Masuk Daftar
My Getplus

Agen KGB di Indonesia Dieksekusi Mati

Agen KGB di Indonesia direkrut CIA. Dikhianati oleh agen CIA yang bekerja untuk KGB.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 14 Jan 2020
Logo KGB (Dinas Intelijen Uni Soviet). (history.com).

Salah satu operasi rahasia CIA (Dinas Intelijen Pusat Amerika Serikat) yang paling sukses terhadap Uni Soviet dilakukan di Indonesia. Operasi bersandi HABRINK ini berhasil mendapatkan informasi dari pejabat militer Indonesia mengenai alutsista dan persenjataan Uni Soviet yang dijual kepada Indonesia, termasuk sistem rudal, kapal selam, kapal perusak, kapal penjelajah, dan pesawat pembom.

Mantan agen CIA, David Henry Barnett, kemudian menjual informasi Operasi HABRINK kepada KGB (Dinas Intelijen Uni Soviet). Barnett pernah bertugas di Indonesia selama tiga tahun (1967-1970). Setelah keluar dari CIA, dia berbisnis namun gagal dengan utang yang besar. Dengan menjual informasi operasi rahasia CIA, dia mendapatkan $92.000 dari KGB.

Selain menjual informasi Operasi HABRINK, Barnett juga mengungkap identitas puluhan petugas CIA yang menyamar di Indonesia dan di tempat lain di Asia. Dia juga mengidentifikasi agen Indonesia yang mengatur penjualan kembali senjata Uni Soviet kepada CIA, dan 29 orang Indonesia lainnya yang membantu agen itu.

Advertising
Advertising

Menurut Thomas O’Toole dalam tulisannya di washingtonpost.com, Barnett memberi tahu bahwa dari senjata-senjata itu dan data teknis yang menyertainya, Amerika Serikat mampu mengantisipasi rudal SA-2 buatan Uni Soviet yang digunakan Vietnam Utara terhadap para pembom Amerika Serikat selama Perang Vietnam.

Siapakah agen Indonesia itu? David Wise dalam Nightmover: How Aldrich Ames Sold the CIA to the KGB for $4.6 Million, menyebut CIA mendapatkan informasi dari seorang perwira Angkatan Laut Indonesia yang mendapatkan gaji dari CIA.

Baca juga: Tentara Indonesia Jadi Mata-mata Rusia

Akhirnya, Barnett ditangkap FBI (Biro Investigasi Federal). Orang yang mengungkap bahwa Barnett telah menjual informasi kepada KGB adalah Letnan Kolonel Vladimir M. Piguzov. Agen senior KGB ini direkrut oleh CIA ketika bertugas di Jakarta. CIA memberinya kode GTJOGGER.    

"Piguzov direkrut oleh CIA di Indonesia pada 1974 (diduga, melalui penggunaan material seksual sebagai bahan kompromi)," tulis Filip Kovacevic dalam "How Russia Trains Its Spies: The past and present of Russian intelligence education", termuat di The Routledge International Handbook of Universities, Security, and Intelligence Studies.

Namun, sejak 1979, CIA tidak melakukan kontak lagi dengan Piguzov setelah dia kembali ke Moskow. Dia kemudian bekerja di Red Banner Institute, tempat pelatihan intelijen sangat rahasia yang mempersiapkan petugas intelijen untuk ditempatkan di luar negeri.

Institut itu sebelumnya bernama School for Special Task. Setelah Perang Dunia II berubah menjadi Higher Intelligence School, dan kemudian menjadi Red Banner Institute. Pada 1984, setelah Yuri Andropov, kepala KGB terlama (1967-1982) meninggal dunia, namanya disematkan pada institut: Yuri Andropov Red Banner Institute. Karena terletak di hutan sebelah barat laut Moskow (wilayah Mytishchinsky), akademi pelatihan KGB itu secara tidak resmi disebut The Forest School.

Baca juga: Tipuan Asmara Romeo Merah KGB

"Piguzov naik ke posisi sekretaris partai komunis di institut, yang membuatnya menjadi pejabat nomor dua di sekolah itu," tulis David Wise. "Dia memiliki akses ke nama-nama siswa di sana dan di mana mereka akan ditugaskan setelah lulus."

