Masuk Daftar
My Getplus

Polisi Paling Korup di Hong Kong

Sebelum punya komisi antikorupsi, Hong Kong punya banyak polisi korup. Kisah polisi paling korup difilmkan.

Oleh: Petrik Matanasi | 19 Jul 2022
Andy Lau berperan dalam film Lee Rock (1991). Karakter Sersan Polisi Lee Rock terinspirasi sosok Lui Mo Lok alias Lui Lok. (mubi.com).

Berulang kali aktor Andy Lau memerankan polisi kalem yang korup dalam beberapa film Hong Kong. Dia memerankan Lau Kim Ming dalam Infernal Affairs I (2002) dan Infernal Affairs II (2003).

Begitu pula dalam Chasing The Dragon (2017), yang juga dibintangi Donnie Yen, Andy Lau berperan sebagai polisi kalem yang korup bernama Lee Rock. Sebelumnya, pada 1991 dia telah memerankan Sersan Polisi Lee Rock dalam trilogi Lee Rock I, II, dan III.

Dalam film itu diceritakan, awalnya Lee Rock adalah polisi muda yang polos dan jujur, tapi miskin. Setelah berpisah dengan pacarnya, dia lalu menjadi polisi korup yang kaya raya dan berpengaruh, meski pangkatnya hanya sersan kepala.

Advertising
Advertising

Baca juga: Ekstradisi dari Hong Kong?

Karakter Lee Rock berdasarkan sosok nyata dalam sejarah kepolisian Hong Kong. Lee Rock terinspirasi sosok Lui Mo Lok alias Lui Lok (1920–2010). Seperti dalam trilogi Lee Rock, Lui Lok di dunia nyata juga seorang sersan polisi korup.

Menurut Danny Mok dalam South China Morning Post, 21 Mei 2010, Lui Lok adalah salah satu petugas polisi paling korup dalam sejarah Hong Kong. Dia dikenal dengan julukan The HK$500 Million Sergeant (Sersan 500 Juta Dolar Hong Kong) karena jumlah kekayaan fantastis yang dikumpulkannya selama menjadi polisi.

Baca juga: Tan Malaka di Hong Kong

Lui Lok bukan satu-satunya sersan polisi korup yang tajir. Dia bersama Hon Sum, Nan Kong, dan Ngan Hung dikenal sebagai Four Great Sergeants (Empat Sersan Besar). Para sersan polisi itu tajir karena uang suap dalam bentuk tunai yang mereka bagi dengan rapi.

Danny Mok menyebut Lui Lok membeli beberapa properti senilai lebih dari HK$3 juta antara tahun 1959 dan 1968 dengan uang tunai. Pada tahun-tahun itu, angka HK$3 juta bukan jumlah yang kecil. Sebuah gudang di Jalan Shau Kei Wan, yang kini nilainya mencapai HK$100 juta, juga milik Lui Lok.

Lui Mo Lok alias Lui Lok (1920–2010), polisi paling korup dalam sejarah kepolisian Hong Kong. (Wikimedia Commons).

Lui Lok berasal dari Tiongkok daratan. Danny Mok menyebut Lui Lok lahir pada 1920 dan dibesarkan di Cheung Chau. Sementara sumber lain menyebut dia lahir pada 16 Mei 1920 di Haifung, Guangdong. Sebelum menjadi polisi, dia sempat menjadi tukang sepatu dan tukang pos. Dia berada di Hong Kong ketika pecah Perang Dunia II.

Berkas Pengadilan Tinggi Hong Kong nomor 25 tahun 1978 menyebut Lui Lok bergabung dengan Royal Hong Kong Police Force sejak 9 Desember 1940. Pada masa pendudukan Jepang, dia tidak bertugas dan kembali ke kampung halamannya di Haifung. Setelah Jepang kalah, dia bertugas kembali dalam kepolisian Hong Kong.

Baca juga: Skandal Polisi Curup

“Dia mendapatkan pangkatnya melalui kerja keras,” tulis Kam C. Wong dalam Policing in Hong Kong: History and Reform. Setelah tahun 1950, Lui Lok berhasil menjadi kopral dan pada 1958 dia menjadi sersan detektif. Selama di kepolisian Hong Kong, dia pernah bertugas dalam Criminal Investigation Department (CID), semacam bagian reserse kriminal.

Pada 1962, Lui Lok menerima bintang jasa Colonial Police Medal dari Kerajaan Inggris. Dia pernah ditempatkan di CID Pulau Hong Kong pada 1962 dan CID Kowloon pada 1967. Di masa menjadi sersan itulah dia mulai kaya. Sebelum pensiun dia sudah berpangkat sersan kepala polisi.

“Di satu sisi dia berdedikasi dalam melawan kejahatan. Di sisi lain, dia tidak jauh beda dari masyarakat hitam,” tulis Kam C. Wong. Lui Lok memakai wewenangnya untuk mengumpulkan uang di wilayah tugasnya. Dia memelihara hubungan dengan atasan dan bawahan. Dia punya banyak relasi untuk bertahan hidup dan memastikan relasinya hidup nyaman.

Baca juga: Antropolog Swiss dan Polisi RI Cincai

Lui Lok pensiun dini dari kepolisian Hong Kong pada 1968 di usia 48 tahun. Pada saat itu dia sudah kaya raya. Setelah komisi antikorupsi Hong Kong, Independent Commission Against Corruption (ICAC) didirikan pada 1974 dan mulai bekerja, Lui Lok pindah ke Kanada. Banyak polisi korup digulung. Tak hanya polisi korup keturunan Tionghoa, polisi korup kulit putih dari Inggris juga dibongkar.

Tentu saja Lui Lok jadi target utama ICAC. Hartanya yang berada di Hong Kong dibekukan. Ketika merasa terancam di Kanada, dia pernah berada di Taiwan. Namun, kemudian di berada di Kanada lagi. Dia tutup usia pada 13 Mei 2010 di usia 90 tahun.

TAG

polisi korupsi hong kong film

ARTIKEL TERKAIT

Dari Lapangan Berujung Penembakan Anak Tiran Masuk Istana Raden Saleh Melawan dengan Lukisan Adieu, Jean-Luc Godard! Polwan bukan Sekadar Riasan Kapolri Mengundurkan Diri Korupsi di Perguruan Tinggi Jenderal Polisi Divonis Mati Mengadili Jenderal Polisi Eddy Gombloh Kawan Tentara