Masuk Daftar
My Getplus

Kompi Kristen di Batalyon Hizbullah

Bagaimana sekelompok umat Kristiani bahu membahu dengan orang-orang Islam melawan tentara Inggris dan Belanda.

Oleh: Hendi Johari | 25 Des 2019
Gereja Kristen di Palalangon, pernah menjadi donatur Hizbullah Ciranjang (Hendi Jo)

BEKAS jalan raya Cianjur-Ciranjang-Bandung itu sudah tak berbentuk lagi. Permukaan aspalnya sudah tertutup semak-semak. Sementara berbagai pepohonan liar tumbuh subur di sekitarnya. Sebagian sudah menjulang tinggi dan berukuran raksasa, rimbun melindungi kawasan tersebut dari sengatan matahari.

Jalan yang diapit oleh tebing tinggi dan jurang yang curam itu sejatinya masuk dalam wilayah tepi Sungai Cisokan dan termasuk dalam jalur De Postweg (Jalan Raya Pos) yang dibuat oleh Gubernur Jenderal H.M. Daendels (1808—1811). Namun sejak akhir 1970-an, jalur (sekaligus jembatan-nya yang melintasi Sungai Cisokan) itu sudah tidak lagi dipergunakan dan terbengkalai begitu saja.

Baca juga: Neraka Pasukan Gurkha

Advertising
Advertising

“Malah beberapa tahun lalu sempat dijadikan lahan pembuangan sampah untuk wilayah Kecamatan Ciranjang dan sekitarnya, tapi setelah ada protes dari warga lalu dihentikan,” ujar Achmad Saepudin, salah seorang penduduk di sekitar wilayah itu.

Tak banyak orang mengerti, jika tempat itu 73 tahun lalu merupakan salah satu medan pertempuran paling brutal bagi tentara Inggris (terutama dari Kesatuan Gurkha Rifles) di Pulau Jawa. Mereka kerap menyebutnya sebagai jalur neraka Ciranjang, karena di sanalah banyak anggota pasukan Inggris menemui ajal. Begitu pentingnya arti tempat itu bagi mereka, sehingga Red Flash (majalah internal yang dikeluarkan oleh Asosiasi Resimen Gurkha Rifles, Inggris) pernah mengulasnya secara khusus dalam sebuah judul: “The Battle of Tjirandjang Gorge” (Pertempuran di Tebing Ciranjang).

Salah satu kekuatan milisi yang sempat menyusahkan prajurit-prajurit asal Nepal itu adalah Kompi Yotham Marchasan dari Batalyon III Hizbullah. Kompi Yotham berisi para pemuda Kristen dari wilayah Gunung Halu (sebuah distrik Kristen di Cianjur yang dibentuk pada 1901 oleh pemerintah Hindia Belanda).

Baca juga: Berabad Riwayat Umat Kristen di Cianjur

Menurut Wijaya dalam Lasykar Hizbullah Antara Jihad dan Nasionalisme Mempertahankan Kemerdekaan RI, 1945-1949, mayoritas anggota Kompi Yotham adalah pemuda-pemuda hasil didikan militer Jepang. Lantas bagaimana ceritanya para pemuda Kristen itu bisa menggabungkan diri dengan sebuah milisi muslim terbesar di Indonesia saat itu?

*

RADEN MAKMUR (95), masih ingat kali pertama melihat sosok Yotham Marchasan. Secara pribadi, dia yang saat itu masih seorang pemuda hijau, merasa terkesan dengan penampilan berwibawa pemimpin pemuda Kristen asal Rawaselang, Gunung Halu tersebut.

“Orangnya memang kecil, tapi tatapannya tajam menusuk seperti tatapan seekor macan,” ujar lelaki yang juga pernah aktif di Lasykar Barisan Banteng Republik Indonesia (BBRI) itu.

Yotham awalnya adalah anggota Pembela Tanah Air (PETA). Ketika militer Jepang kalah perang, dia lantas menggabungkan diri dengan Lasykar BBRI Ciranjang pimpinan Mohamad Ali. Namun ketika BBRI dipukul mundur ke arah selatan Ciranjang oleh pasukan Inggris, Yotham yang tertinggal di bagian utara memutuskan untuk bergabung dengan Batalyon III Hizbullah pimpinan Mochamad Basyir.

“Abah (Yotham) dalam berjuang tak pernah membeda-bedakan agama. Selama orang-orang itu memerangi tentara Inggris dan Belanda, kata dia ya mereka adalah saudaranya,” ujar Missnetty Marchasan (77), salah satu putri dari Yotham Marchasan.