Menurut Filip Kovacevic selama hampir sepuluh tahun, Piguzov memberikan informasi rahasia, termasuk informasi tentang identitas mereka yang dilatih di institut, kepada petugas CIA yang berbasis di Moskow. Kabarnya, tindakan Piguzov itu menyebabkan pengungkapan seluruh jaringan global petugas KGB, baik yang berada di bawah perlindungan hukum maupun yang bekerja secara ilegal. Tentu saja, ini sangat membatasi ruang lingkup semua operasi intelijen KGB di luar negeri pada 1980-an dan awal 1990-an.

Salah satu peserta pelatihan di institut itu adalah Vladimir Putin, mayor KGB dari Leningrad, yang kelak menjadi presiden Rusia. Putin masuk institut pada 1985.

"Tidak lama setelah Putin pergi untuk tugas intelijen asing pertama dan satu-satunya di Republik Demokratik Jerman, institut diguncang skandal mata-mata yang dramatis," tulis Filip Kovacevic. "Salah satu pejabat kunci, sekretaris partai komunis di institut, Vladimir Piguzov, adalah informan lama CIA."

Baca juga: Marinir Muda AS Terperangkap Madu Uni Soviet

Menurut Pete Earley dalam Comrade J: The Untold Secrets of Russia’s Master Spy in America After the End of the Cold War, petugas KGB menangkap Piguzov ketika dia sedang menjalani pemeriksaan fisik di klinik KGB. Mereka meminta Piguzov telanjang untuk memastikan dia tidak membawa kapsul bunuh diri.

Pete Earley menyebut Jenderal Vladimir Kryuchkov, orang kedua di KGB, mengungkapkan bahwa Piguzov ditangkap karena kerja kontraintelijen KGB. Namun, kemudian diketahui bahwa petugas CIA yang bekerja untuk KGB, Aldrich Hazen Ames, telah menjual setidaknya dua puluh nama KGB yang menjadi "aset manusia" Amerika Serikat, termasuk Piguzov.

Dari hasil menjual informasi itu, Aldrich Ames total menerima $4,6 juta dari Uni Soviet, yang memungkinkannya menikmati gaya hidup yang jauh di luar kemampuan seorang petugas CIA. Akhirnya, dia dan istrinya ditangkap FBI pada 21 Februari 1994. Pengkhianatannya mengakibatkan kematian sejumlah aset CIA. Dia mengaku bersalah pada 28 April 1994 dan menerima hukuman seumur hidup. Sedangkan istrinya dihukum lima tahun penjara karena penggelapan pajak dan persekongkolan melakukan spionase.

Baca juga: Henry David Barnett Menjual Operasi HABRINK Kepada KGB

"Piguzov, yang mengungkapkan kepada Langley (markas besar CIA, red.) bahwa David Barnett, mantan petugas CIA di Indonesia, telah menjadi mata-mata Moskow, kemudian pada gilirannya, dikhianati oleh Aldrich Ames dan dieksekusi," tulis David Wise.

Dalam kasus spionase itu, pengadilan militer Uni Soviet lebih berat dalam menjatuhkan hukuman daripada pengadilan Amerika Serikat. Barnett dihukum 18 tahun penjara, tiga tahun setelah bebas bersyarat, dia meninggal dunia pada 19 November 1993. Sedangkan Piguzov dijatuhi hukuman mati dan dieksekusi pada 1986. Dia adalah salah satu dari sepuluh orang aset Amerika Serikat yang dieksekusi setelah dikhianati oleh Aldrich Ames.

"Saya senang mengabarkan pengkhianat Piguzov telah dieksekusi," kata Kryuchkov.

TAG

intelijen cia kgb rusia amerika serikat

ARTIKEL TERKAIT

Roket Rusia-Amerika Menembus Bintang-Bintang M Jusuf "Jalan-jalan" ke Manado Strategi Napoleon di Balik Kabut Austerlitz Waktu Punya Tupolev, Angkatan Udara Indonesia Kuat D.I. Pandjaitan dan Aktivis Mahasiswa Indonesia di Jerman Getirnya Tragedi di Stadion Luzhniki Di Balik Warna Merah dan Istilah Kiri Sukarno, Jones, dan Green Sepak Terjang Spion Melayu Adam Malik Sohibnya Bram Tambunan