Masuk Daftar
My Getplus

Pemodal Pelayaran Pertama Belanda

Sembilan saudagar mendanai pelayaran pertama Belanda menuju negeri rempah: Nusantara.

Oleh: Aryono | 15 Apr 2018
Empat kapal pelayaran pertama orang Belanda ke Nusantara. Foto: wikipedia.org

1594. Awal musim semi. Sejumlah saudagar besar berkumpul di rumah Martin Spil, seorang pedagang anggur, di Warmoesstrat, Amsterdam, Belanda. Mereka mengumpulkan dana untuk membiayai pelayaran pertama ke negeri asal rempah di Asia.

Menurut Jonathan I. Israel dalam Dutch Primacy in World Trade, 1585-1740, kelompok pedagang besar tersebut dapat mengumpulkan modal sebesar 290 ribu gulden. Dengan uang sebesar itu dapat membeli 60-70 rumah besar di kota Amsterdam.

Berikut ini para pemodal pelayaran pertama yang akan dipimpin Cornelis de Houtman.

Advertising
Advertising

Hendrik Hudde

Dia pernah menjadi administrator publik tingkat kota di Belgia sebanding dengan seorang dewan kota di Belanda. Pada kurun 1590, dia menetap di De Lastage, sebuah kawasan industri dan pelabuhan di Amsterdam.

Reinier Pauw

Seorang pedagang garam dan gandum. Dia mendapat komoditas itu dari Portugis lalu memasarkannya di sekitar laut Baltik. Dia memiliki armada kapal ke Venezia, Italia. Dia masih bersaudara dengan Cornelis de Houtman, kepala armada dagang pertama Belanda ke Nusantara.

Pieter Dircksz Hasselaer

Dia lama berdagang di Spanyol dan Portugis. Namanya masyhur ketika raja Spanyol menaklukkan Haarlem pada 1572. Lima tahun berselang, dia pindah ke Amsterdam dan menjadi meesterknecht atau manajer pabrik bir milik Andries Boelen. Pada 1587, dia membeli pabrik bir bernama White Eagle.

Jan Jansz Kaerel

Dia menjadi warga Amsterdam pada 1578. Memulai bisnisnya dalam produksi dan penyediaan susu. Salah satu pelanggannya dari keluarga pemimpin atau stadtholder Amsterdam. Selain perusahaan susu, dia juga menyalurkan barang-barang dari Asia dan Turki. Dia pernah melakukan pelayaran ke Cina dengan mengambil rute dari utara.

Hendrick Buyck

Seorang pedagang dan pengusaha kapal yang sukses. Dia menikah pada 1598, di usia 47 tahun. Meski sukses dalam karier, tidak demikian dengan rumah tangganya. Dua tahun setelah perkawinannya, dia justru mendapat anak lelaki dari kekasihnya, Lysbeth Courtn van Dulmen. Pada November 1605, dia membuat surat wasiat yang menyerahkan seluruh hartanya kepada anak lelakinya itu.

Dirk van Oss

Pria kelahiran Antwerpen, Belgia, ini dikenal sebagai investor dan saudagar. Dia merintis bisnisnya dari perdagangan kulit, gandum, batu mulia hingga garam. Selain memodali pelayaran pertama Belanda ke Nusantara, dia juga berperan dalam pengembangan negeri Belanda.

Menurut Peter James Taylor dalam The Way the Modern World Works, pada 1607, dia bersama investor Willem Usselinx dan seorang insinyur, Jan Adrianszoon Leeghwater, memulai pengeringan lahan di daerah Beemster. Dengan bantuan 42 kincir angin lahan seluas 30 ribu hektar berhasil dikeringkan. Dia dibantu Menteri Johan van Oldenbarnevelt menggiring 123 pemodal untuk berinvestasi di tempat tersebut.

Selain keenam pedagang tersebut, saudagar lain yang ikut menaruh modal adalah Syvert Pietersz Sem, Arent ten Grootenhuys dan Jan Poppen. Pertemuan sembilan saudagar itu menghasilkan Compagnie van Verre (Persekutuan Dagang Jarak Jauh).

Dalam Early Modern Dutch Prints of Africa, Elizabeth A. Sutton menyebut dana yang terkumpul, 290.000 gulden, digunakan untuk membuat empat kapal ekspedisi (Hollandia, Amsterdam, Mauritius, dan Duifje), persenjataan, upah kru, dan selebihnya untuk membeli rempah-rempah di Nusantara.

Baca juga: 

Empat Orang Pemberi Informasi Navigasi ke Nusantara
Hari Ini, 416 Tahun Lalu VOC Berdiri
Riwayat di Balik Berdirinya Kompeni Dagang VOC
Ketika Kompeni VOC Dimaki dan Dipuji
Dokumen Saham Tertua VOC Ditemukan
Sepuluh Fakta Tentang VOC yang Belum Banyak Diketahui Orang

TAG

VOC Rempah Pelayaran Modal Kapal

ARTIKEL TERKAIT

Serdadu Württemburg Berontak di Semarang Cikal Bakal Bursa Saham Orang Pertama yang Menjual Saham VOC Asisten Rumah Tangga Jadi Pemilik Saham Pertama VOC VOC Sebagai Perusahaan Saham Gabungan Perjalanan Kapten Pahlawan Laut Menelusuri Jalur Rempah dari Nusantara Menuju Dunia Nekara Selayar dan Pelayaran Nusantara* Ammana Gappa Mengatur Pelayaran Pinisi Tak Asli Negeri Ini Tapi Banyak Jasa Buat Indonesia*