Alih-alih ditolak, keinginan bergabung kelompok Yotham justru disambut secara baik oleh Mochamad Basyir. Para pemuda Islam di Hizbullah sendiri sebenarnya sudah akrab sejak lama dengan para pemuda Kristen. Mereka rata-rata berasal dari kampung yang sama di Gunung Halu. Begitu akrabnya, hingga untuk urusan markas besar saja, Batalyon III Hizbullah memilih rumah seorang janda tua yang merupakan seorang Kristen taat. Namanya Rachel.

"Bagi kami saat itu, urusan agama adalah urusan pribadi dengan Tuhan," ungkap Makmur.

Yotham tidak sendiri. Ada banyak pemuda-pemuda Kristen Gunung Halu yang kemudian bergabung dengan Hizbullah dan bernaung di bawah Kompi Yotham. Para pemuda itu antara lain Samuel dan Carson dari Rawaselang, Nabot dari Jatinunggal, Mojo dari Calingcing, Raiin Majiah dari Palalangon, Maad dan Madris dari Pangarengan, Cipto Adhi dari Ciendog dan Alfius dari Pasirkuntul.

Batalyon III Hizbullah yang bermarkas di tengah-tengah umat Kristiani di Palalangon melangsungkan hubungan yang baik dengan masyarakatnya. Mereka selalu saling membantu jika ada kesulitan. Bahkan menurut peneliti sejarah Wijaya, saat awal berdirinya pada Februari 1946, Gereja Kristen Palalangon di bawah pimpinan Pendeta Empi pernah menyumbangkan beberapa barang milik gereja untuk Hizbullah. Soal itu memang dibenarkan oleh Raden Makmur.

“Pendeta Gunung Halu (Empi) menyumbangkan dua ekor kuda  dan satu mesin tik untuk keperluan administrasi Hizbullah,” ujar Makmur.

Kedua ekor kuda tunggangan itu dalam kenyataannya sangat berguna untuk mobilitas pasukan Batalyon III Hizbullah. Terutama ketika mereka harus menyampaikan surat-surat penting ke induk pasukan di Purwakarta.

Tidak hanya menyediakan fasilitas non-tempur, para pemuda Kristen di Hizbullah itu juga terbilang aktif mencari senjata api. Menurut Omek, eks pejuang Batalyon III Hizbullah, salah satu senjata api pertama yang dimiliki oleh kesatuannya merupakan hasil kerja keras para pemuda Kristen. Senjata jenis Steyr lengkap dengan 10 hower peluru-nya itu didapat oleh Raiin Majiah dari seorang bekas anggota polisi di era Hindia Belanda.

“ Karaben itu kemudian dicoba oleh Alfius dan ternyata masih berfungsi baik. Lalu diberikan kepada Pak Komandan (Mochamad Basyir) dan diberi nama “Si Cikal”,” tutur Omek.

Setelah mendapatkan Steyr itu, lambat laun Batalyon III Hizbullah terus melengkapi pasukannya dengan senjata api. Selain itu, mereka pun kemudian mendapatkan beberapa peti granat dan puluhan bom batok (ranjau darat).

Dengan modal senjata-senjata sederhana itulah mereka bertempur melawan tentara Inggris dan Belanda.

Baca juga: Palagan Kali Cisokan

CIRANJANG awal 1946 adalah neraka terpanjang bagi para tentara Inggris yang melewati jalur Cianjur-Bandung. Sejak Desember 1945 hingga April 1946, tak henti-nya mereka selalu disergap dengan serangan mendadak dari balik tebing-tebing tinggi sepanjang Sungai Cisokan.

“Pertempuran Cisokan berlangsung cukup lama,” tulis A.H. Nasution dalam Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia Jilid V: Agresi Militer Belanda I.

Bersama pemuda-pemuda Muslim, Kompi Yotham kerap terlibat dalam penghadangan konvoi militer Inggris di jalan raya Ciranjang-Bandung. Mereka pun menjadi saksi, bagaimana kuat dan “mengerikannya” alat-alat perang milik Sekutu.

“Abah (Yotham) sering cerita, kalau dibawa perasaan mereka tentu saja merasa takut, tapi jika ingat mereka (maksudnya tentara Inggris) menginjak-injak tanah air Abah dengan seenaknya dan membunuh kawan-kawan Abah, muncul rasa marah dan keinginan untuk melupakan kematian,” ujar Missnetty.

Tahun 1947, Indonesia seutuhnya diserahkan Inggris kepada Belanda. Seperti para pemuda Indonesia lain, pemuda-pemuda Kristen yang tergabung dalam Kompi Yotham Batalyon III Hizbullah pun tak bisa menerima itu. Mereka pun melawan dengan melakukan penyerangan-penyerangan terhadap markas militer Belanda di kota Ciranjang. 

