Masuk Daftar
My Getplus

Keindahan yang Terjaga dari Hutan Tua

Di hutan ini konon Pulau Jawa bermula. Tapi di hutan ini pula sejumlah ajang sport tourism digelar dan jadi perhatian dunia.

Oleh: Historia | 03 Apr 2020
Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Dok. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi).

SIAPAPUN akan takjub bila mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Begitu memasuki pintu gerbang Rowobendo, Anda akan disambut pemandangan rimbunan pohon mahoni di kanan-kiri jalan. Begitu indah. Bak lukisan atau sebuah tempat nun jauh di masa lalu. Tapi ini awal dari perjalanan yang akan mengejutkan Anda.

Alas Purwo punya objek wisata yang terbilang lengkap dan mempesona. Dari pantai pasir putih hingga padang savana. Dari situs sejarah yang menggelitik hingga goa-goa yang beraroma mistik. Anda bisa menunggangi ombak, meneliti hewan liar, dan masih banyak lagi.

Alas Purwo memiliki keanekaragaman hayati dan satwa yang mengagumkan. Pada masa Hindia Belanda, kawasan hutan ini ditetapkan sebagai cagar alam (1920) lalu suaka margasatwa (1936). Statusnya kemudian meningkat jadi taman nasional (1992) dan juga ditetapkan sebagai kawasan lindung nasional (2008).

Advertising
Advertising

Baca juga: Tarian yang Mempesona

Bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, keberadaan TNAP seluas sekitar 43.420 hektar adalah sebuah berkah. Pesona alamnya dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Salah satunya dengan menggelar sejumlah event yang memadukan olahraga dan wisata (sport tourism).

Akhir November 2019, misalnya, digelar Alas Purwo Geopark Green Run yang diikuti sekitar 500 pelari dari dalam maupun luar negeri. Para peserta melewati lebatnya pepohonan mahoni lalu menyusuri pinggiran Pantai Trianggulasi yang berpasir putih.

“Jadi kini akses ke hutan-hutan sudah beres, termasuk jalanan di Alas Purwo. Sekarang sudah mulus. Setelah kemarin sukses dengan Ijen Green Run, ada ide menggelar jungle run,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Ijen Green Run, yang digelar sejak 2016, memanjakan para pelari dengan kesegaran dan keindahan alam kaki Gunung Ijen.

Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Dok. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi).

Hutan Tua

Alas Purwo adalah hutan tua, bahkan dianggap yang tertua, di Pulau Jawa. Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo punya arti “hutan pertama” atau “hutan permulaan”. Maka, ia dikaitkan dengan mitos awal mula penciptaan Pulau Jawa.

Sejumlah penelitian arkeologi memang terus dilakukan. Beberapa penelitian menemukan banyak goa yang mirip dengan goa hunian manusia prasejarah di wilayah karst lainnya. Karst adalah bagian yang mendominasi Alas Purwo. Menurut Obyek dan daya Tarik Wisata Taman Nasional Alas Purwo, hutan lindung ini memiliki sekira 40 goa alami. Beberapa di antaranya menjadi tempat laku spiritual atau semedi seperti Goa Istana, Goa Mayangkoro, Goa Padepokan, Goa Mangleng, dan Goa Kucur.

Masyarakat sekitar percaya bahwa Alas Purwo merupakan tempat pemberhentian terakhir rakyat Kerajaan Majapahit yang menghindar dari serbuan Mataram. Mereka juga yakin hutan ini masih menyembunyikan Keris Sumelang Gandring, salah satu pusaka Majapahit .

Baca juga: Sajian dari Beragam Pasar Kuliner

Di tengah Alas Purwo  juga terdapat Situs Kawitan yang merupakan situs peninggalan Majapahit. Situs Kawitan, dalam bahasa Jawa juga berarti permulaan atau nenek moyang, ditemukan secara tidak sengaja oleh penduduk sekitar pada 1960-an. Karena diyakini sebagai tempat suci, di dekat situ didirikan Pura Giri Selaka. Sampai saat ini banyak umat Hindu mendatangi Pura untuk upacara keagamaan Pagerwesi yang diadakan setiap 210 hari sekali.

Kesan mistis dan sakral itu, alih-alih dihilangkan, malah dipakai Pemkab Banyuwangi untuk mempromosikan Alas Purwo sebagai destinasi wisata. “Semakin tersembunyi semakin dicari, semakin mistis semakin diminati. Itulah Alas Purwo,” ujar Anas kepada kumparan.com. Hal itu pula yang memunculkan gagasan dari benak Anas untuk menggelar Festival Kejawen dalam waktu dekat.

Tapi sebenarnya, jauh dari kesan mistis, Alas Purwo terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Karena lokasinya berbatasan dengan Samudera Hindia, TNAP diberkahi deretan pantai eksotis seperti Pantai Parang Ireng, Pantai Ngagelan, Pantai Pancur, hingga Pantai Plengkung. Anda bisa bermain di tepi pantai, melihat konservasi penyu, atau berselancar di atas ombak setinggi enam meter.

