Masuk Daftar
My Getplus

Saat Pengusaha-Pejuang Apes

Tugas yang diemban pengusaha-pejuang Hasjim Ning di Perang Kemerdekaan membuatnya ketiban sial.

Oleh: M.F. Mukthi | 23 Sep 2019
Hasjim Ning dan istri bersama Bung Hatta dan Ibu Rahmi Hatta (Foto: repro buku "Pasang-Surut Pengusaha Pejuang")

SAAT menjadi liaison officer di Kemerterian Kemakmuran, Hasjim Ning, keponakan Bung Hatta yang jadi konglomerat nasional, menyaksikan bagaimana Menteri Kemakmuran Adenan Kapau Gani marah kepada NICA di suatu hari pada 1947. Kemarahan Gani, yang dikenal sebagai “Raja Penyelundup”, disebabkan oleh kesewenang-wenangan tentara Belanda menggeledah kapal milik Indonesia di tengah laut pada 1947. Padahal, kapal itu mengangkut beras bantuan pemerintah Indonesia untuk pemerintah India.

Kemarahan Gani juga disebabkan ketidakpedulian para serdadu Belanda terhadap penjelasan dan protes berkali-kali kapten kapal. Gani yang tak menolerir pelanggaran itu pun langsung melayangkan protes mengingat itu bukan pertama kalinya serdadu Belanda melanggar kapal Indonesia.

Lantaran sikap Belanda tetap seperti sebelumnya, Gani tak lagi bisa memendam amarahnya ketika tak lama kemudian serdadu Belanda menyeret paksa kapal milik AS Isbrandsen Lijn ke Tanjung Priok untuk menyita muatannya. Gani melayangkan protes keras. Muatan dalam kapal itu dikatakannya milik sah pemerintah Indonesia.

Advertising
Advertising

Pemerintah Belanda menampik protes Gani. Menurut mereka, muatan dalam kapal merupakan hasil perkebunan milik Belanda yang ada di berbagai tempat di Jawa Barat.

Baca juga: Penyelundup Kaum Paderi

Sontak, sikap Belanda membuat Gani mencari cara lain untuk menghadapinya. Dia lalu memanggil Hasjim. “Bung, bakar gudang tempat menyimpan barang-barang kita itu,” kata Gani kepada Hasjim yang dituliskan Hasjim dalam otobiografinya, Pasang-Surut Pengusaha Pejuang.

Hasjim langsung bergerak melaksanakan perintah itu. Setelah hampir sebulan memantau situasi lapangan, Hasjim memutuskan menggunakan para serdadu yang sekaligus bandit untuk dijadikan eksekutor. “Mereka suka foya-foya dan mabuk-mabukan. KL dan KNIL yang demikian cukup banyak ditemui di Jakarta. Tapi yang mau mengerjakan pembakaran itu mestilah mereka yang pernah ‘menikmati’ uangku,” kata Hasjim.

Baca juga: Hatta Bikin Pengusaha Hasjim Ning Pening

Pada tanggal tua, saat kantong para serdadu Belanda telah menipis, Hasjim pun menemui dua serdadu Belanda yang dikenalnya. Di sebuah bar di Kramat, Hasjim “mencekoki” keduanya hingga mabuk. Sambil meninggalkan uang f100 untuk bayar minuman, Hasjim lalu berdiri untuk pamit karena banyak pekerjaan. Karuan tindakan Hasjim mengagetkan dua serdadu Belanda tadi.

Seolah tak membutuhkan, sambil ngeloyor Hasjim berkata pada serdadu-serdadu tadi. “Kalau kau mau uang lebih banyak, aku punya pekerjaan buatmu.” Tawaran itu pun disambut nafsu oleh dua serdadu mabuk tadi. Setelah diberitahu pekerjaan itu berupa membakar gudang di Tanjung Priok, dua serdadu tadi saling berpandangan dan akhirnya menyanggupi.

“Kau akan bayar berapa?” kata salah seorang serdadu.

“Berapa kau mau?” Hasjim balik bertanya.

“Lima ribu.”

“Okey. Setelah kau lakukan, aku bayar. Kalian tahu di mana aku tinggal.”

Lima hari kemudian, pembakaran sebuah gudang di Tanjung Priok menjadi pemberitaan berbagai media massa. Hasjim membacanya. Dia lingkari berita itu dengan pena merahnya. Lalu, dia tunjukkan kepada Menteri AK Gani. Sang menteri girang bukan kepalang.

“Anak-anak mana yang melakukannya?” kata Gani.

“KNIL. Bayarannya lima ribu gulden,” jawab Hasjim.

“Gila kau. Siapa yang beri izin kau bayar sebanyak itu?”

“Bung, gudang itu sudah mereka bakar. Nanti mereka akan datang minta uangnya. Aku harus bilang apa?”

“Sungguh gila jij, Hasjim. Jij tidak bilang padaku lebih dahulu. Sekarang aku tidak punya uang.”

Alhasil, Hasjim pun terpaksa mengeluarkan tabungannya untuk mengupah dua serdadu tadi.

TAG

hasjim ning penyelundupan perang-kemerdekaan

ARTIKEL TERKAIT

Jenderal dari Keraton Bea Cukai Loloskan Mobil Selundupan Robby Tjahjadi Duet Pengusaha Indonesia Selundupkan Senjata Panggabean Dua Kali Kerampokan Saat Perang Kemerdekaan Perang Salib Zaman Revolusi Diplomat Kesasar Kisah Pemenggal Prajurit Gurkha Akibat Surplus Jenderal Perkawinan Perjuangan Di Bawah Simbol Banteng