“Dalam pergerakannya, Kompi Yotham dikenal sangat pemberani namun cerdas dalam berstrategi, hingga tak jarang  menimbulkan kerugian besar di kubu musuh,” demikian diungkapkan dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Rakyat Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur yang disusun oleh Panitya Penyusun Data Perjuangan Kecamatan Ciranjang.

Militer Belanda sangat bernafsu sekali menguasai basis Batalyon III Hizbullah di Gunung Halu. Namun para petarung Hizbullah yang berbeda agama itu selalu bisa mengkandaskan serangan-serangan tentara Belanda dengan memanfaatkan situasi medan yang sangat sulit. Saat mempertahankan tanah tumpah darah itulah, satu-persatu anggota Hizbullah termasuk pemuda-pemuda Kristen, berguguran. Salah satu pemuda Kristen yang gugur ditembak tentara Belanda di depan gereja Rawaselang adalah Samuel.

Namun militer Belanda tak puas sebelum membekuk Yotham. Sejak itulah, dia kemudian menjadi buruan militer Belanda, namun selalu berhasil lolos. Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya harus terjatuh jua. Karena ulah seseorang yang masih terbilang saudaranya, militer Belanda akhirnya dapat meringkus Yotham.

"Saya masih ingat, suatu sore Abah didatangi dua serdadu Belanda lalu digiring dengan tangan terikat,” kenang Misnetty Marchasan.

Yotham lantas ditahan di penjara Cianjur. Sebagai pejuang gerakan pembebasan, dia mendapat perlakuan sangat buruk: dihina, dipukuli dan disiksa secara psikis maupun fisik. Hampir tiap hari dia dijadikan “mainan” para interogatornya. Namun Si Macan Gunung Halu tetap memilih bungkam dan bertahan untuk tidak membocorkan rahasia-rahasia batalyon-nya.

Karena kekerasan prinsipnya yang bagai baja, para interogatornya  menjadi patah arang dan pada suatu hari menyiksa Yotham hingga dia nyaris mati. Dalam kondisi tak sadarkan diri dan mandi darah, dia kemudian dilemparkan ke selnya. Tak ada yang berani menolong Yotham, kecuali seorang haji pemberontak bernama Ali.  Dengan telaten, dia merawat Yotham.

"Untuk megupayakan Abah tetap sadar, Abah bilang Haji Ali melap wajah Abah dengan kain yang direndam air seni karena di sel air sangat sedikit," ujar Misnetty.

Hampir tiga bulan Yotham menjadi pesakitan. Atas jasa adik iparnya yang seorang perwira Belanda, dia berhasil dikeluarkan dari penjara. Tapi dasar tipikal pejuang tangguh,  keluar dari bui dia malah langsung bergabung lagi dengan pasukannya. Terakhir Yotham menjadi anggota Batalyon Nasuhi Divisi Siliwangi.

Pasca pengakuan kedaulatan, Yotham memilih menjadi orang sipil. Namun, api perjuangan senantiasa berkobar dalam jiwanya. Kepada anak-anak dan para cucunya, dia selalu menekankan bahwa harus baik-baik memanfaatkan alam kemerdekaan. Di usia senjanya, Yotham dikenang oleh para cucunya sebagai seorang lelaki yang sangat mencintai Indonesia.

"Setiap 17 Agustus, dia selalu ingin merayakan Hari Ulangtahun Kemerdekaan secara khusus di rumah bersama anak-anak dan para cucunya. Dia akan marah dan sedih jika ada dari kami yang tidak ikut merayakannya,"kenang Lusi, salah seorang cucu Yotham.

Tahun 1990, Yotham meninggal  dengan tenang dalam usia 77 tahun. Jasadnya dikebumikan pada sebuah dataran tinggi di Rawaselang, Gunung Halu, seolah pertanda jiwa raganya tak pernah berhenti untuk menjaga dan mencintai tumpah darahnya tercinta, yang  pernah dibelanya dengan keringat, darah dan air mata bersama-sama kawan-kawannya di Batalyon III Hizbullah.

Baca juga: Hizbullah Zaman Jepang

 

TAG

sejarah-revolusi hizbullah kristen

ARTIKEL TERKAIT

Cerita di Balik Lagu Jingle Bells Alkisah Gereja Tertua di Gaza Toleransi Beragama Gubernur Jenderal Joan Maetsuycker Melanchton Siregar, Guru yang Bergelar Kolonel Tituler Pergi ke Gereja pada Masa VOC Umat Protestan dalam Cengkeraman VOC Gerakan-gerakan Perlawanan Orang Kristen terhadap Kolonialisme Konsep Toleransi Mohammad Natsir Sepuluh Masjid yang Diubah jadi Gereja (Bagian I) Misi Zending dan Reaksi Umat Islam di Hindia Belanda