Masuk Daftar
My Getplus

Lagu Odading

Odading Mang Oleh terkenal berkat video viral. Dulu, si ujang harus keliling sambil nyanyi lagu odading.

Oleh: Hendri F. Isnaeni | 14 Sep 2020
Kue odading. (food.grab.com).

Odading Mang Soleh di Jalan Baranang Siang No. 5 Pasar Kosambi, Bandung, menjadi terkenal berkat video viral seorang lelaki yang mengulas (review) dengan khas dan ngegas.

Seperti ini ulasannya:

“Odading Mang Oleh, hmmm…, rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah odading Mang Oleh didieu (di sini) karena lamun teu ngadahar (kalau tidak makan) odading Mang Oleh, maneh teu gaul jeung aing (kamu tidak gaul dengan saya), lain balad aing (bukan kawan saya), g*b**g. Ikan hiu makan tomat, g*b**g mun teu kadieu (kalau tidak ke sini). Odading Mang Oleh, rasanya, a*j**g banget.”

Advertising
Advertising

Odading adalah roti atau kue goreng khas Bandung. Makanan ini juga ada di berbagai daerah dengan nama beda-beda.

Baca juga: Odading Rasa Iron Man

Sastrawan dan ahli bahasa Remy Sylado, mengungkap asal-usul nama odading dalam bukunya, 9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia Adalah Asing dan Bahasa Menunjukkan Bangsa.

Remy menyebut odading berasal dari seruan kaget seorang nyonya Belanda. Anaknya menangis meminta dibelikan kue yang dijajakan oleh anak kampung. Kue itu tidak bernama, sebab hanya terdiri dari adonan terigu dan gula pasir yang digoreng. Sang nyonya pun penasaran, lantas memanggil ujang (panggilan anak lelaki) penjual kue itu, menyuruhnya membuka daun pisang yang menutup kue di atas nyiru. Begitu melihat kue itu, berkatalah sang nyonya kepada anaknya, “O, dat ding?” Artinya, “O, barang itu?” Kue goreng itu pun akhirnya punya nama: odading.

Tangkapan layar video viral Odading Mang Oleh.

Di era digital, video viral menjadi cara efektif untuk membuat orang penasaran dengan Odading Mang Oleh. Beda dengan zaman baheula ketika si ujang harus keliling menjual odading. Si ujang menawarkan odading dengan menyanyikannya.

"Ding Odading, nyanyian penjual kue odading di Bandung, biasanya dinyanyikan oleh anak lelaki," sebut Ensiklopedi Musik: A-L.

Begini kata-kata lagu Ding Odading:

Ding, odading, odading, ding (Ding, odading, odading, ding)

Haraneut keneh yeuh, oda-oda, ding (Masih hangat nih, oda-oda, ding)

Mangga atuh odading, ding, ding (Silakan odading, ding, ding)

Baca juga: Klepon, Makanan Istana

Ensiklopedi Musik: A-L juga mengentri lagu odading lain yang menjadi lagu mainan anak-anak di sekitar Bandung. Lagu ini dimulai dari nyanyian seorang babu (pengasuh) Belanda setiap sinyonya menangis. Dari kata odading (o, dat ding), babu itu menciptakan lagu Jang Odading.

Jang, odading keur sinyo (Jang, odading untuk sinyo)

Kadieu Jang, zoet lief (Kemari Jang, manis manis)

Kadieu, ulah huilen (Kemari, jangan menangis)

Adakah orang Sunda yang tahu lagu odading ini?

TAG

kuliner odading kue odading

ARTIKEL TERKAIT

Maqluba Tak Sekadar Hidangan Khas Palestina Terites, dari Kotoran Hewan yang Pahit jadi Penganan Nikmat Kontes Memasak Tempo Dulu Sejarah Panjang Mi Kuah Khas Jepang Mula Restoran All You Can Eat Popcorn dari Jalanan ke Bioskop Meriung di Warung Makan Tempo Dulu Kuliner Eropa yang Diadopsi di Nusantara Rumah Merah Kapitan Lim Fatmawati Suka Memasak