwa Abdullah dan Wendy, setelah dikuras semua informasinya, dieksekusi mati di suatu tempat yang dirahasiakan.

Baca juga: 

Sebait Puisi dari Pembajak Pesawat Garuda Woyla

Dalam reportasenya, Panda tetap menuliskan berita apa adanya. Tiga pembajak mati sedangkan dua lainnya masih hidup. Namun, keputusan redaksi Sinar Harapan memuat berita seturut dengan versi Benny, yakni semua pembajak tewas.

Dalam Sinar Harapan, 2 April 1981, diwartakan Mahrizal dan Zulfikar tewas seketika dalam penyergapan pasukan Kopassanda. Abu Sofyan ditembak mati ketika melakukan perlawanan dengan percobaan melempar granat. Sementara, Abdullah Mulyono dan Wendy mencari selamat dengan cara berbaur di tengah-tengah penumpang saat evakuasi. Kedok mereka terbongkar begitu penumpang lain berteriak menyebut mereka sebagai pembajak. Pasukan Kopassandha segera melepaskan tembakan menerjang Abdullah dan Wendy hingga tewas.

Benny dalam biografinya yang ditulis Julius Pour juga mengatakan semua pembajak berhasil ditewaskan dalam operasi kilat tersebut. Tiga pembajak tewas seketika di tangan pasukan penyerbu sedangkan dua pembajak lain menderita luka parah. Dua pembajak yang luka parah tidak sempat lagi diselamatkan nyawanya oleh petugas tim kesehatan Kopassandha.

Baca juga: 

Cerita Korban Pembajakan Garuda Woyla

“Kelima mayat pembajak itu,” tulis Julius Pour dalam Benny Moerdani: Profil Prajurit Negarawan, “langsung ikut dibawa terbang ke Jakarta begitu operasi penyerbuan selesai.”    

Kebanyakan sumber sejarah menyebutkan semua pembajak pesawat Garuda “Woyla” tewas. Namun, bagaimana proses pengembalian jenazah mereka kepada keluarga masing-masing begitu minim informasi. Sampai saat ini, kontroversi masih menyelimuti peristiwa pembajakan Pesawat Garuda DC-9 “Woyla”.

TAG

benny moerdani pembajakan-pesawat garuda woyla

ARTIKEL TERKAIT

Mahkamah Rakyat sebagai Gerakan Moral Mencari Keadilan Permina di Tangan Ibnu Sutowo Selintas Hubungan Iran dan Israel Eks Pemilih PKI Pilih Golkar Rencana Menghabisi Sukarno di Berastagi Kematian-kematian Sekitar Pemilu 1971 Melawan Sumber Bermasalah Pangeran Bernhard, dari Partai Nazi hingga Panglima Belanda Kibuli Raden Paku Lyndon LaRouche, Capres Abadi AS