Masuk Daftar
My Getplus

Tinju Kiri Ali di Jakarta

Dalam lawatan pertamanya ke Jakarta, Ali membuat petinju asal Belanda, Rudi Lubbers, babak belur.

Oleh: Rahadian Rundjan | 18 Feb 2015
Muhammad Ali, juara dunia tinju kelas berat, di Jakarta, 1973. (rosaleencunningham.com).

Pertarungan Muhammad Ali yang paling diingat publik adalah ketika dia menghadapi Joe Frazier pada 8 Maret 1971 di New York, Amerika Serikat. Ali kalah dalam pertandingan bertajuk “Pertarungan Abad Ini” untuk kali pertama setelah menang 31 kali berturut-turut. Gelar juara dunia kelas berat pun lepas dari genggamannya.

Publik menanti pertarungan Ali-Frazier selanjutnya. Sebagai pemanasan melawan Frazier, Ali menjalani satu pertandingan di Jakarta. Promotor Raden Sumantri berhasil menggelar pertandingan Ali melawan Rudi Lubbers, juara tinju kelas berat asal Belanda. Awalnya akan dilaksanakan di Surabaya pada 14 Oktober 1973, tapi pertandingan dialihkan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 20 Oktober 1973.

Ali dielu-elukan bak pahlawan terutama karena dia seorang muslim. Dia juga dianggap representasi pahlawan bagi bangsa-bangsa Dunia Ketiga.

Advertising
Advertising

“Lubbers jelas menjadi representasi kolonialisme Belanda, dan orang-orang Indonesia bersemangat melihat kemenangan politik mereka terulang di atas ring,” tulis Julio Rodriguez, “Documenting Myth” dalam Sports Matters: Race, Recreation, and Culture suntingan John Bloom dan Michael Nevin Villard.

Baca juga: Presiden Jago Tinju, Gulat Hingga Jiu-Jitsu

Secara teknis, Ali tidak dalam kondisi terbaik. Persiapannya hanya sepuluh hari. Ali tidak meremehkan reputasi Lubbers sebagai kuda hitam. Seperti kebiasaannya mengumbar omongan kepada pers sebelum bertanding, Ali sesumbar akan menumbangkan Lubbers di ronde kelima.

Pertandingan disiarkan secara internasional. Pertandingan nongelar ini tetap menarik khalayak ramai. Tiket yang dibanderol Rp1.000 sampai Rp27.500 ludes terjual.

“Salah satu hal yang paling diingat dari pertandingan ini adalah kapasitas Ali yang mampu menarik perhatian khalayak internasional. 35.000 orang Indonesia datang untuk menonton. Ditambah pameran tentang Ali yang ikut menarik 45.000 orang untuk datang melihat-lihat,” tulis David West dalam The Mammoth Book of Muhammad Ali.

Panitia berharap acara terselenggara dengan lancar tanpa kendala. Salah satunya yang diantisipasi adalah hujan. Solusinya pawang hujan. Sudah menjadi tradisi di Indonesia, mulai dari acara kecil seperti hajatan sampai acara berskala internasional, sang pengendali air diminta menunjukkan kemampuannya menghalau hujan.

"Penyelenggara sempat mengundang pawang hujan dari Aceh, Banten, Jawa Tengah, dan Maluku," tulis Julius Pour dalam Dari Gelora Bung Karno ke Gelora Bung Karno.    

Baca juga: Ronde Terakhir Roger Mayweather

Seperti telah diperkirakan, pertandingan berjalan berat sebelah. Ali mempermaikan Lubbers habis-habisan sampai hidungnya patah dan mata kanannya bengkak. Lubbers bertahan selama 12 ronde. Ali menang angka, bukan knock out seperti sesumbarnya.

“Ali harus mengakui bahwa Lubbers lebih tangguh daripada yang dia pikirkan. Begitu pula Rudi yang merasa sudah memberikan yang terbaik yang dia bisa, dan percaya bahwa Ali juga melakukan hal yang sama di pertandingan itu. Pertarungan dengan Ali memberikan Lubbers 15 menit ketenaran. Dia akhirnya kembali ke jalur kejuaraan Eropa,” tulis Joe Ryan dalam Heavyweight Boxing in the 1970’s: The Great Fighters and Rivalries.

Baca juga: Soeharto Tantang Rambo di Lapangan Golf

Ali meraih kemenangan dengan mudah; mayoritas hanya dengan tinju kirinya. Ketika ditanya mengapa dia hanya mengandalkan tangan kiri, Ali menjawab sambil mengepalkan tangan kanan, “Saya harus menyimpan ini untuk Joe Frazier.”

Ali kembali melawan Joe Frazier di New York pada 28 Januari 1974. Dia berhasil membalas kekalahan sebelumnya dengan menang angka. Pada 30 Oktober 1974, Ali kembali menjadi juara dunia kelas berat setelah menumbangkan George Foreman dalam pertarungan sengit di Kinshasa, Zaire.

Setelah gantung sarung tinju, Ali masih sempat beberapa kali berkunjung ke Indonesia untuk menyapa penggemarnya.

TAG

tinju muhammad ali

ARTIKEL TERKAIT

Pukulan KO Berujung Kerusuhan di Hari Kemerdekaan Sebelum Muhammad Ali Unjuk Gigi Mula Duel Selebriti di Arena Tinju Bang Jago Tak Terkalahkan itu Bernama Rocky Marciano Big George Foreman Menemukan Tuhan di Balik Ring Tinju Sudharto Sudiono, Tentara yang Bergiat dalam Tinju Chris John Antara Tinju dan Wushu Tujuh Petinju Beralih Pejabat (Bagian II – Habis) Tujuh Petinju Beralih Pejabat (Bagian I) Pencarian Islam Muhammad Ali