Jika tertarik dengan konservasi satwa liar, datanglah ke Sadengan, sebuah padang rumput atau savana yang luas. Awalnya tempat pengamatan banteng, Sadengan kini difungsikan sebagai “Wildlife Research Station”. Di sana Anda bisa mengamati burung merak, rusa, dan banteng Jawa.

Baca juga: Selera Naga Sejuta Rasa

Ada juga pemandangan hamparan mangrove di sepanjang Sungai Segara Anakan di kawasan Bedul. Bangunan Sanggrahan yang megah dengan motif rumah Osing, suku asli Banyuwangi. Masih banyak lagi.

Bukan hanya rekreasi dan pariwisata, Alas Purwo cocok untuk tujuan penelitian hingga ilmu pengetahuan. Ia menjadi rumah bagi ratusan jenis flora dan fauna. Hewan yang ikonik adalah banteng Jawa, lutung budeng, dan penyu. Sementara tumbuhan khas dan endemik adalah bambu manggong (Gigantochloa manggong) dan sawo kecik (Manilkara kauki). Pohon sawo kecil Alas Purwo pernah diminta khusus oleh Siti Hartienah Soeharto atau Ibu Tien untuk diukir fragmen Rama Tambak dari kisah Ramayana. Kini, batang sawo kecik berukir itu bisa disaksikan di Museum Purna Bhakti Pertiwi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

Dengan semua itu, tak heran jika TNAP –bersama Gunung Ijen di Banyuwangi– ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan, pada 2016. Selain itu, TNAP –selain Blue Fire di Gunung Ijen dan Pulau Merah d Banyuwangi– ditetapkan sebagai situs Taman Bumi atau Geological Park (Geopark) Nasional 2018.

Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Dok. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi).

Konsep Sport Tourism

Dengan segala pesonanya, Alas Purwo kini menjadi salah satu destinasi favorit di Banyuwangi. Kunjungan wisatawan tercatat terus meningkat.

Keberhasilan itu tak lepas dari upaya Pemkab Banyuwangi untuk memoles Alas Purwo. Pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana untuk mendukung pengelolaan kawasan digiatkan. Dari kantor balai hingga akses jalan di dalam kawasan. Jalan rusak berganti mulus. Bangunan tua nan usang berganti modern dan kokoh. Pasokan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga sudah masuk.

Tak bisa diabaikan inovasi dari Pemkab Banyuwangi dengan menggelar sejumlah event sport tourism. Misalnya balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) dengan titik start di Alas Purwo hingga melewati rute mendaki ke Gunung Ijen. TdBI digelar sejak 2012 dan jadi kejuaraan balap sepeda resmi Federasi Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International).

Baca juga: Perlawanan Jagapati sebagai Hari Jadi Banyuwangi

Setiap tahun event yang diadakan di Alas Purwo, terutama sport tourism, makin bertambah. Pada 2019, selain Alas Purwo Geopark Green Run, Banyuwangi mengadakan ajang kompetisi bersepeda sekaligus berlari dengan nama Banyuwangi Savana Duathlon. Lalu, pada Banyuwangi Festival 2020, meluncurkan Alas Purwo Food Festival (Juni) serta World Surf League (WSL) Championship Tour  (Juni) di Pantai Plengkung (G-Land) dan Banyuwangi International Geopark Walk (November).

Yang membanggakan tentu saja terpilihnya Banyuwangi sebagai salah satu tuan rumah WSL Championship Tour. Ini adalah liga selancar paling bergengsi di dunia. Biasanya digelar April-Desember setiap tahunnya di berbagai pantai di dunia. Tahun ini terpilih Australia, Amerika Serikat, Brazil, Hawaii, Tahiti, Afrika Selatan, Portugal, hingga Prancis.

”Banyak daerah di belahan dunia lain yang sangat berminat menjadi tuan rumah. Kami bersyukur, justru Banyuwangi dipilih WSL,” kata Bupati Anas.

Terpilihnya Banyuwangi tak lepas dari perhatian pemerintah daerahnya dalam mengembangkan sport tourism. Selain itu, G-Land punya ombak bagus dan berada di kawasan TNAP yang elok.

Nah, kurang apa lagi. Setelah badai Covid-19 atau Corona berlalu, Alas Purwo bisa jadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Yuk, siapkan dari sekarang.

TAG

banyuwangi wisata

ARTIKEL TERKAIT

Kebiasaan Tidur Siang di Masa Lalu Panduan Kebiasaan Mandi untuk Wisatawan Asing Jaminan Keselamatan Rakyat saat Melakukan Perjalanan Kecak dari Sakral Jadi Profan Merekam Dua Sisi Pematangsiantar Hanandjoeddin dan Sejuta Pesona Pariwisata Belitung Awal Mula Pelesiran Lebaran ke Kebun Binatang Tari Kecak Mencoba Terus Menari Kala Pandemi Cerita di Balik Pembangunan TMII Wisata Sumatra Era Kolonial