Pilih Bahasa: Indonesia

Perintah Pertama Sukarno

Setelah ditetapkan sebagai presiden, Sukarno mengeluarkan perintah pertamanya: pesan sate.
Tukang sate.
Foto
Historia
pengunjung
4.7k

Tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) secara aklamasi mengangkat Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia yang perdana. Namun, alih-alih mengeluarkan perintah penting seperti pembentukan kabinet atau seruan mobilisasi untuk perang, justru perintah pertama Presiden Sukarno adalah sesuatu yang di luar masalah-masalah politik.

Ceritanya, usai menjalani pengangkatan tersebut, Si Bung pulang dengan berjalan kaki. Di tengah jalan menuju rumah, dia berpapasan dengan seorang tukang sate. Tiba-tiba, dia merasa perutnya keroncongan. Tanpa banyak berpikir dia lantas menghentikan tukang sate yang bertelanjang dada dan nyeker atau tidak memakai alas kaki itu.

“Sate ayam lima puluh tusuk!” serunya.

Begitu sate yang dibakar sudah matang, Sukarno dengan lahap menikmatinya sambil jongkok di dekat selokan yang kotor. Dan itulah, perintah pertama pada rakyatnya sekaligus pesta pertama atas pengangkatannya sebagai pemimpin dari 70 juta jiwa lebih rakyat dari negara besar yang baru berusia satu hari.

 
Terpopuler di Historia 
Komentar anda
Majalah
Laporan Khusus
Majalah Historia Cetak
berikutnya
 
Nomor 36 Tahun III
Masa Lalu Partai NU
Salah satu organisasi muslim terbesar di negeri ini yang menjadi rebutan untuk mendulang suara pemilih muslim adalah Nahdlatul Ulama (NU)...
 
Tukang sate.
Foto
Tukang sate.
Foto